50 Persen Loyalis Honda Beli Mobil Online

Loyalis Honda beli mobil online meski belum pernah melihat langsung maupun test drive kendaraan sekalipun

50 Persen Loyalis Honda Beli Mobil Online

TRENOTO – Honda Prospect Motor (HPM) mengaku bahwa penjualan kendaraan secara online sudah semakin marak, khususnya untuk para loyalis. Tidak sedikit dari pelanggan yang melakukan pembelian hanya berdasarkan iklan di website.

Hal ini diungkapkan oleh Julian Karfili, Public Relation & Digital Manager HPM siang hari tadi. Menurutnya, lebih dari 50 persen dari loyalis Honda membeli mobil tanpa perlu mencoba dan melihat secara offline.

“Pembelian secara online sekarang mulai banyak, bahkan untuk loyalis bisa di atas 50 persen. Mereka yang sudah merasakan produk Honda biasanya hanya menghubungi diler, isi form di website, lakukan transaksi dan sebagainya kemudian mobil dikirim,” tegasnya.

Photo : Paultan

Hal ini jauh berbeda dengan pelanggan first buyer yang masih lebih banyak melakukan pembelian secara offline. Bahkan mereka masih melakukan test drive kendaraan sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.

“Bila baru pertama kali membeli mobil Honda, biasanya akan memilih untuk test drive terlebih dahulu. Mereka akan mencari informasi secara online, kemudian ke diler dan melakukan transaksi di sana,” tegasnya.

Selain untuk first buyer, kebiasaan ini juga masih berlaku bila Honda meluncurkan produk yang sama sekali baru. Untuk itulah mereka masih menyediakan produk test drive di diler-diler resminya.

Dukung Penjualan Online

Photo : Honda Indonesia

Tingginya penjualan mobil secara online pun membuat Honda berinisiatif untuk semakin gencar melakukan promosi digital. Salah satunya adalah dengan ambil bagian dalam ajang Metanesia, sebuah pameran yang digelar oleh PT Telkom Indonesia beberapa waktu lalu.

Ketika itu Honda menjadi satu-satunya brand otomotif roda empat yang menampilkan showroom virtual. Pengunjung pun dapat melihat berbagai produk secara 360 derajat, baik eksterior, interiornya, mesin maupun berbagai fitur unggulan.

Pengunjung juga dapat merasakan Virtual Reality Driving untuk Honda BR-V. Aktivitas test drive virtual dirancang guna menunjukkan mobil berjalan layaknya sebuah game sehingga pelanggan memiliki gambaran perfoma.

Menariknya lagi, bagi pengunjung dapat berinteraksi dengan Customer Service atau Virtual Sales Assistant. Transaksi juga bisa dilakukan sehingga memudahkan pelanggan.

“Perubahan perilaku konsumen saat ini menjadikan platform digital sebagai salah satu medium yang semakin banyak digunakan konsumen untuk mencari informasi hingga melakukan transaksi, termasuk untuk konsumen otomotif,” pungkas Yulian.


Terkini

motor
Isu Suzuki Satria Baru Mau Meluncur di Indonesia, Ini Faktanya

Isu Suzuki Satria Baru Mau Meluncur di Indonesia, Ini Faktanya

SIS masih membuka kemungkinan Suzuki Satria terbaru bakal diluncurkan untuk para konsumen di Indonesia

otosport
Motornya Berasap di MotoGP Jepang 2025, Ini Penjelasan Bagnaia

Motornya Berasap di MotoGP Jepang 2025, Ini Penjelasan Bagnaia

Francesco Bagnaia buka suara soal asap tebal yang muncul dari motornya jelang akhir balapan di Jepang

mobil
Dealer Honda Cimahi

Pelanggan Makin Kritis, Honda Cimahi Fokus ke Layanan Purna Jual

Honda Cimahi mengaku pelanggan mobil kini makin kritis sehingga pelayanan purna jual terus ditingkatkan

news
Begini Cara Cairan AdBlue Bantu Kurangi Emisi Kendaraan Diesel

Begini Cara Cairan AdBlue Bantu Kurangi Emisi Kendaraan Diesel

Cairan dengan larutan urea bernama AdBlue merupakan salah satu inovasi buat kurangi emisi kendaraan diesel

otosport
Fermin Aldeguer Ogah Serahkan Nomor 54 ke Toprak Razgatlioglu

Fermin Aldeguer Ogah Serahkan Nomor 54 ke Toprak Razgatlioglu

Bagi Fermin Aldeguer nomor 54 terasa sangat spesial, sehingga Toprak Razgatlioglu harus mencari yang lain

news
Pengendara Nmax Minta Maaf Usai Adang Bus di Tikungan Ciwidey

Pengendara Yamaha Nmax Arogan Minta Maaf, Berdalih Urai Macet

Pengendara Yamaha Nmax yang viral menyetop sebuah bus di tikungan Ciwidey, Bandung merupakan anggota BMC

mobil
Mobil Listrik Jetour X20e Terdaftar, NJKB Mulai Rp 165 Juta

Mobil Listrik Jetour X20e Terdaftar, NJKB Mulai Rp 165 Juta

Jetour X20e bakal meluncur dalam waktu dekat dan digadang jadi rival baru Wuling Air ev, segini NJKB-nya

news
Indonesia Jadi Pasar Incaran Utama Pabrik Mobil Listrik Cina

Indonesia Jadi Pasar Incaran Utama Pabrik Mobil Listrik Cina

Tingginya sumber daya dan jumlah penduduk jadi daya tarik bagi pabrikan mobil listrik Cina untuk berinvestasi