Pelanggan Makin Kritis, Honda Cimahi Fokus ke Layanan Purna Jual
02 Oktober 2025, 18:00 WIB
Loyalis Honda beli mobil online meski belum pernah melihat langsung maupun test drive kendaraan sekalipun
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Honda Prospect Motor (HPM) mengaku bahwa penjualan kendaraan secara online sudah semakin marak, khususnya untuk para loyalis. Tidak sedikit dari pelanggan yang melakukan pembelian hanya berdasarkan iklan di website.
Hal ini diungkapkan oleh Julian Karfili, Public Relation & Digital Manager HPM siang hari tadi. Menurutnya, lebih dari 50 persen dari loyalis Honda membeli mobil tanpa perlu mencoba dan melihat secara offline.
“Pembelian secara online sekarang mulai banyak, bahkan untuk loyalis bisa di atas 50 persen. Mereka yang sudah merasakan produk Honda biasanya hanya menghubungi diler, isi form di website, lakukan transaksi dan sebagainya kemudian mobil dikirim,” tegasnya.
Hal ini jauh berbeda dengan pelanggan first buyer yang masih lebih banyak melakukan pembelian secara offline. Bahkan mereka masih melakukan test drive kendaraan sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.
“Bila baru pertama kali membeli mobil Honda, biasanya akan memilih untuk test drive terlebih dahulu. Mereka akan mencari informasi secara online, kemudian ke diler dan melakukan transaksi di sana,” tegasnya.
Selain untuk first buyer, kebiasaan ini juga masih berlaku bila Honda meluncurkan produk yang sama sekali baru. Untuk itulah mereka masih menyediakan produk test drive di diler-diler resminya.
Tingginya penjualan mobil secara online pun membuat Honda berinisiatif untuk semakin gencar melakukan promosi digital. Salah satunya adalah dengan ambil bagian dalam ajang Metanesia, sebuah pameran yang digelar oleh PT Telkom Indonesia beberapa waktu lalu.
Ketika itu Honda menjadi satu-satunya brand otomotif roda empat yang menampilkan showroom virtual. Pengunjung pun dapat melihat berbagai produk secara 360 derajat, baik eksterior, interiornya, mesin maupun berbagai fitur unggulan.
Pengunjung juga dapat merasakan Virtual Reality Driving untuk Honda BR-V. Aktivitas test drive virtual dirancang guna menunjukkan mobil berjalan layaknya sebuah game sehingga pelanggan memiliki gambaran perfoma.
Menariknya lagi, bagi pengunjung dapat berinteraksi dengan Customer Service atau Virtual Sales Assistant. Transaksi juga bisa dilakukan sehingga memudahkan pelanggan.
“Perubahan perilaku konsumen saat ini menjadikan platform digital sebagai salah satu medium yang semakin banyak digunakan konsumen untuk mencari informasi hingga melakukan transaksi, termasuk untuk konsumen otomotif,” pungkas Yulian.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
02 Oktober 2025, 18:00 WIB
02 Oktober 2025, 08:00 WIB
01 Oktober 2025, 11:00 WIB
30 September 2025, 13:00 WIB
28 September 2025, 11:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 20:02 WIB
SIS masih membuka kemungkinan Suzuki Satria terbaru bakal diluncurkan untuk para konsumen di Indonesia
02 Oktober 2025, 19:00 WIB
Francesco Bagnaia buka suara soal asap tebal yang muncul dari motornya jelang akhir balapan di Jepang
02 Oktober 2025, 18:00 WIB
Honda Cimahi mengaku pelanggan mobil kini makin kritis sehingga pelayanan purna jual terus ditingkatkan
02 Oktober 2025, 17:00 WIB
Cairan dengan larutan urea bernama AdBlue merupakan salah satu inovasi buat kurangi emisi kendaraan diesel
02 Oktober 2025, 16:00 WIB
Bagi Fermin Aldeguer nomor 54 terasa sangat spesial, sehingga Toprak Razgatlioglu harus mencari yang lain
02 Oktober 2025, 15:00 WIB
Pengendara Yamaha Nmax yang viral menyetop sebuah bus di tikungan Ciwidey, Bandung merupakan anggota BMC
02 Oktober 2025, 14:00 WIB
Jetour X20e bakal meluncur dalam waktu dekat dan digadang jadi rival baru Wuling Air ev, segini NJKB-nya
02 Oktober 2025, 13:30 WIB
Tingginya sumber daya dan jumlah penduduk jadi daya tarik bagi pabrikan mobil listrik Cina untuk berinvestasi