MGPA Incar Valentino Rossi Balapan di Sirkuit Mandalika

MGPA tengah menanti homologasi Grade 3 untuk Mandalika bisa menggelar ajang balapan yang dihuni Valentino Rossi

MGPA Incar Valentino Rossi Balapan di Sirkuit Mandalika

KatadataOTO – MGPA (Mandalika Grand Prix Association) tengah mengupayakan untuk mendapatkan homologasi FIA (Federasi Otomotif Internasional). Adapun upaya mereka terkait standar sirkuit untuk menggelar ajang balap mobil dunia.

Selama ini lintasan balap yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), baru memiliki izin menjadi tuan rumah ajang adu kebut sepeda motor. Sirkuit Mandalika sudah pernah menyuguhkan kompetisi seperti WSBK dan MotoGP.

Namun untuk mengadakan lomba kendaraan roda empat internasional masih belum. Dibutuhkan lintasan dengan Grade 3 untuk bisa mengadakan kompetisi kelas dunia.

“Secara prinsip kami sudah mendapat ceklis dari FIA untuk Grade 3. Sebagian besar sudah kita kerjakan dan tinggal menunggu kepastian mereka,” kata Priandhi Satria, Direktur Utama MGPA di Jakarta (20/05).

Rossi
Photo : @ValeYellow46

Target MGPA sendiri adalah memboyong ajang balap mobil sekaliber GT3. Sekadar informasi bahwa Valentino Rossi musim ini berlaga di kejuaraan Fanatec GT World Challenge.

Terbaru Rossi berhasil naik podium tertinggi pada seri Imola, Italia. Bersama rekan satu timnya yakni Maxime Martin, mereka memenangkan Sprint Cup Race menggunakan BMW.

“Kita mengincar GT3, Fanatec dan Super Series untuk 2025,” jelas Priandhi kemudian.

Harapannya legenda MotoGP ini masih bertarung di kompetisi Fanatec GT saat homologasi Mandalika selesai. Paling dekat masyarakat Tanah Air bisa berharap melihat Rossi di MotoGP Indonesia 2024.

Karena tim VR46 Racing mengusung sponsor utama asal dalam negeri yakni Pertamina Lubricants. Selain itu ia juga sempat mengatakan ingin mengunjungi sirkuit baru kebanggaan Indonesia.

Homologasi Sirkuit Mandalika

Dikatakan bahwa lebar sirkuit Mandalika jelang tikungan pertama memberikan keuntungan lebih. Setidaknya untuk ajang balap mobil sehingga bisa mengambil keuntungan.

MotoGP Mandalika 2023
Photo : TrenOto

Untuk menyiasati hal tersebut FIA memberikan catatan agar diperbaiki. MGPA sendiri mengaku telah menawarkan solusi atas permasalahan di atas.

“Apakah kita harus pakai Sausage Kerbs, Speed Bump atau boleh menggunakan Electronic Sensor di sisi lintasan yang sangat lebar,” ungkap Priandhi kepada KatadataOTO.

Solusi terakhir disebut di atas mengandalkan teknologi. Sehingga para pembalap yang mengambil keuntungan akan mendapat pengurangan poin.


Terkini

news
Mobil Hybrid Toyota

Tren Elektrifikasi Naik di 2024, Pembiayaan Mobil Hybrid Populer

Pada kuartal pertama 2024 ada kenaikan pembiayaan kendaraan elektrifikasi namun masih didominasi mobil hybrid

otopedia
Delium Velocita DTX

Ini Tantangan Dalam Mengembangkan Ban Mobil Listrik

Tantangan dalam mengembangkan ban mobil listrik cukup beragam dan menghambat para produsen untuk membuatnya

mobil
1.500 Mobil Listrik BYD Dikirim ke Konsumen 30 Juni 2024

1.500 Mobil Listrik BYD Dikirim ke Konsumen 30 Juni 2024

Eagle menyebut kalau mobil listrik BYD bakal diserahkan ke tangan konsumen di Indonesia pada 30 Juni 2024

otopedia
Delium Velocita DTX

Delium Velocita DTX Meluncur, Bisa Disiksa Secara Ekstrem

Delium Velocita DTX meluncur dengan beragam pengembangan sehingga bisa disiksa di kondisi ekstrem sekalipun

mobil
Wuling BinguoEV

Wuling BinguoEV Menjadi Andalan Keluarga Indonesia

Wuling BinguoEV menjadi kendaraan andalan keluarga Indonesia karena menawarkan sejumlah fitur terkini

motor
Yamaha Nmax Turbo

Yamaha Nmax Turbo Tanpa Keong, Simak Cara Kerjanya

Mengenal cara kerja Yamaha Nmax Turbo yang menggunakan sistem elektronik pada bagian transmisi CVT-nya

mobil
Mercedes-Benz all new EQE SUV

Mercedes-Benz Rakit Lokal Mobil Listrik Mulai 2027

Meski tidak mengincar subsidi pemerintah, komitmen Mercedes-Benz rakit lokal mobil listrik dilakukan di 2027

motor
YECVT Yamaha Nmax Turbo Fitur Lawas, Lebih Dulu Dipakai Suzuki

YECVT Yamaha Nmax Turbo Fitur Lawas, Lebih Dulu Dipakai Suzuki

Fitur YECVT Yamaha Nmax Turbo ternyata sudah lama dipakai, telah disematkan ke Suzuki Skywave 650 sejak 2002