Tips Terhindar dari Bahaya Benang Layangan Bagi Para Pemotor
14 Agustus 2025, 19:00 WIB
tips mengatasi mur dan baut yang macet karena karat dan cara pencegahannya
Oleh Denny Basudewa
TRENOTO – Mur dan baut roda mobil bisa macet sehingga susah ketika hendak dibuka karena tidak mendapat perhatian dari sang pemiliknya.
Mur dan baut roda merupakan bagian yang jarang tersentuh, terutama jika tidak mengalami insiden. Terlebih bagian ini bisa sangat kotor apalagi di musim penghujan dan membuat pemilik mobil enggan menyentuhnya.
Namun komponen ini bisa sangat menyusahkan apabila macet dan Anda harus membukanya ketika ban mobil kempis. Adapun pada umumnya jumlah baut pada roda mobil akan semakin banyak seiring besarnya dimensi, hal ini tentunya akan semakin menyulitkan.
Sementara mur dan baut bertugas menjaga roda berotasi secara normal. Dua komponen yang saling berkaitan tersebut juga menjaga agar roda tidak terlepas.
Selain tidak mendapat perawatan yang baik sejak awal pembelian, mur dan baut juga bisa ‘ngambek’ saat pemasangan tidak dilakukan dengan benar. Meskipun terlihat sepele, namun pemasangan juga perlu memiliki teknik khusus.
Pada masa pandemi seperti saat ini, merupakan waktu yang tepat untuk meluangkan waktu mengecek komponen tersebut di atas. Untuk yang terlanjur macet, juga terdapat cara membukanya secara benar.
Sebelum mempelajari cara membukanya, ada baiknya kita kenali dahulu penyebabnya. Hal ini guna membuat konsumen lebih waspada dan meminimalisir risiko.
Reaksi kimia pada logam akibat oksidasi (Redoks) akan menyebabkan korosi yang biasa disebut karat. Karat pada mur dan baut akan membuat keduanya sulit untuk dipisahkan.
Karat bisa terjadi jika pemilik mobil kerap melewatkan proses pembersihan, terutama setelah melewati genangan atau terkena air hujan. Mobil yang kerap parkir di kawasan pesisir juga rentan mengalami mur dan baut macet.
Seperti telah disinggung pada awal tulisan, pemasangan yang tidak benar bisa membuat kedua drat mengalami kerusakan. Pada akhirnya mur dan baut juga susah untuk dipisahkan.
Pada umumnya hal ini terjadi di bengkel pinggir jalan. Bisa juga kejadian ini dikarenakan pemasangan sendiri tanpa kunci torsi dan pengetahuan yang cukup.
Mur dan baut yang berukuran kecil sangat mungkin hilang atau paling sering tertukar saat berada di bengkel. Dengan menyematkan komponen yang berbeda ukuran juga bisa membuat keduanya macet dan susah dibuka dikemudian hari.
Kasus ini juga bisa terjadi karena Anda menggunakan baut langka untuk mobil lawas misalnya. Kasus pencurian mungkin terjadi dan dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
14 Agustus 2025, 19:00 WIB
26 Juni 2025, 11:00 WIB
23 Maret 2025, 14:00 WIB
05 Januari 2025, 09:00 WIB
03 Januari 2025, 15:00 WIB
Terkini
23 Agustus 2025, 11:00 WIB
Suzuki XL7 hybrid bekas lansiran 2024 kini semakin banyak pilihannya untuk bisa dibeli dengan harga kompetitif
23 Agustus 2025, 09:00 WIB
Mobil listrik berukuran kecil Changan Lumin EV sudah terdaftar di Indonesia, berikut bocoran spesifikasinya
23 Agustus 2025, 07:00 WIB
Kabar kedatangan Daihatsu Ayla Ev kembali mencuat saat ADM merayakan produksi mobil kesembilan juta unit
22 Agustus 2025, 22:20 WIB
Saat ini Daihatsu Rocky Hybrid masih dipasarkan dengan status CBU Jepang untuk para konsumen di Indonesia
22 Agustus 2025, 19:30 WIB
Polytron Fox 200 resmi meluncur dengan beragam keunggulan untuk menjawab kebutuhan pengemudi perempuan
22 Agustus 2025, 18:00 WIB
Setelah menghadirkan produk unggulan di Indonesia, Daihatsu berhasil mencapai produksi sembilan juta unit
22 Agustus 2025, 17:43 WIB
BMW dikabarkan bakal menyuplai mesin untuk sejumlah lini mobil hybrid dan elektrifikasi Mercedes-Benz
22 Agustus 2025, 16:16 WIB
Jaecoo jadi satu-satunya manufaktur Cina yang meramaikan forum AIGIS 2025 besutan Kementerian Perindustrian