Sejarah Piaggio, Dari Produsen Pesawat Tempur Sampai Skutik

Sejarah Piaggio berawal dari produsen pesawat tempur yang digunakan selama Perang Dunia Kedua kemudian beralih produksi Skutik

Sejarah Piaggio, Dari Produsen Pesawat Tempur Sampai Skutik

TRENOTO –  Adalah Rinaldo Piaggio sang founder yang memulai bisnisnya dengan mendirikan perusahaan di Genoa, Italia pada 1884. Bisnis perusahaan sendiri memang sudah fokus pada urusan transportasi, mulai dari jadi pemasok furnitur kapal laut mewah hingga spesialis perbaikan gerbong kereta api. 

Sejarah Piaggio menjadi produsen pesawat baru dimulai 30 tahun kemudian saat pecah Perang Dunia I. Saat itu mereka mulai membuat pesawat amfibi pada 1915.

Sementara bisnis pesawat tempur baru dimulai pada 1921. Ketika itu Rinaldo mengakuisisi sebuah pabrik dengan fasilitas seadannya di Pontedera, Tuscany Italia yang dijadikan pusat produksi pesawat tempur. Di pabrik ini juga pastinya memproduksi semua kebutuhan sparepartnya. 

Photo : Piaggiogroup

Pada 1940, Italia yang bersekutu dengan Jerman ikut terlibat dalam Perang Dunia II. Dan tentu membutuhkan pesawat-pesawat tempur untuk membantu Nazi Jerman mengimbangi angkatan udara Inggris saat mencoba menginvasi beberapa wilayah Eropa.

Sejalan dengan ini, Piaggio P108 yang merupakan pesawat pembom mulai dikembangkan. Prototipe pertamanya mulai mengangkasa pada 1939 dan mulai dibuat sebanyak 37 unit yang kemudian terlibat operasi pada 1941. 

Piaggio P108 yang dibekali 4 mesin disebutkan memiliki spesifikasi cukup canggih saat itu. Bisa terbang dengan kecepatan 430 km/jam di ketinggian maksimal 8.500 meter serta memiliki daya jelajah hingga 3.520 km.

Pesawat pembom ini memiliki bodi yang terbuat dari besi. Dan mampu membawa bom seberat 3.5 ton dan dibekali 5 senapan 12.7 mm serta 4 senapan kaliber 7.7 mm. 


Terkini

mobil
Tantangan Elektrifikasi di 2025, Harga EV Masih Belum Terjangkau

Tantangan Elektrifikasi di 2025, Harga EV Masih Belum Terjangkau

Di samping pemerataan infrastruktur dan layanan purna jual, harga EV masih jadi tantangan elektrifikasi di RI

otosport
Jakpro Akan Negosiasi untuk Perpanjang Kontrak Jakarta E-Prix

Jakpro Akan Negosiasi untuk Perpanjang Kontrak Jakarta E-Prix

Jakpro akan melakukan negosiasi commitment fee untuk perpanjangan kontrak Jakarta E-Prix di tahun depan

otosport
Marc Marquez

Marc Marquez Tidak Tahu Penyebab Dirinya Jatuh di MotoGP Spanyol 2025

Marc Marquez mengaku tidak tahu penyebab dirinya jatuh di MotoGP Spanyol 2025 hingga membuatnya tercecer ke posisi 12

news
Ganjil genap Jakarta

Ganjil Genap Jakarta 28 April 2025, Ketat di Awal Pekan

Pembatasan ganjil genap Jakarta kembali diterapkan dengan pengawasan ketat kepolisian di beragam titik strategis

news
SIM keliling Jakarta

Cek Lokasi SIM Keliling Jakarta Awal Pekan Ini, Senin 28 April

Berikut KatadataOTO merangkum informasi lengkap terkait SIM keliling Jakarta di awal pekan, Senin 28 April

news
Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung Jelang Akhir April 2025

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung Jelang Akhir April 2025

Beberapa hari sebelum akhir April 2025, pihak kepolisian tetap menghadirkan SIM Keliling Bandung di dua tempat

otosport
Hasil MotoGP Spanyol 2025: Alex Marquez Raih Kemenangan Peradana

Hasil MotoGP Spanyol 2025: Alex Marquez Menang, Quartararo Podium

Alex Marquez berhasil jadi jawara di MotoGP Spanyol 2025 sekaligus merengkuh kemenangan perdana pada musim ini

mobil
Nissan Berjuang Bertahan di Pasar Otomotif

Nissan Masih Berjuang untuk Bertahan di Pasar Otomotif Global

Strategi elektrifikasi dinilai kurang tepat lalu gagal meger dengan Honda, Nissan berjuang di pasar otomotif