Target Realistis Penjualan Mobil 2025, Tak Akan Tembus 900 Ribu
14 November 2025, 10:00 WIB
Angka pengunjung pameran otomotif GIIAS 2024 naik, namun tak jadi jaminan dongkrak penjualan mobil domestik
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Pameran otomotif GIIAS 2024 digelar selama 11 hari pada 18-28 Juli. Informasi terakhir didapat jumlah pengunjung naik tipis dari capaian tahun lalu yakni 475.084 orang.
Selain kehadiran beragam mobil baru, pengunjung juga disuguhkan banyak kendaraan ramah lingkungan terbaru terkhusus dari merek asal Tiongkok.
Perhelatan itu diharapkan bisa bantu mendorong minat pembelian kendaraan yang dinilai lesu belakangan. Hanya saja hingga saat ini belum diketahui total transaksi terjadi di pameran.
Kenaikan jumlah pengunjung tidak kemudian jadi jaminan bahwa angka penjualan mobil domestik bisa terdongkrak naik. Karena masih ada sederet tantangan dan perubahan perlu dihadapi.
“Ada faktor dinamika baru terjadi seperti perubahan perilaku konsumen yang kini lebih kritis,” ucap Yannes Martinus Pasaribu, pakar otomotif sekaligus akademisi dari ITB (Institut Teknologi Bandung) kepada KatadataOTO, Sabtu (3/8).
Selain itu ia mengungkapkan berbagai kendala lain dihadapi industri otomotif seperti kondisi ekonomi tidak stabil. Hal tersebut dinilai menghempaskan daya beli Middle Income Class, segmen pembeli terbesar otomotif di Indonesia.
“Kenaikan USD (US Dollar), bunga BI (Bank Indonesia) dan pilihan pembiayaan yang kurang menarik berperan dalam hal ini,” ucap dia.
Untuk diketahui target penjualan mobil domestik tahun ini adalah 1,1 juta unit. Namun sepanjang semester I Gaikindo mencatat angka wholesales (pabrik ke diler) hanya 408.012 unit.
Capaian tersebut turun dari periode sama di 2023 yakni 506.427 unit. Sehingga ada wacana Gaikindo melakukan revisi target karena mempertimbangkan beragam faktor.
Bicara transaksi, Gaikindo juga membocorkan bahwa beberapa merek stagnan dan ada yang sedikit turun dari tahun lalu.
“Ada yang naik, tetapi pastinya bahwa untuk mobil-mobil pendatang baru cukup puas dengan penjualan mereka sampai sekarang karena baru pertama kali ikut,” ucap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo di ICE BSD, Tangerang Selatan beberapa waktu lalu.
Ia turut menegaskan bahwa merek-merek terlibat dalam GIIAS 2024 memberikan respon positif bahkan ketika waktu penyelenggaraan pameran dimajukan menjadi Juli 2024.
“Mereka bisa terima karena kita harus melihat, masyarakat sudah haus untuk ada pameran seperti ini. Bisa dilihat dari jumlah pengunjung lebih banyak,” tegas Nangoi.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
14 November 2025, 10:00 WIB
14 November 2025, 07:00 WIB
13 November 2025, 21:00 WIB
13 November 2025, 07:00 WIB
12 November 2025, 12:00 WIB
Terkini
16 November 2025, 13:00 WIB
Suzuki Ertiga bekas lansiran 2024 bisa jadi pilihan masyarakat buat berkendara saat libur Natal dan tahun baru
16 November 2025, 11:00 WIB
Puncak acara Honda Bikers Day 2025 memberikan pengalaman berbeda di Garut dengan puluhan ribu pemotor
16 November 2025, 09:00 WIB
Banyak kegiatan menarik disuguhkan buat para anggota komunitas selama Honda Culture Indonesia berlangsung
16 November 2025, 08:00 WIB
Honda ADV 160 membuktikan performanya dalam perjalanan melintasi pantai selatan Jawa Barat menuju HBD 2025
16 November 2025, 07:00 WIB
Pilihan Toyota Calya bekas lansiran 2024 makin menarik karena ada program TDP Rp 7 jutaan dan tenor panjang
15 November 2025, 21:43 WIB
Alex Marquez berhasil keluar sebagai pemenang pada sprint race MotoGP Valencia 2025 usai menudukkan Acosta
15 November 2025, 15:00 WIB
Koleksi kendaraan Omesh cukup menarik disimak karena mengingat motor miliknya sangat beragam dan unik
15 November 2025, 13:00 WIB
Penjualan Daihatsu alami kenaikan di Oktober 2025, Gran Max Pick Up jadi penyumbang utama sebanyak 4.436 unit