Penjualan Mobil Agustus 2024, BYD Tinggalkan Hyundai dan Wuling
13 September 2024, 11:00 WIB
Angka pengunjung pameran otomotif GIIAS 2024 naik, namun tak jadi jaminan dongkrak penjualan mobil domestik
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Pameran otomotif GIIAS 2024 digelar selama 11 hari pada 18-28 Juli. Informasi terakhir didapat jumlah pengunjung naik tipis dari capaian tahun lalu yakni 475.084 orang.
Selain kehadiran beragam mobil baru, pengunjung juga disuguhkan banyak kendaraan ramah lingkungan terbaru terkhusus dari merek asal Tiongkok.
Perhelatan itu diharapkan bisa bantu mendorong minat pembelian kendaraan yang dinilai lesu belakangan. Hanya saja hingga saat ini belum diketahui total transaksi terjadi di pameran.
Kenaikan jumlah pengunjung tidak kemudian jadi jaminan bahwa angka penjualan mobil domestik bisa terdongkrak naik. Karena masih ada sederet tantangan dan perubahan perlu dihadapi.
“Ada faktor dinamika baru terjadi seperti perubahan perilaku konsumen yang kini lebih kritis,” ucap Yannes Martinus Pasaribu, pakar otomotif sekaligus akademisi dari ITB (Institut Teknologi Bandung) kepada KatadataOTO, Sabtu (3/8).
Selain itu ia mengungkapkan berbagai kendala lain dihadapi industri otomotif seperti kondisi ekonomi tidak stabil. Hal tersebut dinilai menghempaskan daya beli Middle Income Class, segmen pembeli terbesar otomotif di Indonesia.
“Kenaikan USD (US Dollar), bunga BI (Bank Indonesia) dan pilihan pembiayaan yang kurang menarik berperan dalam hal ini,” ucap dia.
Untuk diketahui target penjualan mobil domestik tahun ini adalah 1,1 juta unit. Namun sepanjang semester I Gaikindo mencatat angka wholesales (pabrik ke diler) hanya 408.012 unit.
Capaian tersebut turun dari periode sama di 2023 yakni 506.427 unit. Sehingga ada wacana Gaikindo melakukan revisi target karena mempertimbangkan beragam faktor.
Bicara transaksi, Gaikindo juga membocorkan bahwa beberapa merek stagnan dan ada yang sedikit turun dari tahun lalu.
“Ada yang naik, tetapi pastinya bahwa untuk mobil-mobil pendatang baru cukup puas dengan penjualan mereka sampai sekarang karena baru pertama kali ikut,” ucap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo di ICE BSD, Tangerang Selatan beberapa waktu lalu.
Ia turut menegaskan bahwa merek-merek terlibat dalam GIIAS 2024 memberikan respon positif bahkan ketika waktu penyelenggaraan pameran dimajukan menjadi Juli 2024.
“Mereka bisa terima karena kita harus melihat, masyarakat sudah haus untuk ada pameran seperti ini. Bisa dilihat dari jumlah pengunjung lebih banyak,” tegas Nangoi.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
13 September 2024, 11:00 WIB
13 September 2024, 07:00 WIB
11 September 2024, 18:00 WIB
10 September 2024, 22:00 WIB
05 September 2024, 18:02 WIB
Terkini
14 September 2024, 13:05 WIB
Wuling Air ev bekas lansiran 2022 ditawarkan dengan beragam promo menarik termasuk TDP sebesar Rp 5 juta
14 September 2024, 11:00 WIB
Daihatsu Terios bekas lansiran 2017 kini dijual dengan harga kompetitif dan tersedia paket kredit Rp 3 jutaan
14 September 2024, 09:00 WIB
Goodyear Indonesia ungkapkan perbedaan ban mobil listrik dan konvensional, jangan sembarang mengganti
14 September 2024, 08:00 WIB
Jasa Marga telah menaikan tarif tol dalam kota, namun mereka belum menjelaskan kapan bakal mulai diterapkan
13 September 2024, 22:00 WIB
Neta X mulai diproduksi di Indonesia dan peluncran akan segera dilakukan untuk menjawab kebutuhan pelanggan
13 September 2024, 21:00 WIB
All New Mitsubishi Triton HDX 4x4 Double Cabin MT dicoba langsung di medan Offroad untuk dibuktikan ketangguhannya
13 September 2024, 20:00 WIB
Jelang akhir tahun Goodyear siapkan ban offroad baru, diklaim nyaman buat medan ekstrem dan penggunaan harian
13 September 2024, 19:00 WIB
Chery makin agresif garap pasar Indonesia jelang akhir tahun dengan bangun diler dan luncurkan produk baru