Polisi Ungkap Kronologi Seorang Anak Keluar dari Bus di Jalan Tol
01 Juli 2025, 23:35 WIB
Jalan tol di Indonesia memiliki sejarah panjang yang belum banyak diketahui orang khususnya pengguna jalan
Oleh Denny Basudewa
TRENOTO – Jalan tol secara harfiah bukan berarti jalan bebas hambatan. Tol sendiri sebenarnya memiliki singkatan dan terdapat sejarah di dalamnya.
Dilansir dari laman resmi Daihatsu, jalan tol merupakan singkatan dari Tax on Location. Oleh karena itu, setiap kendaraan yang melintas dipungut biaya yang berbeda-beda.
Jalan tol di Indonesia hanya diperuntukkan kendaraan roda empat atau lebih. Motor hingga kendaraan roda tiga tidak diperkenankan masuk jalan tol, kecuali dalam keadaan darurat dan seizin petugas misalnya banjir.
Indonesia memiliki jalan tol pertama yakni pada 1978 bernama Jagorawi yang merupakan singkatan dari Jakarta – Bogor – Ciawi. Pembuatan jalan tol pertama di Tanah Air ini merupakan hasil pinjaman luar negeri dan diserahkan pada PT Jasa Marga.
Jalan tol pertama di Indonesia ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 9 Maret 1978. Untuk membangun ruas jalan sepanjang 52 kilometer ini menghabiskan dana sebesar Rp16 miliar.
Pada saat diresmikan, pembangunan jalan tol Jagorawi baru mencakup rua Jakarta – Citeureup. Fasilitas ini dimanfaatkan oleh para pengendara mobil yang biasanya melalui jalur Cibinong atau Parung dari Bogor ke Jakarta atau sebaliknya.
Kala itu terdapat delapan pintu masuk yang bisa digunakan para pengguna jalan. Disebutkan bahwa jalan tol Jagorawi bisa menampung hingga 50 ribu kendaraan setiap harinya.
Jalan tol ini terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Bahkan jumlah lajurnya terus ditambah guna menyiasati kepadatan pada jam sibuk atau akhir pekan.
Sekarang jalan tol sudah menggunakan sistem otomatisasi untuk sistem pembayaran. Para penggunanya, wajib melakukan pembayaran dengan uang elektronik atau e-money.
Di Indonesia hingga akhir 2020 terdapat sekitar 1.550 kilometer jalan tol yang telah dioperasikan. Jal tol ini menghubungkan akses antar provinsi secara aktif.
Berikut ini jalan tol terpanjang di Indonesia seperti dilansir laman resmi Daihatsu Indonesia.
Jalan tol Terpeka menghubungkan ruas Terbangtinggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung. Ini merupakan lanjutan dari tol Bakauheni – Terbangtinggi Besar.
Untuk pembangunannya menghabiskan dana Rp21.95 triliun dan memakan waktu hingga 2 tahun. Wilayahnya terbagi atas Terbangtinggi Besar, Lampung Tengah, Kayu Agung dan Ogan Komering Ilir.
Ruas jalan tol Bakter (Bakauheni – Terbangtinggi Besar) juga merupakan salah satu yang terpanjang. Panjang jaraknya mencapai 140.9 kilometer dan pembangunannya menghabiskan dana Rp16.7 triliun.
Jalan tol Pekanbaru – Dumai dibangun sepanjang enam seksi dan mencapai 131 kilometer. Jalan tol ini memiliki 10 tempat peristirahatan dan pelayanan.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
01 Juli 2025, 23:35 WIB
28 Juni 2025, 09:00 WIB
04 Juni 2025, 21:06 WIB
02 Juni 2025, 23:00 WIB
07 April 2025, 13:00 WIB
Terkini
04 Juli 2025, 20:00 WIB
Banyaknya tantangan yang harus diatasi membuat uji coba Car Free Night pada Sabtu (05/07) resmi dibatalkan
04 Juli 2025, 19:00 WIB
Pihak Xpeng mengungkapkan alasan pihaknya bakal lebih dulu melakukan perakitan lokal X9 ketimbang G6
04 Juli 2025, 18:00 WIB
KatadataOTO merangkum enam kesalahan memilih tempat parkir yang dapat merugikan pengemudi saat bepergian
04 Juli 2025, 17:00 WIB
Desta kecelakaan saat memarkirkan Ducati DesertX yang digunakannya buat touring di kawasan Sembalun, NTB
04 Juli 2025, 16:30 WIB
Diler Xpeng di Puri, Jakarta Barat siapkan layanan 3S dan perbaikan bodi, ada unit test drive buat konsumen
04 Juli 2025, 16:03 WIB
Polres Bogor bakal menerapkan ganjil genap Puncak pada akhir pekan ini untuk melancarkan arus lalu lintas
04 Juli 2025, 13:28 WIB
Auksi melakukan pengembangan layanan dan lokasi lelang baru untuk menjawab kebutuhan para pelanggan setia
04 Juli 2025, 12:52 WIB
Xiaomi berminat mengekspor mobil listrik ke pasar global, tetapi masih ada satu penghambat yang dihadapi