Fungsi Lampu Hazard, Masih Banyak yang Salah Kaprah

Lampu hazard diciptakan untuk memberikan peringatan pada kendaraan lain di belakang, namun masih banyak pengendara yang salah

Fungsi Lampu Hazard, Masih Banyak yang Salah Kaprah

TRENOTO – Lampu hazard pada mobil merupakan salah satu fitur penting yang harus ada. Hal ini dikarenakan fungsinya adalah untuk keadaan darurat.

Namun belakangan fitur Hazard sudah disematkan pada sepeda motor modern. Namun banyak orang salah kaprah dalam penggunaannya.

Salah kaprah penggunaannya tidak hanya dilakukan pengguna motor, namun juga pengemudi mobil. Sayangnya penggunaan yang salah bisa berbuntut kecelakaan dan tentunya melibatkan pengguna jalan lain.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai salah kaprah penggunaan lampu darurat, baiknya mengenali lebih dulu fungsinya.

Fungsinya sendiri seperti disebutkan di atas adalah untuk keadaan darurat. Penggunaannya harus dalam keadaan berhenti atau ketika menepi di bahu jalan tol.

Lampu hazard yang menyala melalui dua sein bersamaan baik depan maupun belakang. Adapun penggunaannya bisa dalam keadaan mesin mati sekalipun karena mengambil daya langsung dari aki atau baterai.

Fitur satu ini akan memberi peringatan pada pengendara lain di belakang. Belakangan produsen mobil baru menyematkannya pada fungsi rem.

Photo : 123RF

Hazard akan aktif apabila pengemudi melakukan pengereman mendadak. Sehingga kendaraan di depan bisa mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan beruntun.

“Soal hazard, memang bisa menimbulkan potensi kecelakaan. Karena penggunaanya harus dalam kecepatan nol, jika dinyalakan saat jalan, maka pengendara lain akan kebingungan,” ucap Rifat Sungkar dalam sesi konferensi pers virtual Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kemarin (14/12/2021).

Salah Kaprah Penggunaan Hazard

Hingga sekarang masih banyak pengguna jalan yang salah kaprah dalam penggunaannya. Hal ini berbahaya karena bisa meningkatkan potensi kecelakaan kendaraan lain di belakang khusunya.

Berikut beberapa kesalahan dalam penggunaan hazard

  • Lurus di perempatan

Masih ada beberapa pengguna jalan yang menganggap untuk melintas lurus di perempatan, perlu menyalakan hazard. Alasannya, mereka tidak berbelok ke kanan maupun kiri.

  • Masuk Terowongan

Perilaku tersebut juga masih kerap ditemui di jalanan umum. Saat ingin memasuki terowongan yang gelap, pengendara merasa perlu mengaktifkan lampu darurat.

  • Hujan Deras

Hujan deras mengakibatkan berkurangnya jarak pandang. Hal ini dianggap perlu menyalakan fitur hazard padahal salah dan bisa menyebabkan kecelakaan.

  • Konvoy

Perilaku tersebut di atas pada umumnya digunakan oleh komunitas. Padahal aturannya jelas tanpa kawalan aparat, pengguna mobil pribadi dilarang menggunakan hazard.

Photo : 123RF

Penggunaan hazard sebaiknya dilakukan secara bijak karena bisa membahayakan pengguna jalan lainnya. Posisi tombolnya pada mobil lawas berada di balik setir atau alat kemudi.

Namun untuk mobil baru, biasanya pabrikan menempatkannya di area tengah dasbor. Tombolnya memiliki logo segitiga berwarna merah.


Terkini

mobil
Kata Jetour soal Rencana Pembangunan Pabrik Mandiri di Indonesia

Jetour Masih Nyaman Merakit Mobil di Pabrik Handal

Jetour punya rencana membangun pabrik mandiri di Indonesia, saat ini masih menggunakan fasilitas milik Handal

mobil
Pemerintah Cina Mau Perketat Aturan Door Handle EV Karena Hal Ini

Cina Siapkan Aturan Terkait Door Handle Model Flush

Regulasi desain door handle atau gagang pintu EV akan diperketat di Cina, persulit evakuasi saat kecelakaan

otosport
Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah Balapan Formula 4 Tahun Depan

Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah Balapan Formula 4 Tahun Depan

Penyelenggaraan F4 di Sirkuit Mandalika menjadi kesempatan para pembalap serta tim Indonesia buat berkembang

mobil
 Pabrik Volkswagen di Jerman Resmi Ditutup Imbas Ketatnya Persaingan

Pabrik Volkswagen di Jerman Ditutup Imbas Ketatnya Persaingan

Volkswagen resmi menutup pabrik di Jerman untuk pertama kalinya, alami kerugian dan banyak tantangan

otopedia
Oli palsu

Yamaha Sebut Peredaran Oli Palsu di RI Sentuh Angka 30 Persen

Menggunakan oli palsu bisa merusak berbagai komponen mesin motor, sehingga berujung merugikan konsumen

mobil
Harapan Besar Gaikindo Penjualan Mobil Baru Bisa Naik pada 2026

Gaikindo Berharap Penjualan Mobil Baru 2026 Tembus 1 Juta Unit

Gaikindo memberikan banyak masukan kepada pemerintah agar penjualan mobil baru pada 2026 bisa kembali pulih

news
Simak Lokasi Pembatasan Angkutan Barang saat Nataru 2025-2026

Simak Lokasi Pembatasan Angkutan Barang saat Nataru 2025-2026

Operasional angkutan barang mulai dari Palembang sampai Banyuwangi dibatasi selama libur Nataru 2025-2026

motor
Kaleidoskop 2025: Daftar Motor Baru yang Mengaspal di Indonesia

Kaleidoskop 2025: Daftar Motor Baru yang Mengaspal di Indonesia

Beragam motor baru meramaikan pasar pada 2025, seperti yang mencuri perhatian new Honda Vario dan Satria Pro