Durasi Panaskan Motor Injeksi, Tak Perlu Terlalu Lama
11 Juni 2024, 10:00 WIB
Cara merawat motor injeksi lebih mudah jika dibandingkan motor dengan sistem pembakaran model karburator
Oleh Dian Tami Kosasih
TRENOTO – Sepeda motor merupakan sarana transportasi utama bagi sebagian masyarakat di Tanah Air. Hal ini tak terlepas dari kondisi jalan macet di kota-kota besar.
Semakin berkembang, teknologi injeksi menjadi salah satu sistem yang banyak digunakan pada motor saat ini. Meski dinilai lebih mudah dari sisi penggunaan, namun tetap membutuhkan perawatan berkala.
Untuk menjaga performa motor injeksi tetap awet dan prima, terdapat beberapa perawatan yang perlu dilakukan, berikut ulasannya:
Cara merawat motor injeksi yang pertama ialah memperhatikan kondisi aki. Pasalnya, menghidupkan mesin dan sistem pembakarannya perlu menggunakan komponen ini. Apabila rusak, kendaraan tak bisa hidup dan sistem pembakaran tak mampu bekerja.
Namun, ada cara lain yang bisa digunakan untuk menghidupkan kendaraan saat aki mengalami kerusakan, salah satunya menggunakan engkol di bagian mesin. Namun belakangan pabrikan motor tidak lagi menyematkan engkol.
Perawatan motor injeksi berikutnya adalah melakukan penggantian oli secara rutin. Idealnya, oli motor injeksi diganti setiap 2 bulan atau ketika motor telah menempuh jarak 1.000 kilometer (Km).
Selain itu, jangan lupa mengganti oli gear setiap 5.000 km untuk memaksimalkan kinerja motor injeksi khususnya skutik.
Memperhatikan kondisi busi motor merupakan hal wajib yang harus dilakukan secara rutin. Pasalnya, busi memiliki peran penting karena bekerja memantik api dalam proses pembakaran mesin.
Jika busi motor rusak, maka proses pembakaran mesin menjadi tidak sempurna dan mesin tidak bisa menyala atau mogok.
Berikutnya, lakukan servis kendaraan secara berkala. Idealnya, servis dilakukan setiap 3.000 km atau sesuai dengan buku petunjuk servis yang dimiliki.
ECU atau Electronic Control Unit merupakan otak dari pengoperasian mesin motor injeksi. Mulai dari takaran bahan bakar hingga buka atau tutup klep injektor
Karena itu, apabila sistem ini mengalami gangguan, kinerja mesin motor secara keseluruhan juga terganggu. Saat melakukan servis, pemilik sebaiknya melakukan pemeriksaan secara berkala agar tidak terjadi kerusakan yang berakibat fatal.
Cara merawat motor injeksi berikutnya adalah menggunakan bahan bakar yang memiliki nilai oktan 90 atau lebih. Pasalnya, bahan bakar dengan nilai 90 ke atas bisa membantu proses pembakaran motor injeksi lebih sempurna.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
11 Juni 2024, 10:00 WIB
09 Mei 2023, 12:00 WIB
30 September 2022, 19:10 WIB
02 Agustus 2022, 21:47 WIB
29 Juli 2022, 16:39 WIB
Terkini
04 Juli 2025, 21:00 WIB
Mazda CX-3 Essential diprediksi hadir di ajang GIIAS 2025 setelah terlebih dulu diluncurkan di Thailand
04 Juli 2025, 20:00 WIB
Banyaknya tantangan yang harus diatasi membuat uji coba Car Free Night pada Sabtu (05/07) resmi dibatalkan
04 Juli 2025, 19:00 WIB
Pihak Xpeng mengungkapkan alasan pihaknya bakal lebih dulu melakukan perakitan lokal X9 ketimbang G6
04 Juli 2025, 18:00 WIB
KatadataOTO merangkum enam kesalahan memilih tempat parkir yang dapat merugikan pengemudi saat bepergian
04 Juli 2025, 17:00 WIB
Desta kecelakaan saat memarkirkan Ducati DesertX yang digunakannya buat touring di kawasan Sembalun, NTB
04 Juli 2025, 16:30 WIB
Diler Xpeng di Puri, Jakarta Barat siapkan layanan 3S dan perbaikan bodi, ada unit test drive buat konsumen
04 Juli 2025, 16:03 WIB
Polres Bogor bakal menerapkan ganjil genap Puncak pada akhir pekan ini untuk melancarkan arus lalu lintas
04 Juli 2025, 13:28 WIB
Auksi melakukan pengembangan layanan dan lokasi lelang baru untuk menjawab kebutuhan para pelanggan setia