New Toyota Agya GR Sport TGRI Dominasi Podium di Kerjunas Slalom
26 September 2025, 21:00 WIB
Sebagai bentuk komitmen kembangkan energi alternatif di motorsport, Toyota perkenalkan LH2 Racing Concept
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Toyota merupakan salah satu pabrikan Jepang yang masih fokus di alternatif selain EV di era elektrifikasi ini.
Terbaru mereka meluncurkan mobil seri GR (Gazoo Racing) performa tinggi GR LH2 Racing Concept. Model tersebut menggunakan bahan bakar berupa liquid hydrogen.
LH2 Racing Concept debut di Circuit de la Sarthe di sela ajang Le Mans 24 Hours, berlangsung 11-15 Juni 2025.
Dari segi desain, Toyota GR LH2 Racing Concept memiliki tampilan nyentrik seperti hypercar pada umumnya.
Bentuk kap dan kaca sekilas tampil identik dengan hypercar Bugatti Bolide, mobil khusus balap di sirkuit. Bedanya produk milik Bugatti tidak mengandalkan hidrogen sebagai sumber tenaga.
Kehadiran purwarupa LH2 Racing Concept menjadi bukti komitmen Toyota dalam mengembangkan teknologi terkini yang dapat beradaptasi dengan kondisi menantang di sektor motorsport.
Toyota juga punya misi agar lini kendaraan hidrogen lebih terlibat dalam ajang reli. Pada 2022, GR Yaris H2 pernah diikutkan dalam uji coba reli Ypres Rally yang diselenggarakan oleh FIA World Rally Championship.
Sementara tahun berikutnya di 2023, Corolla bertenaga hidrogen menyelesaikan uji coba di Circuit de la Sarthe.
Baru di 2025, versi terkini pengembangan purwarupa GR LH2 Racing dipamerkan kepada para pengunjung Le Mans.
“GR LH2 Racing Concept akan mendukung Toyota dalam pengembangan teknologi hidrogen beserta infrastrukturnya. Lalu membangun koneksi guna memperluas kemungkinan keterlibatan (mobil) hidrogen di motorsport,” tulis Toyota dalam keterangan resmi, dikutip pada Sabtu (14/05).
Belum ada spesifikasi lengkap terkait kembaran Bugatti Bolide buatan Toyota. Namun dijelaskan jantung pacu GR LH2 Racing adalah perpaduan mesin hidrogen dan teknologi hybrid.
Mobil ini memiliki dimensi besar. Panjangnya tembus lima meter, tepatnya 5.100 mm dengan lebar 2.050 mm.
Sekadar informasi, Toyota juga mengikuti komitmen globalnya dalam pengembangan hidrogen di Indonesia.
Pada Februari 2025, mereka meresmikan stasiun pengisian hidrogen pertama di Indonesia yang punya tekanan sampai 700 bar berlokasi di Karawang.
“Pembangunan ini merupakan representasi komitmen Toyota Indonesia mendukung pemerintah dalam transisi energi,” kata Nandi Juliyanto, Presiden Direktur PT TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) di Karawang beberapa waktu lalu.
Meskipun belum memasarkan produk bertenaga hidrogen di dalam negeri, Toyota memboyong Mirai sebagai bahan studi.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
26 September 2025, 21:00 WIB
25 September 2025, 12:00 WIB
24 September 2025, 21:00 WIB
24 September 2025, 17:00 WIB
18 September 2025, 23:05 WIB
Terkini
28 September 2025, 12:58 WIB
Marc Marquez raih titel juara dunia di MotoGP Jepang 2025, Francesco Bagnaia tampil impresif di urutan pertama
28 September 2025, 11:00 WIB
Menurut Astra Honda Motor usulan format baru insentif motor listrik dari Aismoli sangat adil bagi pabrikan
28 September 2025, 09:00 WIB
Untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas, KNKT bakal buka sekolah pengemudi angkutan barang dan penumpang
28 September 2025, 07:00 WIB
Marc Marquez berjaya dan Francesco Bagnaia perlu waspada jika hujan mengguyur trek MotoGP Jepang 2025
27 September 2025, 17:23 WIB
Pecco berpotensi jadi pengganjal langkah Marc Marquez mengunci gelar juara dunia saat MotoGP Jepang 2025
27 September 2025, 15:00 WIB
Sule kena tilang oleh Dinas Perhungan saat membawa Toyota Hilux double cabin dan bakal disidang pekan depan
27 September 2025, 13:52 WIB
Francesco Bagnaia tempati urutan pertama disusul Marc Marquez, berikut hasil Sprint Race MotoGP Jepang 2025
27 September 2025, 11:00 WIB
Tanpa jalur khusus, pengguna sepeda motor yang memenuhi syarat di Jepang bebas memanfaatkan jalan tol