Auto2000 Sempurnakan Aplikasi Digiroom, Lebih Informatif
06 Desember 2025, 21:00 WIB
PT TAM lakukan recall Toyota Alphard karena ada dua komponen pada unit produksi tahun tertentu perlu dicek,
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – PT TAM (Toyota Astra Motor) melakukan recall Toyota Alphard, MPV (Multi Purpose Vehicle) mewah yang sudah dipasarkan di Indonesia. Ini berlaku buat tahun produksi tertentu.
Dikutip dari keterangan resmi Toyota pada Senin (14/04) ada dua komponen yang perlu dilakukan pemeriksaan yaitu Front Hood Moulding dan Alternator Pulley.
Ini berlaku untuk Toyota Alphard produksi tahun tertentu, khususnya Agustus-Oktober 202 dan Desember 2013-Desember 2022. Pemilik diimbau buat membawa kendaraannya ke bengkel resmi Toyota terdekat.
“Mengingat ada potensi ketidaksempurnaan, kami mengajak para pemilik Toyota Alphard tahun produksi tertentu supaya datang ke bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia untuk memastikan apakah kendaraannya memperoleh panggilan recall,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM.
Apabila bermasalah, maka pihak Toyota bakal memberikan penggantian komponen sesuai spesifikasi teknis.
Lebih lanjut dijelaskan, Front Hood Moulding atau moulding kap mesin pada Toyota Alphard berpeluang terlepas dari posisi awalnya. Posisi struktur pemasangannya perlu diperkuat.
Konsumen tidak perlu khawatir karena waktu pemeriksaan serta penggantian komponen hanya memakan waktu sekitar 30 menit.
Lalu pada Toyota Alphard ada alternator sebagai komponen penghasil daya listrik untuk mengoperasikan sistem kelistrikan di mobil. Pulley melengkapi, bertugas memutar alternator mengikuti putaran mesin.
Namun ada potensi ketidaksempurnaan Alternator Pulley di Toyota Alphard lansiran Desember 2013-Desember 2022, dapat menyebabkan suara bising bahkan menyebabkan output kelistrikan menurun.
Waktu inspeksi sampai pengerjaan penggantian komponen satu ini adalah sekitar satu jam. Konsumen disarankan booking service terlebih dahulu agar tidak perlu lama menunggu antrean.
“Mengingat ada dua recall Toyota Alphard tahun produksi berbeda, pelanggan bisa memastikannya dengan menghubungi jaringan diler resmi Toyota tersebar di seluruh Indonesia,” kata Jap Ernando Demily, Direktur Pemasaran PT TAM.
Selain itu pemilik Alphard bisa kunjungi laman resmi toyota.astra.co.id/sc, customer care 24 jam di nomor telepon 1-500-315, TARRA (Toyota Interactive Virtual Assistant) melalui Whatsapp 08111500315.
“Langkah ini merupakan bentuk tanggung jawab atas kualitas produk yang dipasarkan dan memberikan peace of mind kepada semua pelanggan Toyota,” tegas dia
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
06 Desember 2025, 21:00 WIB
05 Desember 2025, 17:00 WIB
05 Desember 2025, 16:00 WIB
05 Desember 2025, 15:00 WIB
04 Desember 2025, 09:00 WIB
Terkini
06 Desember 2025, 21:00 WIB
Aplikasi Digiroom milik Auto2000 diklaim mendapat respon positif dari para pelanggan setianya di Tanah Air
06 Desember 2025, 19:00 WIB
Perang harga mobil Cina semakin sengit di 2025, BMW menegaskan tak berminat ikut persaingan tersebut
06 Desember 2025, 17:00 WIB
Mobil pribadi diperkirakan masih menjadi kendaraan favorit masyarakat saat merayakan libur Nataru 2026
06 Desember 2025, 15:00 WIB
Daihatsu catatkan hasil positif penjualan sepanjang November 2025, Gran Max Series jadi kontributor utama
06 Desember 2025, 13:00 WIB
Mahindra menyerahkan 4 mobil Scorpio untuk bantu pemerintah mengatasi bencana banjir Sumatera yang baru terjadi
06 Desember 2025, 11:00 WIB
Shell bisa segera menjajakan BBM mereka kepada para pengendara di Indonesia setelah kehabisan stok produk
06 Desember 2025, 09:00 WIB
Airlangga menerangkan bahwa kehadiran Chery, BYD hingga Hyundai membawa dampak positif bagi industri otomotif
06 Desember 2025, 07:00 WIB
Chery menyiapkan 10 unit mobil terdiri dari Tiggo 9 CSH, Tiggo 8 CSH sampai Tiggo Cross untuk mobilitas atlet