Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli Mobil Baru di GJAW 2025
18 November 2025, 12:00 WIB
PT TAM lakukan recall Toyota Alphard karena ada dua komponen pada unit produksi tahun tertentu perlu dicek,
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – PT TAM (Toyota Astra Motor) melakukan recall Toyota Alphard, MPV (Multi Purpose Vehicle) mewah yang sudah dipasarkan di Indonesia. Ini berlaku buat tahun produksi tertentu.
Dikutip dari keterangan resmi Toyota pada Senin (14/04) ada dua komponen yang perlu dilakukan pemeriksaan yaitu Front Hood Moulding dan Alternator Pulley.
Ini berlaku untuk Toyota Alphard produksi tahun tertentu, khususnya Agustus-Oktober 202 dan Desember 2013-Desember 2022. Pemilik diimbau buat membawa kendaraannya ke bengkel resmi Toyota terdekat.
“Mengingat ada potensi ketidaksempurnaan, kami mengajak para pemilik Toyota Alphard tahun produksi tertentu supaya datang ke bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia untuk memastikan apakah kendaraannya memperoleh panggilan recall,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM.
Apabila bermasalah, maka pihak Toyota bakal memberikan penggantian komponen sesuai spesifikasi teknis.
Lebih lanjut dijelaskan, Front Hood Moulding atau moulding kap mesin pada Toyota Alphard berpeluang terlepas dari posisi awalnya. Posisi struktur pemasangannya perlu diperkuat.
Konsumen tidak perlu khawatir karena waktu pemeriksaan serta penggantian komponen hanya memakan waktu sekitar 30 menit.
Lalu pada Toyota Alphard ada alternator sebagai komponen penghasil daya listrik untuk mengoperasikan sistem kelistrikan di mobil. Pulley melengkapi, bertugas memutar alternator mengikuti putaran mesin.
Namun ada potensi ketidaksempurnaan Alternator Pulley di Toyota Alphard lansiran Desember 2013-Desember 2022, dapat menyebabkan suara bising bahkan menyebabkan output kelistrikan menurun.
Waktu inspeksi sampai pengerjaan penggantian komponen satu ini adalah sekitar satu jam. Konsumen disarankan booking service terlebih dahulu agar tidak perlu lama menunggu antrean.
“Mengingat ada dua recall Toyota Alphard tahun produksi berbeda, pelanggan bisa memastikannya dengan menghubungi jaringan diler resmi Toyota tersebar di seluruh Indonesia,” kata Jap Ernando Demily, Direktur Pemasaran PT TAM.
Selain itu pemilik Alphard bisa kunjungi laman resmi toyota.astra.co.id/sc, customer care 24 jam di nomor telepon 1-500-315, TARRA (Toyota Interactive Virtual Assistant) melalui Whatsapp 08111500315.
“Langkah ini merupakan bentuk tanggung jawab atas kualitas produk yang dipasarkan dan memberikan peace of mind kepada semua pelanggan Toyota,” tegas dia
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
18 November 2025, 12:00 WIB
13 November 2025, 09:00 WIB
12 November 2025, 08:00 WIB
11 November 2025, 08:00 WIB
10 November 2025, 19:00 WIB
Terkini
19 November 2025, 14:00 WIB
Suzuki Fronx dan Satria sudah resmi diekspor ke berbagai negara ASEAN karena telah memenuhi standar global
19 November 2025, 13:00 WIB
Wuling Eksion berpeluang kembali menggunakan basis salah satu model dari seri Starlight yang dijual di Cina
19 November 2025, 12:00 WIB
Bos Ford menilai regulasi internasional jadi salah satu alasan konsumen mobil mewah menunda pembelian
19 November 2025, 11:00 WIB
Ribuan Wuling Cortez Darion telah berhasil terpesan dan bakal didistribusikan ke pelanggan mulai tahun ini
19 November 2025, 10:00 WIB
Pameran GJAW 2025 menawarkan banyak potongan harga yang diharapkan bisa meningkatkan gairah pasar Tanah Air
19 November 2025, 09:00 WIB
Ada banyak pilihan motor matic 150 cc, salah satunya adalah Yamaha Nmax Turbo yang baru mendapat penyegaran
19 November 2025, 08:00 WIB
Mitsubishi Fuso yakin bisa menguasai 42 persen pasar kendaraan komersial sesuai target yang ditetapkan
19 November 2025, 07:00 WIB
Meski memiliki banyak kemiripan tetapi zebra dan pelican cross memiliki perbedaan yang cukup mendasar