Harga Daihatsu Rocky Hybrid Naik, Inden Hingga Tahun Depan
14 Agustus 2025, 15:00 WIB
Recall Daihatsu Xenia belum banyak didatangi pelanggan yang mobilnya terdampak meski sangat berisiko
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Recall Daihatsu Xenia sudah berlangsung selama satu bulan namun pelanggan masih banyak yang belum mengikuti. Hal ini terlihat dari jumlah unit yang datang ke bengkel resmi guna melakukan perbaikan.
Meski demikian Sri Agung Handayani, Marketing Director & Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor mengungkap bahwa pihaknya terus menghubungi pelanggan. Dengan demikian diharapkan keselamatan bisa lebih terjamin.
“Kami melakukan recall pada 13 Februari 2024 dan untuk yang Side Impact Beam sudah 128 unit dari 1.410 unit terdampak atau sekitar 10 persen. Sementara perbaikan Nut (mur) Shock Absorber depan itu baru sekitar 1.200 unit atau sekitar 3 persen,” ungkap Sri Agung beberapa waktu lalu.
Ia mengungkap bahwa ada beberapa tantangan dalam menggelar recall. Salah satunya adalah tipe konsumen yang merupakan first car buyer.
“Pelanggan Daihatsu kebanyakan adalah First Car buyer jadi kendaraannya memang digunakan untuk mobilitas. Oleh karena itu kami menjalankan banyak penyesuaian termasuk terus mengingatkan melalui pesan singkat,” ungkapnya.
Ia pun optimis bahwa untuk perbaikan Side Impact Beam Daihatsu Xenia bisa dilaksanakan pada seluruh unit terdampak. Sebab pihaknya sudah melakukan pengembangan dalam layanan recall.
“Untuk Side Impact Beam diharapkan bisa 98 hingga 100 persen tahun ini. Karena kami juga mulai aktif mendatangi konsumen fleet,” ungkapnya.
Sebelumnya diberitakan bahwa Daihatsu Xenia terkena recall karena ada potensi masalah pada Nut Shock Absorber. Mobil yang terdampak adalah lansiran November 2021 hingga September 2023.
Kerusakan ini berpotensi menyebabkan kecelakaan karena mur bisa menjadi kendur lalu menimbulkan suara tidak normal bahkan terlepas. Pemeriksaan dan pengencangan akan berlangsung sekitar 30 menit.
Selain itu Daihatsu Xenia produksi November 2022 perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan Side Impact Beam depan kanan. Seluruh proses akan berlangsung sekitar 3–4 jam.
fitur keselamatan tersebut kurang sempurna dipasang sehingga berpotensi tidak dapat memberikan perlindungan secara optimal ketika kecelakaan terjadi.
Bila ingin memastikan apakah kendaraannya menjadi bagian dalam program ini dapat mengunjungi laman resmi ssc.daihatsu.co.id dengan memasukkan nomor rangka mobil milik pelanggan atau menghubungi call center di 1-500-898.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
14 Agustus 2025, 15:00 WIB
12 Agustus 2025, 18:00 WIB
11 Agustus 2025, 20:00 WIB
11 Agustus 2025, 14:00 WIB
11 Agustus 2025, 10:00 WIB
Terkini
16 Agustus 2025, 13:00 WIB
Toyota Kijang Innova diesel bekas lansiran 2024 menjadi pilihan menarik untuk masyarakat karena ada cicilan ringan
16 Agustus 2025, 11:00 WIB
Insentif motor listrik ditargetkan terbit tahun ini menunggu Rakortas, Honda masih tunggu kepastiannya
16 Agustus 2025, 09:00 WIB
Macet horor tengah melanda ruas Jalan TB Simatupang dalam beberapa waktu belakangan karena ada sejumlah galian
16 Agustus 2025, 07:00 WIB
Dinas Perhubungan beri tarif khusus transportasi umum di Ibu Kota menjadi hanya Rp 80 pada 17 hingga 18 Agustus
15 Agustus 2025, 21:00 WIB
Dishub DKI Jakarta telah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat Pesta Rakyat menyambut HUT RI ke-80 di Monas
15 Agustus 2025, 20:00 WIB
Bertolak belakang dengan penjualan mobil murah, Hyundai sebut kendaraan premium lebih stabil karena hal ini
15 Agustus 2025, 19:00 WIB
Pemerintah Bengkulu gelar pemutihan pajak yang berlaku hingga akhir tahun untuk memudahkan masyarakat
15 Agustus 2025, 18:00 WIB
Fadillah Arbi Aditama akan mentas di Moto3 Austria 2025 buat gantikan pembalap asal Thailand yang cedera