Daihatsu Move Terdaftar di RI, Berpeluang Tampil di GIIAS 2025
26 Juni 2025, 13:00 WIB
Recall Daihatsu Xenia belum banyak didatangi pelanggan yang mobilnya terdampak meski sangat berisiko
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Recall Daihatsu Xenia sudah berlangsung selama satu bulan namun pelanggan masih banyak yang belum mengikuti. Hal ini terlihat dari jumlah unit yang datang ke bengkel resmi guna melakukan perbaikan.
Meski demikian Sri Agung Handayani, Marketing Director & Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor mengungkap bahwa pihaknya terus menghubungi pelanggan. Dengan demikian diharapkan keselamatan bisa lebih terjamin.
“Kami melakukan recall pada 13 Februari 2024 dan untuk yang Side Impact Beam sudah 128 unit dari 1.410 unit terdampak atau sekitar 10 persen. Sementara perbaikan Nut (mur) Shock Absorber depan itu baru sekitar 1.200 unit atau sekitar 3 persen,” ungkap Sri Agung beberapa waktu lalu.
Ia mengungkap bahwa ada beberapa tantangan dalam menggelar recall. Salah satunya adalah tipe konsumen yang merupakan first car buyer.
“Pelanggan Daihatsu kebanyakan adalah First Car buyer jadi kendaraannya memang digunakan untuk mobilitas. Oleh karena itu kami menjalankan banyak penyesuaian termasuk terus mengingatkan melalui pesan singkat,” ungkapnya.
Ia pun optimis bahwa untuk perbaikan Side Impact Beam Daihatsu Xenia bisa dilaksanakan pada seluruh unit terdampak. Sebab pihaknya sudah melakukan pengembangan dalam layanan recall.
“Untuk Side Impact Beam diharapkan bisa 98 hingga 100 persen tahun ini. Karena kami juga mulai aktif mendatangi konsumen fleet,” ungkapnya.
Sebelumnya diberitakan bahwa Daihatsu Xenia terkena recall karena ada potensi masalah pada Nut Shock Absorber. Mobil yang terdampak adalah lansiran November 2021 hingga September 2023.
Kerusakan ini berpotensi menyebabkan kecelakaan karena mur bisa menjadi kendur lalu menimbulkan suara tidak normal bahkan terlepas. Pemeriksaan dan pengencangan akan berlangsung sekitar 30 menit.
Selain itu Daihatsu Xenia produksi November 2022 perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan Side Impact Beam depan kanan. Seluruh proses akan berlangsung sekitar 3–4 jam.
fitur keselamatan tersebut kurang sempurna dipasang sehingga berpotensi tidak dapat memberikan perlindungan secara optimal ketika kecelakaan terjadi.
Bila ingin memastikan apakah kendaraannya menjadi bagian dalam program ini dapat mengunjungi laman resmi ssc.daihatsu.co.id dengan memasukkan nomor rangka mobil milik pelanggan atau menghubungi call center di 1-500-898.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
26 Juni 2025, 13:00 WIB
17 Juni 2025, 18:00 WIB
13 Juni 2025, 11:00 WIB
02 Juni 2025, 22:30 WIB
21 Mei 2025, 18:00 WIB
Terkini
30 Juni 2025, 14:17 WIB
Perwakilan Aprilia akhirnya bersuara soal rumor kepindahan Jorge Martin ke Honda Racing di MotoGP 2026
30 Juni 2025, 13:30 WIB
Dinilai beri banyak dampak negatif termasuk untuk konsumen, GWM tak mau ikuti strategi pabrikan Cina lain
30 Juni 2025, 12:00 WIB
Insentif mobil listrik impor dijadwalkan selesai di akhir tahun anggaran 2025, belum diketahui kelanjutannya
30 Juni 2025, 11:00 WIB
IBC klaim sudah memiliki beberapa calon klien yang berencana untuk membeli baterai EV setelah pabrik selesai dibangun
30 Juni 2025, 10:00 WIB
Marc Marquez masih berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2025 dengan 307 poin usai menang di Belanda
30 Juni 2025, 09:00 WIB
Saat ini pemerintah memberikan insentif mobil hybrid sebesar tiga persen, sedangkan buat BEV di 10 persen
30 Juni 2025, 08:00 WIB
Bahlil Lahadalia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ungkap Indonesia bisa kurangi impor BBM bila kembangkan EV
30 Juni 2025, 07:00 WIB
Alex Marquez kembali menunjukkan konsistensinya sebagai pembalap profesional di ajang MotoGP Belanda 2025