Daihatsu Siap Kerek Harga Akibat Opsen Pasca Diskon Pajak Berakhir
19 Mei 2025, 14:00 WIB
Recall Daihatsu Xenia belum banyak didatangi pelanggan yang mobilnya terdampak meski sangat berisiko
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Recall Daihatsu Xenia sudah berlangsung selama satu bulan namun pelanggan masih banyak yang belum mengikuti. Hal ini terlihat dari jumlah unit yang datang ke bengkel resmi guna melakukan perbaikan.
Meski demikian Sri Agung Handayani, Marketing Director & Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor mengungkap bahwa pihaknya terus menghubungi pelanggan. Dengan demikian diharapkan keselamatan bisa lebih terjamin.
“Kami melakukan recall pada 13 Februari 2024 dan untuk yang Side Impact Beam sudah 128 unit dari 1.410 unit terdampak atau sekitar 10 persen. Sementara perbaikan Nut (mur) Shock Absorber depan itu baru sekitar 1.200 unit atau sekitar 3 persen,” ungkap Sri Agung beberapa waktu lalu.
Ia mengungkap bahwa ada beberapa tantangan dalam menggelar recall. Salah satunya adalah tipe konsumen yang merupakan first car buyer.
“Pelanggan Daihatsu kebanyakan adalah First Car buyer jadi kendaraannya memang digunakan untuk mobilitas. Oleh karena itu kami menjalankan banyak penyesuaian termasuk terus mengingatkan melalui pesan singkat,” ungkapnya.
Ia pun optimis bahwa untuk perbaikan Side Impact Beam Daihatsu Xenia bisa dilaksanakan pada seluruh unit terdampak. Sebab pihaknya sudah melakukan pengembangan dalam layanan recall.
“Untuk Side Impact Beam diharapkan bisa 98 hingga 100 persen tahun ini. Karena kami juga mulai aktif mendatangi konsumen fleet,” ungkapnya.
Sebelumnya diberitakan bahwa Daihatsu Xenia terkena recall karena ada potensi masalah pada Nut Shock Absorber. Mobil yang terdampak adalah lansiran November 2021 hingga September 2023.
Kerusakan ini berpotensi menyebabkan kecelakaan karena mur bisa menjadi kendur lalu menimbulkan suara tidak normal bahkan terlepas. Pemeriksaan dan pengencangan akan berlangsung sekitar 30 menit.
Selain itu Daihatsu Xenia produksi November 2022 perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan Side Impact Beam depan kanan. Seluruh proses akan berlangsung sekitar 3–4 jam.
fitur keselamatan tersebut kurang sempurna dipasang sehingga berpotensi tidak dapat memberikan perlindungan secara optimal ketika kecelakaan terjadi.
Bila ingin memastikan apakah kendaraannya menjadi bagian dalam program ini dapat mengunjungi laman resmi ssc.daihatsu.co.id dengan memasukkan nomor rangka mobil milik pelanggan atau menghubungi call center di 1-500-898.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
19 Mei 2025, 14:00 WIB
18 Mei 2025, 18:00 WIB
14 Mei 2025, 09:00 WIB
05 Mei 2025, 17:13 WIB
24 April 2025, 08:00 WIB
Terkini
19 Mei 2025, 18:00 WIB
Gofar Hilman ubah Suzuki S-Presso jadi menyerupai Jimny dengan penambahan beragam body kit kustom menarik
19 Mei 2025, 17:00 WIB
Honda resmi menjual mobil listrik e:N1 secara terbatas di Malaysia, harganya mulai dari Rp 573 jutaan
19 Mei 2025, 16:01 WIB
Pengguna smartphone alami kerusakan kamera HP setelah merekam sensor Lidar Volvo EX90, ini penyebabnya
19 Mei 2025, 15:32 WIB
500 ribu ojol siap menggeruduk Jakarta besok untuk melakukan demo di sejumlah lokasi yang telah ditentukan
19 Mei 2025, 14:00 WIB
Harga mobil Daihatsu di sejumlah daerah berpeluang naik apabila diskon opsen ditiadakan oleh Pemda setempat
19 Mei 2025, 13:00 WIB
Wamenperin menilai kehadiran Chery Tiggo 8 CSH bisa menambah opsi kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air
19 Mei 2025, 12:00 WIB
Mitsubishi bakal buka 10 diler di 2025 untuk menyambut model baru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat
19 Mei 2025, 10:00 WIB
Suzuki Fronx bakal segera diluncurkan pada 28 Mei 2025, kisaran harganya mulai diungkap oleh tenaga penjual