Respons Daihatsu Usai Menperin Usul Harga Mobil Baru Diturunkan
02 Maret 2025, 13:00 WIB
Daihatsu recall Xenia karena ada potensi masalah di Side Impact Beam dan Shock Absorber sehingga perlu diperbaiki
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Daihatsu recall Xenia akibat adanya potensi masalah pada hasil produksinya. Penarikan tersebut dibalut dengan program Special Service Campaign yang dilaksanakan mulai hari ini (13/2).
Dalam siaran resmi disampaikan bahwa potensi kerusakan yang terjadi disebabkan oleh Nut (mur) Shock Absorber depan Daihatsu Xenia tahun produksi November 2021 hingga September 2023. Pemeriksaan dan pengencangannya akan berlangsung sekitar 30 menit.
Kerusakan ini sama seperti yang terjadi pada Toyota Avanza Oktober 2021 – Agustus 2023, Avanza November 2021 – September 2023. Bedanya Daihatsu tertutup terhadap risiko kerusakan.
Sementara Toyota dengan gamblang menyebutkan bahwa kesalahan tersebut dapat membuat mur jadi kendur lalu menimbulkan suara tidak normal bahkan terlepas. Akibatnya kestabilan kendaraan bisa hilang ketika melaju di jalan.
Selain itu untuk Daihatsu Xenia produksi November 2022 perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan Door Beam depan kanan. Pengecekan maupun perbaikannya akan berlangsung sekitar 3–4 jam.
Lagi-lagi Daihatsu tidak menjelaskan secara rinci kerusakan, risiko serta perbaikannya. Berbeda dengan Toyota yang melakukan recall serupa pada Toyota Avanza dan Veloz.
Pabrikan asal Jepang itu menyampaikan bahwa fitur keselamatan tersebut kurang sempurna dipasang. Sehingga berpotensi tidak dapat memberikan perlindungan secara optimal ketika kecelakaan terjadi.
Meski demikian Daihatsu tetap mengakui kesalahan dan memohon maaf pada pelanggan atas kesalahan tersebut. Mereka meminta pelanggan untuk melakukan prosedur recall di bengkel resmi secara cuma-cuma.
“Kami mengajak pelanggan dengan kendaraan terdampak untuk datang ke bengkel resmi Daihatsu terdekat guna melakukan pengecekan dan perbaikan tanpa dipungut biaya apa pun. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanannya,” ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director & Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor.
Bila ingin memastikan apakah kendaraannya menjadi bagian dalam program ini dapat mengunjungi laman resmi ssc.daihatsu.co.id dengan memasukkan nomor rangka mobil milik pelanggan atau menghubungi call center di 1-500-898. Selain itu Daihatsu juga secara aktif akan menghubungi pelanggan pemilik Xenia yang masuk dalam program.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
02 Maret 2025, 13:00 WIB
17 Januari 2025, 18:03 WIB
26 Desember 2024, 08:00 WIB
28 November 2024, 09:00 WIB
26 November 2024, 08:00 WIB
Terkini
04 Juli 2025, 12:52 WIB
Xiaomi berminat mengekspor mobil listrik ke pasar global, tetapi masih ada satu penghambat yang dihadapi
04 Juli 2025, 11:41 WIB
Lamborghini yang dikendaraan Diogo Jota bersama sang adik terbakar saat kecelakaan di jalan tol A52, Spanyol
04 Juli 2025, 09:00 WIB
Dishub DKI menyiapkan teknologi senilai Rp 120 miliar untuk mengatasi kemacetan lalu lintas yang ada di Ibu Kota
04 Juli 2025, 08:00 WIB
Pemerintah terbuka jika merek Jepang mau ikut program insentif impor mobil listrik seperti yang dinikmati BYD
04 Juli 2025, 07:00 WIB
Aismoli berharap rencana pemberian subsidi motor listrik pada bulan depan bukan sekadar harapan palsu
04 Juli 2025, 06:00 WIB
Mendekati akhir pekan, SIM keliling Jakarta masih beroperasi sebagai fasilitas alternatif perpanjangan SIM
04 Juli 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 4 Juli 2025 kembali diterapkan guna menghindari terjadinya kemacetan khususnya di jam sibuk
04 Juli 2025, 06:00 WIB
Salah satu lokasi SIM keliling Bandung yang tersedia jelang akhir pekan ada di Dago Plaza, JL. IR. Juanda