Daihatsu Rayakan Produksi Sembilan Juta Mobil di Indonesia
22 Agustus 2025, 18:00 WIB
Daihatsu recall Xenia karena ada potensi masalah di Side Impact Beam dan Shock Absorber sehingga perlu diperbaiki
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Daihatsu recall Xenia akibat adanya potensi masalah pada hasil produksinya. Penarikan tersebut dibalut dengan program Special Service Campaign yang dilaksanakan mulai hari ini (13/2).
Dalam siaran resmi disampaikan bahwa potensi kerusakan yang terjadi disebabkan oleh Nut (mur) Shock Absorber depan Daihatsu Xenia tahun produksi November 2021 hingga September 2023. Pemeriksaan dan pengencangannya akan berlangsung sekitar 30 menit.
Kerusakan ini sama seperti yang terjadi pada Toyota Avanza Oktober 2021 – Agustus 2023, Avanza November 2021 – September 2023. Bedanya Daihatsu tertutup terhadap risiko kerusakan.
Sementara Toyota dengan gamblang menyebutkan bahwa kesalahan tersebut dapat membuat mur jadi kendur lalu menimbulkan suara tidak normal bahkan terlepas. Akibatnya kestabilan kendaraan bisa hilang ketika melaju di jalan.
Selain itu untuk Daihatsu Xenia produksi November 2022 perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan Door Beam depan kanan. Pengecekan maupun perbaikannya akan berlangsung sekitar 3–4 jam.
Lagi-lagi Daihatsu tidak menjelaskan secara rinci kerusakan, risiko serta perbaikannya. Berbeda dengan Toyota yang melakukan recall serupa pada Toyota Avanza dan Veloz.
Pabrikan asal Jepang itu menyampaikan bahwa fitur keselamatan tersebut kurang sempurna dipasang. Sehingga berpotensi tidak dapat memberikan perlindungan secara optimal ketika kecelakaan terjadi.
Meski demikian Daihatsu tetap mengakui kesalahan dan memohon maaf pada pelanggan atas kesalahan tersebut. Mereka meminta pelanggan untuk melakukan prosedur recall di bengkel resmi secara cuma-cuma.
“Kami mengajak pelanggan dengan kendaraan terdampak untuk datang ke bengkel resmi Daihatsu terdekat guna melakukan pengecekan dan perbaikan tanpa dipungut biaya apa pun. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanannya,” ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director & Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor.
Bila ingin memastikan apakah kendaraannya menjadi bagian dalam program ini dapat mengunjungi laman resmi ssc.daihatsu.co.id dengan memasukkan nomor rangka mobil milik pelanggan atau menghubungi call center di 1-500-898. Selain itu Daihatsu juga secara aktif akan menghubungi pelanggan pemilik Xenia yang masuk dalam program.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
22 Agustus 2025, 18:00 WIB
02 Maret 2025, 13:00 WIB
17 Januari 2025, 18:03 WIB
26 Desember 2024, 08:00 WIB
28 November 2024, 09:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 12:00 WIB
Bos Gresini Racing mengaku sangat terkesan dengan kemampuan Veda Ega Pratama saat beraksi di dalam lintasan
02 Oktober 2025, 11:00 WIB
GIIAS Bandung 2025 memberikan kemudahan untuk masyarakat Jawa Barat yang ingin membeli mobil atau motor baru
02 Oktober 2025, 10:00 WIB
Federal mengaku tidak merasa dampak dari lesunya pasar motor baru yang sedang terjadi dalam beberapa waktu
02 Oktober 2025, 09:00 WIB
Mayoritas merek tidak melakukan penyesuaian, berikut daftar harga mobil listrik di RI per Oktober 2025
02 Oktober 2025, 08:00 WIB
Honda hadirkan seluruh line up mobil hybrid di GIIAS 2025 termasuk Step Wgn yang baru meluncur di Indonesia
02 Oktober 2025, 07:00 WIB
Vivo dan BP batal beli BBM dari Pertamina karena adanya kandungan etanol pada base feul BBM yang ditawarkan
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Ada persyaratan dokumen yang perlu disiapkan oleh pemohon jika ingin memanfaatkan SIM keliling Jakarta
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 2 Oktober 2025 bakal diawasi ketat menggunakan kamera ETLE di berbagai lokasi utama