Sosok Ary Bakri dan Hobi Otomotifnya, Pengacara Tersangka Suap
22 April 2025, 16:23 WIB
Beri sensasi berkendara mobil konvensional, Porsche sebut transmisi buatan di mobil listrik tidak bermanfaat
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Beragam cara dilakukan oleh manufaktur otomotif dalam menarik minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik, seperti menyematkan transmisi buatan guna menambah sensasi seperti berkendara mobil bensin.
Hal ini dilakukan oleh Hyundai pada mobil performanya yakni Ioniq 5 N melalui fitur N e-Shift dan N Active Sound, memberikan suara knalpot artifisial pada kendaraan.
Singkatnya transmisi buatan itu diklaim dapat mengatur tenaga dan torsi dihasilkan Ioniq 5 N saat berkendara, menirukan sensasi pergantian gigi di mobil bensin.
Pihak Hyundai mengungkapkan penyematan transmisi buatan bukan untuk menambah performa tetapi sebatas membuat pengalaman berkendara jadi semakin menyenangkan.
Meski begitu, pabrikan ternama asal Jerman, Porsche mengatakan transmisi buatan pada mobil listrik tidak berguna. Terlebih menurut mereka saat ini Porsche masih menjual mobil konvensional.
Dalam satu kesempatan tim pengembangan mobil Porsche mengklaim telah mencoba langsung Hyundai Ioniq 5 N dan fitur transmisi buatan yang disematkan.
“Perspektif Porsche soal ini, kenapa kita harus membuat sesuatu jadi lebih buruk?” kata Lars Kern, tim driver pengembangan Porsche seperti dikutip Carscoops, Rabu (28/8).
Menurut Lars, mobil listrik sendiri sudah lebih unggul dibandingkan ICE (Internal Combustion Engine). Jadi simulasi transmisi justru merupakan kemunduran dan dianggap tidak memberi manfaat atau nilai tambah.
Sehingga sampai sekarang Porsche tidak berminat menambahkan fitur tersebut pada lini mobil listriknya.
“Saya tidak melihat manfaatnya membuat (mobil listrik) terasa seperti kendaraan konvensional, karena memang beda,” ujar Lars.
Sebagai informasi Hyundai Ioniq 5 N meluncur di GIIAS 2024 dengan estimasi harga Rp 1,3 miliar. Sama seperti Ioniq 5, model itu akan diproduksi dalam negeri.
Versi performa dari Ioniq 5 ini hadirkan tiga identitas utama yakni Corner Rascal, Racetrack Capability dan Everyday Sports Car.
Sehingga tidak hanya mampu melibas trek balap, Ioniq 5 N juga nyaman dipakai sebagai mobil untuk mobilitas sehar-hari.
Baterai yang dipakai berkapasitas lebih besar yakni 84 kWh, membuatnya dapat menghasilkan tenaga 641 dan torsi puncak 770 Nm.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
22 April 2025, 16:23 WIB
30 Maret 2025, 22:03 WIB
14 November 2024, 07:00 WIB
12 November 2024, 14:00 WIB
12 November 2024, 09:00 WIB
Terkini
16 Mei 2025, 09:00 WIB
Dinas Perhubungan bakal lakukan rekayasa lalu lintas di 34 titik saat akhir oekan karena ada acara balap lari
16 Mei 2025, 08:00 WIB
Proses pembangunan pabrik baterai EV yang bertempat di Cilegon tetap berlanjut meskipun hadapi masalah
16 Mei 2025, 07:00 WIB
Merek Tiongkok mulai ikut ramaikan pasar mobil hybrid di RI, BYD beri isyarat akan bawa teknologi baru
16 Mei 2025, 06:56 WIB
Masih ada dispensasi berlaku di SIM keliling Jakarta buat kartu yang kedaluwarsa saat libur Hari Raya Waisak
16 Mei 2025, 06:00 WIB
Pembatasan ganjil genap Jakarta kembali diselenggarakan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Ibu Kota
16 Mei 2025, 06:00 WIB
Jelang akhir pekan, para pengendara bisa memanfaatkan kehadiran SIM Keliling Bandung di dua lokasi berbeda
15 Mei 2025, 21:51 WIB
PHEV pertama dari PT CSI, Chery Tiggo 8 CSH resmi dijual hari ini dengan banderol mulai dari Rp 400 jutaan
15 Mei 2025, 21:00 WIB
TKDN Hyundai Kona Electric berhasil mencatatkan prestasi tersendiri karena sudah memiliki TDKN 80 persen