Ada DNA Cina di Balik Berbagai Merek Mobil di Dunia
02 Juni 2025, 11:24 WIB
Beri sensasi berkendara mobil konvensional, Porsche sebut transmisi buatan di mobil listrik tidak bermanfaat
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Beragam cara dilakukan oleh manufaktur otomotif dalam menarik minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik, seperti menyematkan transmisi buatan guna menambah sensasi seperti berkendara mobil bensin.
Hal ini dilakukan oleh Hyundai pada mobil performanya yakni Ioniq 5 N melalui fitur N e-Shift dan N Active Sound, memberikan suara knalpot artifisial pada kendaraan.
Singkatnya transmisi buatan itu diklaim dapat mengatur tenaga dan torsi dihasilkan Ioniq 5 N saat berkendara, menirukan sensasi pergantian gigi di mobil bensin.
Pihak Hyundai mengungkapkan penyematan transmisi buatan bukan untuk menambah performa tetapi sebatas membuat pengalaman berkendara jadi semakin menyenangkan.
Meski begitu, pabrikan ternama asal Jerman, Porsche mengatakan transmisi buatan pada mobil listrik tidak berguna. Terlebih menurut mereka saat ini Porsche masih menjual mobil konvensional.
Dalam satu kesempatan tim pengembangan mobil Porsche mengklaim telah mencoba langsung Hyundai Ioniq 5 N dan fitur transmisi buatan yang disematkan.
“Perspektif Porsche soal ini, kenapa kita harus membuat sesuatu jadi lebih buruk?” kata Lars Kern, tim driver pengembangan Porsche seperti dikutip Carscoops, Rabu (28/8).
Menurut Lars, mobil listrik sendiri sudah lebih unggul dibandingkan ICE (Internal Combustion Engine). Jadi simulasi transmisi justru merupakan kemunduran dan dianggap tidak memberi manfaat atau nilai tambah.
Sehingga sampai sekarang Porsche tidak berminat menambahkan fitur tersebut pada lini mobil listriknya.
“Saya tidak melihat manfaatnya membuat (mobil listrik) terasa seperti kendaraan konvensional, karena memang beda,” ujar Lars.
Sebagai informasi Hyundai Ioniq 5 N meluncur di GIIAS 2024 dengan estimasi harga Rp 1,3 miliar. Sama seperti Ioniq 5, model itu akan diproduksi dalam negeri.
Versi performa dari Ioniq 5 ini hadirkan tiga identitas utama yakni Corner Rascal, Racetrack Capability dan Everyday Sports Car.
Sehingga tidak hanya mampu melibas trek balap, Ioniq 5 N juga nyaman dipakai sebagai mobil untuk mobilitas sehar-hari.
Baterai yang dipakai berkapasitas lebih besar yakni 84 kWh, membuatnya dapat menghasilkan tenaga 641 dan torsi puncak 770 Nm.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
02 Juni 2025, 11:24 WIB
28 Mei 2025, 20:00 WIB
19 Mei 2025, 08:00 WIB
16 Mei 2025, 17:37 WIB
22 April 2025, 16:23 WIB
Terkini
18 Agustus 2025, 11:00 WIB
Mencuci helm premium ternyata tidak bisa sembarangan, terdapat beberapa perlakuan yang harus diperhatikan
18 Agustus 2025, 09:01 WIB
Wheelie Fun Bike ciptakan sepeda listrik dengan fungsi unik
18 Agustus 2025, 09:00 WIB
Harga mobil hybrid per Agustus 2025 relatif stabil, ada beberapa pendatang baru yang melantai di GIIAS 2025
18 Agustus 2025, 07:00 WIB
Penjualan Daihatsu Juli 2025 mengalami kenaikan hingga buat perusahaan jadi yang terlaris kedua di Indonesia
17 Agustus 2025, 20:00 WIB
Marc Marquez catatkan kemenangan ke-1.000 di Sirkuit Red Bull Ring, berikut hasil MotoGP Austria 2025
17 Agustus 2025, 17:00 WIB
Gaikindo berharap pemerintah beri insentif untuk industri otomotif agar tidak tersaingi oleh Malaysia
17 Agustus 2025, 15:00 WIB
Sepanjang Agustus 2025 ada diskon motor matic Honda yang dapat dimanfaatkan, seperti untuk pembelian Beat
17 Agustus 2025, 13:00 WIB
Jenis oli mobil yang dipasarkan di Indonesia beragam merek dan jenisnya sehingga konsumen wajib tahu