Masa Kejayaan Pabrikan Eropa Segera Berakhir, Tertekan Mobil Cina
10 September 2025, 16:00 WIB
Beri sensasi berkendara mobil konvensional, Porsche sebut transmisi buatan di mobil listrik tidak bermanfaat
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Beragam cara dilakukan oleh manufaktur otomotif dalam menarik minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik, seperti menyematkan transmisi buatan guna menambah sensasi seperti berkendara mobil bensin.
Hal ini dilakukan oleh Hyundai pada mobil performanya yakni Ioniq 5 N melalui fitur N e-Shift dan N Active Sound, memberikan suara knalpot artifisial pada kendaraan.
Singkatnya transmisi buatan itu diklaim dapat mengatur tenaga dan torsi dihasilkan Ioniq 5 N saat berkendara, menirukan sensasi pergantian gigi di mobil bensin.
Pihak Hyundai mengungkapkan penyematan transmisi buatan bukan untuk menambah performa tetapi sebatas membuat pengalaman berkendara jadi semakin menyenangkan.
Meski begitu, pabrikan ternama asal Jerman, Porsche mengatakan transmisi buatan pada mobil listrik tidak berguna. Terlebih menurut mereka saat ini Porsche masih menjual mobil konvensional.
Dalam satu kesempatan tim pengembangan mobil Porsche mengklaim telah mencoba langsung Hyundai Ioniq 5 N dan fitur transmisi buatan yang disematkan.
“Perspektif Porsche soal ini, kenapa kita harus membuat sesuatu jadi lebih buruk?” kata Lars Kern, tim driver pengembangan Porsche seperti dikutip Carscoops, Rabu (28/8).
Menurut Lars, mobil listrik sendiri sudah lebih unggul dibandingkan ICE (Internal Combustion Engine). Jadi simulasi transmisi justru merupakan kemunduran dan dianggap tidak memberi manfaat atau nilai tambah.
Sehingga sampai sekarang Porsche tidak berminat menambahkan fitur tersebut pada lini mobil listriknya.
“Saya tidak melihat manfaatnya membuat (mobil listrik) terasa seperti kendaraan konvensional, karena memang beda,” ujar Lars.
Sebagai informasi Hyundai Ioniq 5 N meluncur di GIIAS 2024 dengan estimasi harga Rp 1,3 miliar. Sama seperti Ioniq 5, model itu akan diproduksi dalam negeri.
Versi performa dari Ioniq 5 ini hadirkan tiga identitas utama yakni Corner Rascal, Racetrack Capability dan Everyday Sports Car.
Sehingga tidak hanya mampu melibas trek balap, Ioniq 5 N juga nyaman dipakai sebagai mobil untuk mobilitas sehar-hari.
Baterai yang dipakai berkapasitas lebih besar yakni 84 kWh, membuatnya dapat menghasilkan tenaga 641 dan torsi puncak 770 Nm.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
10 September 2025, 16:00 WIB
01 September 2025, 15:46 WIB
22 Agustus 2025, 09:00 WIB
02 Juni 2025, 11:24 WIB
28 Mei 2025, 20:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 11:00 WIB
GIIAS Bandung 2025 memberikan kemudahan untuk masyarakat Jawa Barat yang ingin membeli mobil atau motor baru
02 Oktober 2025, 10:00 WIB
Federal mengaku tidak merasa dampak dari lesunya pasar motor baru yang sedang terjadi dalam beberapa waktu
02 Oktober 2025, 09:00 WIB
Mayoritas merek tidak melakukan penyesuaian, berikut daftar harga mobil listrik di RI per Oktober 2025
02 Oktober 2025, 08:00 WIB
Honda hadirkan seluruh line up mobil hybrid di GIIAS 2025 termasuk Step Wgn yang baru meluncur di Indonesia
02 Oktober 2025, 07:00 WIB
Vivo dan BP batal beli BBM dari Pertamina karena adanya kandungan etanol pada base feul BBM yang ditawarkan
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Ada persyaratan dokumen yang perlu disiapkan oleh pemohon jika ingin memanfaatkan SIM keliling Jakarta
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 2 Oktober 2025 bakal diawasi ketat menggunakan kamera ETLE di berbagai lokasi utama
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Pasar Modern Batununggal menjadi salah satu lokasi SIM keliling Bandung yang beroperasi untuk melayani warga