Ada DNA Cina di Balik Berbagai Merek Mobil di Dunia
02 Juni 2025, 11:24 WIB
Beri sensasi berkendara mobil konvensional, Porsche sebut transmisi buatan di mobil listrik tidak bermanfaat
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Beragam cara dilakukan oleh manufaktur otomotif dalam menarik minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik, seperti menyematkan transmisi buatan guna menambah sensasi seperti berkendara mobil bensin.
Hal ini dilakukan oleh Hyundai pada mobil performanya yakni Ioniq 5 N melalui fitur N e-Shift dan N Active Sound, memberikan suara knalpot artifisial pada kendaraan.
Singkatnya transmisi buatan itu diklaim dapat mengatur tenaga dan torsi dihasilkan Ioniq 5 N saat berkendara, menirukan sensasi pergantian gigi di mobil bensin.
Pihak Hyundai mengungkapkan penyematan transmisi buatan bukan untuk menambah performa tetapi sebatas membuat pengalaman berkendara jadi semakin menyenangkan.
Meski begitu, pabrikan ternama asal Jerman, Porsche mengatakan transmisi buatan pada mobil listrik tidak berguna. Terlebih menurut mereka saat ini Porsche masih menjual mobil konvensional.
Dalam satu kesempatan tim pengembangan mobil Porsche mengklaim telah mencoba langsung Hyundai Ioniq 5 N dan fitur transmisi buatan yang disematkan.
“Perspektif Porsche soal ini, kenapa kita harus membuat sesuatu jadi lebih buruk?” kata Lars Kern, tim driver pengembangan Porsche seperti dikutip Carscoops, Rabu (28/8).
Menurut Lars, mobil listrik sendiri sudah lebih unggul dibandingkan ICE (Internal Combustion Engine). Jadi simulasi transmisi justru merupakan kemunduran dan dianggap tidak memberi manfaat atau nilai tambah.
Sehingga sampai sekarang Porsche tidak berminat menambahkan fitur tersebut pada lini mobil listriknya.
“Saya tidak melihat manfaatnya membuat (mobil listrik) terasa seperti kendaraan konvensional, karena memang beda,” ujar Lars.
Sebagai informasi Hyundai Ioniq 5 N meluncur di GIIAS 2024 dengan estimasi harga Rp 1,3 miliar. Sama seperti Ioniq 5, model itu akan diproduksi dalam negeri.
Versi performa dari Ioniq 5 ini hadirkan tiga identitas utama yakni Corner Rascal, Racetrack Capability dan Everyday Sports Car.
Sehingga tidak hanya mampu melibas trek balap, Ioniq 5 N juga nyaman dipakai sebagai mobil untuk mobilitas sehar-hari.
Baterai yang dipakai berkapasitas lebih besar yakni 84 kWh, membuatnya dapat menghasilkan tenaga 641 dan torsi puncak 770 Nm.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
02 Juni 2025, 11:24 WIB
28 Mei 2025, 20:00 WIB
19 Mei 2025, 08:00 WIB
16 Mei 2025, 17:37 WIB
22 April 2025, 16:23 WIB
Terkini
02 Juli 2025, 19:00 WIB
Berkat penampilan apiknya musim ini Marc Marquez diprediksi semakin dekat jadi juara dunia MotoGP 2025
02 Juli 2025, 18:00 WIB
Satu desain mobil yang diduga merupakan BYD Sealion 05 EV terdaftar di Indonesia, calon pesaing Neta X
02 Juli 2025, 17:00 WIB
Tidak hanya insentif, kemudahan akses infrastruktur juga jadi daya tarik agar orang beralih ke motor listrik
02 Juli 2025, 16:24 WIB
Harga tiket MotoGP Mandalika dan Malaysia 2025 memiliki perbedaan yang cukup mencolok di beberapa kelas
02 Juli 2025, 14:00 WIB
Bantu hilirisasi nikel, peneliti nilai pemerintah perlu lebih mendukung produsen mobil listrik baterai nikel
02 Juli 2025, 13:00 WIB
Subsidi motor listrik dikabarkan sudah semakin dekat untuk dikuncurkan oleh pemerintah ungkap Wamenperin
02 Juli 2025, 12:00 WIB
Aspal Sirkuit Sepang sudah diperbaiki untuk menyambut MotoGP Malaysia 2025 yang diselenggarakan Oktober
02 Juli 2025, 11:00 WIB
Pengolahan limbah baterai mobil listrik disebut menjadi tanggung jawab produsen didukung regulasi pemerintah