Modal Mazda MX-30 Lawan EV China di Indonesia
18 November 2024, 17:00 WIB
Penjualan Mazda 2023 di Indonesia mengalami kenaikan signifikan karena ditawarkan dengan diskon dan promo
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Penjualan Mazda 2023 di Indonesia meningkat hingga menyentuh angka 5.320 unit. Jumlah ini naik 36.8 persen dibandingkan perolehan 2022 lalu yang mencatatkan angka 3.888 unit.
Bahkan jika dibandingkan dengan 2020 angka penjualannya meningkat 100 persen. Pasalnya di tahun pandemi itu Mazda hanya bisa mengirim 2.660 unit
Tingginya angka penjualan tidak lepas dari banyaknya promo yang ditawarkan oleh para sales. Mereka bahkan tidak ragu untuk memberikan diskon hingga puluhan juta rupiah agar pelanggan tertarik.
Mazda CX-5 misalnya sempat dijual dengan diskon sebesar Rp25 juta. Sejumlah keringanan diberikan seperti DP ringan hingga tenor panjang juga diyakini berhasil memudahkan pelanggan mendapatkan unit.
Pabrikan asal Jepang itu pun menghadirkan Mymazda Sevice agar pengalaman kepemilikian semakin positif. Berkat fasilitas ini maka pemilik berhak atas jasa perawatan dan suku cadang gratis di bengkel resmi selama 3 tahun.
Tak mengherankan bila mereka mendapatkan angka penjualan terbesar sejak era pandemi.
“Sepanjang tahun 2023 kami juga berpartisipasi dalam pameran otomotif seperti GIIAS dan JAW 2023,” Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia).
Namun prestasi terbaik Mazda tersebut belum bisa menandingi catatan pabrikan lain yang juga mengimpor kendaraannya secara utuh. Pabrikan asal Jepang ini hanya dapat duduk di posisi keempat pengimpor mobil di bawah Toyota, Mitsubishi Motors dan Suzuki.
Pada peringkat pertama ada Toyota yang wholesales kendaraan impor di 2023 berhasil mencatatkan angka sebesar 35.787 unit. Sedangkan diperingkat kedua ada Mitsubishi Motors dengan jumlah 12.670 unit.
Sementara Suzuki yang selama ini mengandalkan kendaraan lokal rupanya juga mencatatkan hasil besar yaitu 11.195 unit. Selisih tersebut terbilang jauh karena pada 2023 Mazda telah meluncurkan beberapa produk termasuk CX-60 untuk segmen SUV premium.
Pada 2024 Mazda Indonesia berencana meluncurkan produk baru agar dapat menarik pelanggan. Mereka menegaskan akan meluncurkan beberapa mobil elektrifikasi guna memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat.
“Kami akan menghadirkan sejumlah produk baru pada kategori segmen Medium SUV, Medium SUV (BEV), Large Premium SUV (PHEV) dan Large Premium SUV (MHEV),” ungkap Ricky Thio dalam keterangan resminya.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
18 November 2024, 17:00 WIB
15 November 2024, 09:00 WIB
14 November 2024, 22:00 WIB
13 November 2024, 11:00 WIB
13 November 2024, 08:00 WIB
Terkini
20 November 2024, 12:41 WIB
SUV kompak bertenaga listrik Kia EV3 akan dibawa di GJAW 2024 mengisi seri elektrifikasi PT KIA di tanah air
20 November 2024, 11:00 WIB
Toyota Motor Manufacturing Indonesia mengakui bahwa biaya produksi mobil akan meningkat karena kenaikan PPN
20 November 2024, 10:00 WIB
Terdapat sejumlah syarat serta prosuder yang harus dipenuhi ketika ingin mengurus BPKB pada motor bekas
20 November 2024, 09:00 WIB
Toyota mengaku tengah menyusun beragam strategi guna menghadapi kenaikan PPN 12 persen di awal tahun depan
20 November 2024, 08:00 WIB
Pemerintah memberikan kelonggaran untuk aturan terkait insentif impor mobil listrik, berikut rinciannya
20 November 2024, 07:00 WIB
Aion V siap diperkenalkan di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 yang diselenggarakan akhir pekan ini
20 November 2024, 06:00 WIB
Para pengendara bisa memanfaatkan kehadiran SIM Keliling Jakarta milik Polda Metro Jaya pada hari ini
20 November 2024, 06:00 WIB
Pembatasan ganjil genap Jakarta 20 November 2024 kini diawasi oleh kamera ETLE guna memudahkan para petugas