Spesifikasi Mazda EZ-60, Calon Rival bZ4X di Indonesia
20 Oktober 2025, 14:00 WIB
Penjualan Mazda 2023 di Indonesia mengalami kenaikan signifikan karena ditawarkan dengan diskon dan promo
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Penjualan Mazda 2023 di Indonesia meningkat hingga menyentuh angka 5.320 unit. Jumlah ini naik 36.8 persen dibandingkan perolehan 2022 lalu yang mencatatkan angka 3.888 unit.
Bahkan jika dibandingkan dengan 2020 angka penjualannya meningkat 100 persen. Pasalnya di tahun pandemi itu Mazda hanya bisa mengirim 2.660 unit
Tingginya angka penjualan tidak lepas dari banyaknya promo yang ditawarkan oleh para sales. Mereka bahkan tidak ragu untuk memberikan diskon hingga puluhan juta rupiah agar pelanggan tertarik.
Mazda CX-5 misalnya sempat dijual dengan diskon sebesar Rp25 juta. Sejumlah keringanan diberikan seperti DP ringan hingga tenor panjang juga diyakini berhasil memudahkan pelanggan mendapatkan unit.
Pabrikan asal Jepang itu pun menghadirkan Mymazda Sevice agar pengalaman kepemilikian semakin positif. Berkat fasilitas ini maka pemilik berhak atas jasa perawatan dan suku cadang gratis di bengkel resmi selama 3 tahun.
Tak mengherankan bila mereka mendapatkan angka penjualan terbesar sejak era pandemi.
“Sepanjang tahun 2023 kami juga berpartisipasi dalam pameran otomotif seperti GIIAS dan JAW 2023,” Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia).
Namun prestasi terbaik Mazda tersebut belum bisa menandingi catatan pabrikan lain yang juga mengimpor kendaraannya secara utuh. Pabrikan asal Jepang ini hanya dapat duduk di posisi keempat pengimpor mobil di bawah Toyota, Mitsubishi Motors dan Suzuki.
Pada peringkat pertama ada Toyota yang wholesales kendaraan impor di 2023 berhasil mencatatkan angka sebesar 35.787 unit. Sedangkan diperingkat kedua ada Mitsubishi Motors dengan jumlah 12.670 unit.
Sementara Suzuki yang selama ini mengandalkan kendaraan lokal rupanya juga mencatatkan hasil besar yaitu 11.195 unit. Selisih tersebut terbilang jauh karena pada 2023 Mazda telah meluncurkan beberapa produk termasuk CX-60 untuk segmen SUV premium.
Pada 2024 Mazda Indonesia berencana meluncurkan produk baru agar dapat menarik pelanggan. Mereka menegaskan akan meluncurkan beberapa mobil elektrifikasi guna memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat.
“Kami akan menghadirkan sejumlah produk baru pada kategori segmen Medium SUV, Medium SUV (BEV), Large Premium SUV (PHEV) dan Large Premium SUV (MHEV),” ungkap Ricky Thio dalam keterangan resminya.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
20 Oktober 2025, 14:00 WIB
19 Oktober 2025, 17:00 WIB
18 Oktober 2025, 17:00 WIB
14 Oktober 2025, 21:00 WIB
13 Oktober 2025, 16:00 WIB
Terkini
17 November 2025, 17:10 WIB
IMX LA Car Meet Up sukses digelar di KJRI Los Angeles dan menyedot banyak perhatian pencinta otomotif
17 November 2025, 16:00 WIB
HMC 2025 menghadirkan karya-karya yang lebih kreatif dalam hal ide modifikasi dan selaras dengan tema
17 November 2025, 15:00 WIB
Distribusi dari pabrik ke diler atau wholesales LSUV tunjukkan capaian positif, sejumlah model alami kenaikan
17 November 2025, 14:00 WIB
Kemenperin tengah memfinalkan usulan kebijakan insentif untuk menyelamatkan industri otomotif di dalam negeri
17 November 2025, 13:00 WIB
Mobil listrik Honda Super One mulai dites jalan sebagai persiapan sebelum dijual di Indonesia tahun depan
17 November 2025, 12:00 WIB
Duo Marquez bersaudara mampu mendominasi papan atas klasemen akhir MotoGP 2025 setelah tampil sangat impresif
17 November 2025, 11:00 WIB
Mitsubishi Fuso nilai wacana uji kir di bengkel resmi bisa memudahkan pelanggan dalam menjalankan kewajibannya
17 November 2025, 10:00 WIB
Ajang Honda Modif Contest 2025 berhasil menemukan karya ciamik sepeda motor yang terus-menerus berkembang