Mazda Berkolaborasi dengan Oaken, Siap Manjakan Konsumen
03 Agustus 2025, 18:08 WIB
Penjualan Mazda 2023 di Indonesia mengalami kenaikan signifikan karena ditawarkan dengan diskon dan promo
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Penjualan Mazda 2023 di Indonesia meningkat hingga menyentuh angka 5.320 unit. Jumlah ini naik 36.8 persen dibandingkan perolehan 2022 lalu yang mencatatkan angka 3.888 unit.
Bahkan jika dibandingkan dengan 2020 angka penjualannya meningkat 100 persen. Pasalnya di tahun pandemi itu Mazda hanya bisa mengirim 2.660 unit
Tingginya angka penjualan tidak lepas dari banyaknya promo yang ditawarkan oleh para sales. Mereka bahkan tidak ragu untuk memberikan diskon hingga puluhan juta rupiah agar pelanggan tertarik.
Mazda CX-5 misalnya sempat dijual dengan diskon sebesar Rp25 juta. Sejumlah keringanan diberikan seperti DP ringan hingga tenor panjang juga diyakini berhasil memudahkan pelanggan mendapatkan unit.
Pabrikan asal Jepang itu pun menghadirkan Mymazda Sevice agar pengalaman kepemilikian semakin positif. Berkat fasilitas ini maka pemilik berhak atas jasa perawatan dan suku cadang gratis di bengkel resmi selama 3 tahun.
Tak mengherankan bila mereka mendapatkan angka penjualan terbesar sejak era pandemi.
“Sepanjang tahun 2023 kami juga berpartisipasi dalam pameran otomotif seperti GIIAS dan JAW 2023,” Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia).
Namun prestasi terbaik Mazda tersebut belum bisa menandingi catatan pabrikan lain yang juga mengimpor kendaraannya secara utuh. Pabrikan asal Jepang ini hanya dapat duduk di posisi keempat pengimpor mobil di bawah Toyota, Mitsubishi Motors dan Suzuki.
Pada peringkat pertama ada Toyota yang wholesales kendaraan impor di 2023 berhasil mencatatkan angka sebesar 35.787 unit. Sedangkan diperingkat kedua ada Mitsubishi Motors dengan jumlah 12.670 unit.
Sementara Suzuki yang selama ini mengandalkan kendaraan lokal rupanya juga mencatatkan hasil besar yaitu 11.195 unit. Selisih tersebut terbilang jauh karena pada 2023 Mazda telah meluncurkan beberapa produk termasuk CX-60 untuk segmen SUV premium.
Pada 2024 Mazda Indonesia berencana meluncurkan produk baru agar dapat menarik pelanggan. Mereka menegaskan akan meluncurkan beberapa mobil elektrifikasi guna memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat.
“Kami akan menghadirkan sejumlah produk baru pada kategori segmen Medium SUV, Medium SUV (BEV), Large Premium SUV (PHEV) dan Large Premium SUV (MHEV),” ungkap Ricky Thio dalam keterangan resminya.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
03 Agustus 2025, 18:08 WIB
28 Juli 2025, 20:00 WIB
25 Juli 2025, 11:00 WIB
24 Juli 2025, 09:00 WIB
22 Juli 2025, 12:00 WIB
Terkini
18 Agustus 2025, 09:01 WIB
Wheelie Fun Bike ciptakan sepeda listrik dengan fungsi unik
18 Agustus 2025, 09:00 WIB
Harga mobil hybrid per Agustus 2025 relatif stabil, ada beberapa pendatang baru yang melantai di GIIAS 2025
18 Agustus 2025, 07:00 WIB
Penjualan Daihatsu Juli 2025 mengalami kenaikan hingga buat perusahaan jadi yang terlaris kedua di Indonesia
17 Agustus 2025, 20:00 WIB
Marc Marquez catatkan kemenangan ke-1.000 di Sirkuit Red Bull Ring, berikut hasil MotoGP Austria 2025
17 Agustus 2025, 17:00 WIB
Gaikindo berharap pemerintah beri insentif untuk industri otomotif agar tidak tersaingi oleh Malaysia
17 Agustus 2025, 15:00 WIB
Sepanjang Agustus 2025 ada diskon motor matic Honda yang dapat dimanfaatkan, seperti untuk pembelian Beat
17 Agustus 2025, 13:00 WIB
Jenis oli mobil yang dipasarkan di Indonesia beragam merek dan jenisnya sehingga konsumen wajib tahu
17 Agustus 2025, 11:00 WIB
Para bengkel modifikasi mengaku sekarang situasinya sangat sulit saat pasar motor baru di Indonesia lesu