Mazda EZ-60 Bakal Diluncurkan Tahun Depan Gantikan MX-30
01 Juli 2025, 11:00 WIB
Penjualan Mazda 2023 di Indonesia mengalami kenaikan signifikan karena ditawarkan dengan diskon dan promo
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Penjualan Mazda 2023 di Indonesia meningkat hingga menyentuh angka 5.320 unit. Jumlah ini naik 36.8 persen dibandingkan perolehan 2022 lalu yang mencatatkan angka 3.888 unit.
Bahkan jika dibandingkan dengan 2020 angka penjualannya meningkat 100 persen. Pasalnya di tahun pandemi itu Mazda hanya bisa mengirim 2.660 unit
Tingginya angka penjualan tidak lepas dari banyaknya promo yang ditawarkan oleh para sales. Mereka bahkan tidak ragu untuk memberikan diskon hingga puluhan juta rupiah agar pelanggan tertarik.
Mazda CX-5 misalnya sempat dijual dengan diskon sebesar Rp25 juta. Sejumlah keringanan diberikan seperti DP ringan hingga tenor panjang juga diyakini berhasil memudahkan pelanggan mendapatkan unit.
Pabrikan asal Jepang itu pun menghadirkan Mymazda Sevice agar pengalaman kepemilikian semakin positif. Berkat fasilitas ini maka pemilik berhak atas jasa perawatan dan suku cadang gratis di bengkel resmi selama 3 tahun.
Tak mengherankan bila mereka mendapatkan angka penjualan terbesar sejak era pandemi.
“Sepanjang tahun 2023 kami juga berpartisipasi dalam pameran otomotif seperti GIIAS dan JAW 2023,” Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia).
Namun prestasi terbaik Mazda tersebut belum bisa menandingi catatan pabrikan lain yang juga mengimpor kendaraannya secara utuh. Pabrikan asal Jepang ini hanya dapat duduk di posisi keempat pengimpor mobil di bawah Toyota, Mitsubishi Motors dan Suzuki.
Pada peringkat pertama ada Toyota yang wholesales kendaraan impor di 2023 berhasil mencatatkan angka sebesar 35.787 unit. Sedangkan diperingkat kedua ada Mitsubishi Motors dengan jumlah 12.670 unit.
Sementara Suzuki yang selama ini mengandalkan kendaraan lokal rupanya juga mencatatkan hasil besar yaitu 11.195 unit. Selisih tersebut terbilang jauh karena pada 2023 Mazda telah meluncurkan beberapa produk termasuk CX-60 untuk segmen SUV premium.
Pada 2024 Mazda Indonesia berencana meluncurkan produk baru agar dapat menarik pelanggan. Mereka menegaskan akan meluncurkan beberapa mobil elektrifikasi guna memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat.
“Kami akan menghadirkan sejumlah produk baru pada kategori segmen Medium SUV, Medium SUV (BEV), Large Premium SUV (PHEV) dan Large Premium SUV (MHEV),” ungkap Ricky Thio dalam keterangan resminya.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
01 Juli 2025, 11:00 WIB
01 Juli 2025, 09:00 WIB
30 Juni 2025, 20:00 WIB
30 Juni 2025, 17:00 WIB
05 Juni 2025, 13:06 WIB
Terkini
03 Juli 2025, 16:00 WIB
Kemenko Infra mengaku tengah menyiapkan aturan tarif atas dan bawah sopir logistik demi berantas truk ODOL
03 Juli 2025, 15:00 WIB
BYD Sealion 05 EV terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan berpeluang hadir di GIIAS 2025
03 Juli 2025, 14:00 WIB
Karoseri Laksana mengirimkan satu bus ke Sri Lanka untuk digunakan kegiatan pariwisata serta antarkota
03 Juli 2025, 13:00 WIB
Suzuki Fronx punya modal untuk disukai konsumen Indonesia lewat proporsi eksterior dan desain, kenyamanan juga mesin yang hemat
03 Juli 2025, 12:00 WIB
Diler motor Honda di Kota Bandung menawarkan CUV e: dengan harga yang menarik dan berlaku selama Juli 2025
03 Juli 2025, 11:08 WIB
Petronas Sepang International Circuit bakal dukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2025 dengan mengirim tenaga ahli
03 Juli 2025, 09:00 WIB
KatadataOTO merangkum daftar lengkap harga mobil listrik Juli 2025 yang berstatus on the road Jakarta
03 Juli 2025, 08:00 WIB
Pengusaha audio kendaraan roda empat merasakan dampak dari lesunya penjualan mobil baru yang ada di Indonesia