Mitsubishi Xforce Punya Fitur Drive Mode Wet, Simak Fungsinya
17 Desember 2025, 08:00 WIB
Disebut lebih punya benefit di dunia motorsport, Mitsubishi XForce berpotensi turun balap seperti XPander AP4 yang telah berpresta
Oleh Arie Prasetya
TRENOTO – Beberapa tahun lalu atau bertepatan dengan gencarnya pemasaran Mitsubishi Xpander, tiba-tiba PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melansir versi balapnya bernama AP4. Adalah Rifat Sungkar pereli nasional sekaligus brand ambasador Mitsubishi yang membidani kelahiran versi balap dari kendaraan keluarga alias low MPV Mitsubishi.
Xpander AP4 sendiri dikembangkan oleh Tim Ralliart New Zealand dibuat dengan spesifikasi AP4 yang pada dasarnya merupakan versi Australia dari kategori R5 FIA. Dilengkapi mesin turbo 1.6 liter dengan kisaran tenaga 300-340 hp dan rata-rata akselerasi 0-100 km/jam 4.5-4.7 detik.
Menurut Rifat, AP4 sendiri merupakan mobil hasil sharing platform dengan Xpander tapi mendapat sentuhan lebih lanjut dan telah berhasil menyelesaikan misi utamanya. Terbukti beragam prestasi telah diraih oleh Xpander AP4 serta sudah disebut Rifat saat ini sudah selesai tugasnya.
"Beberapa tahun lalu kita jalan pakai sebuah mobil yang benar-benar mission imposible tapi finally posible. Saat ini tugasnya Xpander AP4 sudah selesai dan telah menjadi juara nasional sprint rally 2021 serta rally nasional 2022," jelas Rifat disela-sela penyerahan 45 unit pertama XForce di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (19/11/2023).
Ketika ditanya mengenai peluang XForce untuk bisa mengikuti jejalk XPander AP4 di balap nasional, Rifat mengakui peluang tersebut terbuka. Ia berharap bisa disetujui oleh pihak Mitsubishi karena XForce memiliki modal yang lebih potensial dari Xpander untuk terjun ke dunia balap.
"Saat ini Mitsubishi tidak pernah berhenti berkembang, melakukan sesuatu serta melihat potensi dari XForce memang luar biasa berkembang jauh dibanding Xpander yang kita kenal sejak 2017. Penyempurnaan dari sasis hebat, kabin rigidity juga hebat dan dari sisi saya, dari sisi mekanikal serta konstruksi, mobil ini plus poin yang lebih lagi," kata Rifat.
Rifat menambahkan dibanding Xpander 7 seater, XForce dengan 5 seater memiliki lebih banyak potensi jika dilihat dari kacamata dunia motorsport. Jadi tentu memiliki benefit lebih dibandingkan Xpander AP4.
Sampai berita ini dibuat memang belum ada titik terang apakah XForce akan turun di dunia balap nasional dalam waktu dekat.
"Mudah-mudah tahun depan kita bisa mewujudkannya. Mudah-mudahan dapat apporval dari pihak Mitsubishi," harap Rifat.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
17 Desember 2025, 08:00 WIB
14 Desember 2025, 22:00 WIB
14 Desember 2025, 09:00 WIB
08 Desember 2025, 13:00 WIB
05 Desember 2025, 11:00 WIB
Terkini
23 Desember 2025, 16:27 WIB
Puncak acara Feders Gathering yang digelar oleh Federal Oil berakhir meriah diramaikan komunitas motor matic
23 Desember 2025, 15:00 WIB
Sayang pihak YIMM enggan menjelaskan lebih jauh alasan mengapa Yamaha Vixion R sudah discontinue di 2025
23 Desember 2025, 14:00 WIB
Amerika Serikat dan Eropa tak lagi jadi negara dengan adopsi mobil listrik terbanyak secara global di 2025
23 Desember 2025, 13:00 WIB
Angka penjualan Audi tertinggal jauh dari para kompetitor lain di segmen premium seperti BMW dan Mercedes
23 Desember 2025, 12:00 WIB
Terus tumbuh, mobil listrik dikatakan masih memiliki potensi besar untuk berkembang pada tahun depan
23 Desember 2025, 11:00 WIB
Chery J6 bernama The Helios ini menggendong panel surya serta baterai tambahan dengan kapasitas 10,2 kWh
23 Desember 2025, 10:00 WIB
Instruktur menyarankan pakai mobil berpenggerak 4WD untuk offroad, ada dua model disarankan buat pemula
23 Desember 2025, 09:00 WIB
Truk Cina yang ada di Indonesia disebut hanya mengadopsi standar emisi Euro 2 dan tak mengikuti uji laik jalan