Mitsubishi Xforce Punya Fitur Drive Mode Wet, Simak Fungsinya
17 Desember 2025, 08:00 WIB
Disebut lebih punya benefit di dunia motorsport, Mitsubishi XForce berpotensi turun balap seperti XPander AP4 yang telah berpresta
Oleh Arie Prasetya
TRENOTO – Beberapa tahun lalu atau bertepatan dengan gencarnya pemasaran Mitsubishi Xpander, tiba-tiba PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melansir versi balapnya bernama AP4. Adalah Rifat Sungkar pereli nasional sekaligus brand ambasador Mitsubishi yang membidani kelahiran versi balap dari kendaraan keluarga alias low MPV Mitsubishi.
Xpander AP4 sendiri dikembangkan oleh Tim Ralliart New Zealand dibuat dengan spesifikasi AP4 yang pada dasarnya merupakan versi Australia dari kategori R5 FIA. Dilengkapi mesin turbo 1.6 liter dengan kisaran tenaga 300-340 hp dan rata-rata akselerasi 0-100 km/jam 4.5-4.7 detik.
Menurut Rifat, AP4 sendiri merupakan mobil hasil sharing platform dengan Xpander tapi mendapat sentuhan lebih lanjut dan telah berhasil menyelesaikan misi utamanya. Terbukti beragam prestasi telah diraih oleh Xpander AP4 serta sudah disebut Rifat saat ini sudah selesai tugasnya.
"Beberapa tahun lalu kita jalan pakai sebuah mobil yang benar-benar mission imposible tapi finally posible. Saat ini tugasnya Xpander AP4 sudah selesai dan telah menjadi juara nasional sprint rally 2021 serta rally nasional 2022," jelas Rifat disela-sela penyerahan 45 unit pertama XForce di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (19/11/2023).
Ketika ditanya mengenai peluang XForce untuk bisa mengikuti jejalk XPander AP4 di balap nasional, Rifat mengakui peluang tersebut terbuka. Ia berharap bisa disetujui oleh pihak Mitsubishi karena XForce memiliki modal yang lebih potensial dari Xpander untuk terjun ke dunia balap.
"Saat ini Mitsubishi tidak pernah berhenti berkembang, melakukan sesuatu serta melihat potensi dari XForce memang luar biasa berkembang jauh dibanding Xpander yang kita kenal sejak 2017. Penyempurnaan dari sasis hebat, kabin rigidity juga hebat dan dari sisi saya, dari sisi mekanikal serta konstruksi, mobil ini plus poin yang lebih lagi," kata Rifat.
Rifat menambahkan dibanding Xpander 7 seater, XForce dengan 5 seater memiliki lebih banyak potensi jika dilihat dari kacamata dunia motorsport. Jadi tentu memiliki benefit lebih dibandingkan Xpander AP4.
Sampai berita ini dibuat memang belum ada titik terang apakah XForce akan turun di dunia balap nasional dalam waktu dekat.
"Mudah-mudah tahun depan kita bisa mewujudkannya. Mudah-mudahan dapat apporval dari pihak Mitsubishi," harap Rifat.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
17 Desember 2025, 08:00 WIB
14 Desember 2025, 22:00 WIB
14 Desember 2025, 09:00 WIB
08 Desember 2025, 13:00 WIB
05 Desember 2025, 11:00 WIB
Terkini
18 Desember 2025, 20:00 WIB
Regulasi desain door handle atau gagang pintu EV akan diperketat di Cina, persulit evakuasi saat kecelakaan
18 Desember 2025, 19:00 WIB
Penyelenggaraan F4 di Sirkuit Mandalika menjadi kesempatan para pembalap serta tim Indonesia buat berkembang
18 Desember 2025, 18:00 WIB
Volkswagen resmi menutup pabrik di Jerman untuk pertama kalinya, alami kerugian dan banyak tantangan
18 Desember 2025, 17:07 WIB
Menggunakan oli palsu bisa merusak berbagai komponen mesin motor, sehingga berujung merugikan konsumen
18 Desember 2025, 16:00 WIB
Gaikindo memberikan banyak masukan kepada pemerintah agar penjualan mobil baru pada 2026 bisa kembali pulih
18 Desember 2025, 15:00 WIB
Operasional angkutan barang mulai dari Palembang sampai Banyuwangi dibatasi selama libur Nataru 2025-2026
18 Desember 2025, 14:00 WIB
Beragam motor baru meramaikan pasar pada 2025, seperti yang mencuri perhatian new Honda Vario dan Satria Pro
18 Desember 2025, 13:00 WIB
MG S5 EV siap meluncur kuartal pertama 2026 disusul oleh sejumlah model lain untuk garap pasar Tanah Air