3 Suzuki Ertiga Hybrid Bekas Lansiran 2024, Cicilan Mulai Rp 5 Jutaan
27 September 2025, 07:00 WIB
Suzuki Fronx bakal dipasarkan dalam dua opsi mesin di Indonesia, masing-masing menawarkan kelebihan sendiri
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Kehadiran Suzuki Fronx di Indonesia sudah dapat dipastikan. Mobil ini akan mengaspal dalam waktu dekat.
Jenama asal Jepang tersebut bakal menghadirkan Suzuki Fronx dalam tiga pilihan, sehingga konsumen bisa memilih sesuai kebutuhan.
“Di Indonesia kita akan meluncurkan tiga varian, yaitu GL, GX serta SGX,” ungkap Arif Aditya, Head of Product and Accessories Development SIS (Suzuki Indomobil Sales) di Karawang, Jawa Barat.
Sementara untuk urusan dapur pacu, Adit menjelaskan kalau mobil baru Suzuki ini dibekali dengan dua opsi mesin.
Pertama ada jantung mekanis berkode K15C berkubikasi 1.462 cc, empat silinder. Diklaim mempunyai tenaga maksimal 99,2 hp dengan torsi puncak 135 Nm.
Khusus mesin tersebut Suzuki mengklaim mampu menghadirkan efisiensi bahan bakar ketika digunakan oleh pemilik.
Pasalnya dipadukan dengan sistem mild hybrid yang diberi nama SHVS (Suzuki Hybrid Vehicle by Suzuki). Terdiri dari integrated Starter Generator serta baterai Lithium ION.
“Pengemudi dapat merasakan sensasi berkendara yang sporti dan dinamis. Selain itu saat berkendara dalam kecepatan tinggi, transmisi efisien berkontribusi pada penghematan bahan bakar,” ucap Yuji Morita, Chief Engineer Automobile Line B&C Segment Div. Produk Planning Suzuki Motor Corporation.
Kedua Suzuki Fronx menggendong dapur pacu K15B seperti milik Ertiga, XL7 sampai Jimny. Tetap berkapasitas 1.462 cc serta empat silinder.
Akan tetapi jantung mekanis ini mempunyai daya lebih besar dari K15C, yakni mencapai 103 hp. Lalu torsi puncaknya menyentuh 138 Nm.
Mesin K15B tersedia untuk tipe terendah, yaitu GL. Kemudian Dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan (AT).
Sedangkan K15C tersedia untuk tipe GX maupun SGX. Buat pilihan transmisi, hanya tersedia otomatis enam percepatan.
Sekadar mengingatkan mesin Suzuki Fronx di Indonesia lebih besar ketimbang di negara lain. Seperti di India hanya berkapasitas 1.200 cc dan 1.000 cc turbo.
Morita menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena mereka ingin menyesuaikan kondisi jalan sampai lalu lintas di Tanah Air. Sehingga dapat memanjakan para konsumen.
“Agar akselerasi itu bisa lebih maksimal serta secara perhitungan dari tim SMC, bahwa dengan mesin 1.500 cc fuel consumption-nya lebih baik,” tambah Morita.
Patut diketahui, menurut kabar beredar Suzuki Fronx akan resmi diluncurkan di dalam negeri pada akhir Mei 2025.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
27 September 2025, 07:00 WIB
24 September 2025, 15:21 WIB
24 September 2025, 10:00 WIB
23 September 2025, 13:00 WIB
22 September 2025, 13:00 WIB
Terkini
27 September 2025, 17:23 WIB
Pecco berpotensi jadi pengganjal langkah Marc Marquez mengunci gelar juara dunia saat MotoGP Jepang 2025
27 September 2025, 15:00 WIB
Sule kena tilang oleh Dinas Perhungan saat membawa Toyota Hilux double cabin dan bakal disidang pekan depan
27 September 2025, 13:52 WIB
Francesco Bagnaia tempati urutan pertama disusul Marc Marquez, berikut hasil Sprint Race MotoGP Jepang 2025
27 September 2025, 11:00 WIB
Tanpa jalur khusus, pengguna sepeda motor yang memenuhi syarat di Jepang bebas memanfaatkan jalan tol
27 September 2025, 09:00 WIB
Salah satu fitur andalan pada Honda ADV 160 terbaru adalah HSTC, berfungsi mencegah terjadi ban selip
27 September 2025, 07:00 WIB
Suzuki Ertiga Hybrid bekas lansiran 2024 ditawarkan dengan harga menarik dan cicilannya mulai dari Rp 5 jutaan
26 September 2025, 22:00 WIB
Ada lima motor termahal yang unjuk gigi dalam pameran IMOS 2025, mulai dari XL750 Transalp sampai Road Glide
26 September 2025, 21:00 WIB
TGRI berhasil mendominasi podium di Kerjunas Slalom Yogyakarta 2025 mengandalkan new Toyota Agya GR Sport