Nilai Kerusakan Halte Transjakarta Capai Puluhan Miliar
03 September 2025, 14:00 WIB
Proyek lanjutan LRT Jakarta Fase 1A diharapkan bisa ajak masyarakat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Kemacetan lalu lintas di pusat kota jadi hal yang kerap terjadi di hari kerja maupun akhir pekan. Oleh karena itu Pemerintah Provinsi Jakarta siapkan moda transportasi alternatif untuk mengakomodir perjalanan.
Selain Transjakarta, KRL dan MRT, turut hadir LRT (Light Rail Transit). Pada 28 Agustus 2023, LRT Jabodebek resmi beroperasi dengan tarif awal khusus Rp 5.000.
Namun masih ada proyek LRT lain melayani rute Velodrome-Manggarai alias LRT Jakarta Fase 1B. Harapannya memudahkan masyarakat yang mobilitasnya di area kota.
Kemudian sekaligus mengurangi kepadatan lalu lintas di kota. Perlu diketahui, populasi kendaraan bermotor di Jakarta yang terdaftar di Korlantas Polri mencapai 24,3 jutaan unit mencakup mobil dan sepeda motor.
“Kami juga ingin meningkatkan minat masyarakat untuk pindah dari angkutan pribadi ke transportasi umum,” kata Ramdani Akbar, Project Director LRT Jakarta di sela acara Jakpro Media Connect, Jakarta, Senin (17/03).
Fase 1B merupakan perpanjangan dari 1A dengan rute Pegangsaan Dua atau Kelapa Gading sampai Velodrome, Rawamangun. Hanya saja jaraknya terbilang pendek yakni 5,8 kilometer.
Dia menjelaskan LRT Jakarta nantinya akan berhenti di sejumlah stasiun yakni Rawamangun, Pramuka BPKP, Pasar Pramuka, Matraman lalu mengakhiri perjalanan di Manggarai. Total jaraknya adalah 6,4 kilometer.
Supaya semakin mempermudah masyarakat, pihaknya mengusahakan agar setiap stasiun terintegrasi moda transportasi lain yang sudah ada seperti Transjakarta maupun stasiun kereta.
“Ada beberapa stasiun terhubung ke (halte) Transjakarta. Di akhir, kita akan bangun jalur koneksi LRT 1B dengan stasiun KRL Manggarai,” tegas dia.
Secara keseluruhan, LRT Jakarta fase 1B akan melayani perjalanan sejauh 12,2 kilometer sedangkan waktu tempuh antar stasiunnya sekitar 10 menit.
“Diharapkan penumpang bisa (bepergian) dari Kelapa Gading sampai Manggarai tidak lebih dari 40 menit,” ucap Ramdani.
Moda transportasi terbaru ini ditargetkan mulai melayani masyarakat tahun depan. Pembangunan tiap stasiun masih dilakukan sesuai rencana, di mana Stasiun Rawamangun sudah mencapai tahap arsitektur.
Proses di Stasiun Manggarai terbilang rumit karena merupakan area padat, sehingga ada koordinasi bersama pihak Dishub dan kepolisian dalam mengatur lalu lintas di sekitar Manggarai.
“Kita berharap (LRT Jakarta Fase 1B) bisa beroperasi di kuartal keempat 2026, sekitar satu tahun lagi,” kata Ramdani
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
03 September 2025, 14:00 WIB
01 September 2025, 08:00 WIB
28 Agustus 2025, 13:00 WIB
25 Agustus 2025, 14:01 WIB
22 Agustus 2025, 11:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 07:00 WIB
Vivo dan BP batal beli BBM dari Pertamina karena adanya kandungan etanol pada base feul BBM yang ditawarkan
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Ada persyaratan dokumen yang perlu disiapkan oleh pemohon jika ingin memanfaatkan SIM keliling Jakarta
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 2 Oktober 2025 bakal diawasi ketat menggunakan kamera ETLE di berbagai lokasi utama
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Pasar Modern Batununggal menjadi salah satu lokasi SIM keliling Bandung yang beroperasi untuk melayani warga
01 Oktober 2025, 22:00 WIB
Misi besar Marc Marquez dalam mematahkan kutukan ketika berlaga di MotoGP Mandalika 2025 di akhir pekan nanti
01 Oktober 2025, 21:30 WIB
Ratusan teknisi adu mekanik di Chery Technician Skill Contest 2025 yang diselenggaran untuk tingkatkan kualitas
01 Oktober 2025, 21:00 WIB
Asisten Darurat hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna kendaraan yang tengah road trip
01 Oktober 2025, 20:00 WIB
Pembasmian kendaraan ODOL butuh proses, pemerintah bersama pemangku jalin kerja sama memperketat pengawasan