Hyundai Sorot Positifnya Penjualan Mobil Mahal di Indonesia
15 Agustus 2025, 20:00 WIB
Pemerintah akan menaikan PPN dari 11 persen menjadi 12 persen mulai 1 Januari 2025, begini tanggapan Daihatsu
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – PT ADM (Astra Daihatsu Motor) buka suara terhadap keputusan pemerintah menaikan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 12 persen yang berlaku tahun depan. Tidak bisa dipungkiri ini dapat mempengaruhi harga jual mobil.
Hal itu tentu dikhawatirkan mempengaruhi daya beli konsumen. Padahal Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) memiliki target untuk mendongkrak penjualan mobil jadi satu juta unit di 2025.
“Kebijakan PPN ini pasti akan berpengaruh, karena konsumen harus menanggung kenaikan harga kendaraan yang ingin dimilikinya,” kata Sri Agung Handayani, Marketing Director & Corporate Communications Director PT ADM kepada KatadataOTO, Senin (18/11).
Sehingga manufaktur perlu memikirkan cara untuk tetap mempertahankan daya beli masyarakat terkhusus ketika nanti kebijakan PPN 12 persen resmi berlaku per 1 Januari 2025.
Menanggapi hal tersebut, Agung menegaskan Daihatsu akan terus memantau dampak dari kebijakan 12 persen serta berkomitmen memperhatikan kebutuhan pasar.
“Dan fokus kepada solusi yang dapat membantu konsumen dalam menghadapi perubahan ini, khususnya bagi pembeli mobil pertama,” tegas Agung.
Banyak pembeli mobil Daihatsu merupakan First Car Buyer atau pembeli mobil pertama, artinya orang yang belum pernah memiliki kendaraan roda empat sebelumnya.
Karena banderol ditawarkan Daihatsu beragam dan cukup terjangkau. Seperti Ayla, tipe terendahnya dijual mulai Rp 137,8 jutaan sementara varian teratas Rp 193,7 jutaan.
Lalu ada LCGC (Low Cost Green Car) berkonfigurasi tiga baris 7-seater yaitu Sigra mulai Rp 139,2 jutaan sampai Rp 184,6 jutaan.
Sepanjang Oktober 2024, Sigra juga menjadi model terlaris Daihatsu dengan capaian penjualan 4.077 unit atau 31 persen dari keseluruhan penjualan di kisaran 73 ribu unit.
Angka itu disusul Gran Max Pick Up 3.569 unit (27 persen) baru kemudian Ayla 1.442 unit (11 persen). Di segman LCGC MPV (Multi Purpose Vehicle) secara keseluruhan Daihatsu Sigra berkontribusi 59 persen dengan penjualan 46.858 unit
Guna mendongkrak penjualan PT ADM turut menyiapkan program Daifest 2024, berlaku sampai 31 Desember. Konsumen berkesempatan mendapatkan paket liburan domestik dan internasional serta Grand Prize berupa satu unit Daihatsu Rocky.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
15 Agustus 2025, 20:00 WIB
14 Agustus 2025, 15:00 WIB
13 Agustus 2025, 09:00 WIB
12 Agustus 2025, 21:00 WIB
12 Agustus 2025, 18:00 WIB
Terkini
15 Agustus 2025, 21:00 WIB
Dishub DKI Jakarta telah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat Pesta Rakyat menyambut HUT RI ke-80 di Monas
15 Agustus 2025, 20:00 WIB
Bertolak belakang dengan penjualan mobil murah, Hyundai sebut kendaraan premium lebih stabil karena hal ini
15 Agustus 2025, 19:00 WIB
Pemerintah Bengkulu gelar pemutihan pajak yang berlaku hingga akhir tahun untuk memudahkan masyarakat
15 Agustus 2025, 18:00 WIB
Fadillah Arbi Aditama akan mentas di Moto3 Austria 2025 buat gantikan pembalap asal Thailand yang cedera
15 Agustus 2025, 17:00 WIB
Koridor 9 Transjakarta dikenal sebagai rute yang kerap terhambat karena adanya kecelakaan lalu lintas
15 Agustus 2025, 16:00 WIB
Beberapa merek kendaraan roda empat telah mempublikasikan perolehan SPK selama GIIAS 2025, simak datanya
15 Agustus 2025, 15:00 WIB
Capaian wholesales LMPV sepanjang Juli 2025 naik dari Juni, urutan pertama masih ditempati Toyota Avanza
15 Agustus 2025, 14:00 WIB
Sambut libur panjang, ganjil genap Puncak 15 Agustus 2025 akan diberlakukan lebih lama dari biasanya