Hyundai Maksimalkan Ekspor di Tengah Penurunan Pasar Domestik

Hyundai genjot ekspor guna memaksimalkan kapasitas produksi di tengah melemahnya pasar sepanjang 2024

Hyundai Maksimalkan Ekspor di Tengah Penurunan Pasar Domestik

KatadataOTO – Sepanjang 2024 pasar otomotif tanah air lesu karena sejumlah faktor. Di antaranya adalah adanya pemilihan umum ditambah wacana implementasi opsen serta simpang-siur insentif mobil hybrid yang diklaim membuat konsumen menunda pembelian.

PT HMID (Hyundai Motors Indonesia) sebagai manufaktur kendaraan turut merasakan dampaknya. Mengacu pada data Gaikindo, penjualan ritel Hyundai ada di angka 22.097 unit atau turun dari capaian di 2023 sebanyak 35.736 unit.

Agar tetap dapat memaksimalkan kapasitas pabrik, pihak Hyundai menyebutkan bahwa mereka juga fokus pada ekspor.

“Jadi kalau domestic demand turun dan kapasitas produksi tinggi, pasti akan cari market di luar tempat produksinya,” kata Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT HMID di Lampung beberapa waktu lalu.

Hyundai Targetkan 700 Unit Creta Sampai ke Konsumen Tiap Bulan
Photo : KatadataOTO

Lebih lanjut dia menegaskan, angka wholesales mobil di dalam negeri turun dari kisaran satu juta unit menjadi hanya 800 ribuan unit.

Sehingga kapasitas produksi yang mereka miliki kemudian dimaksimalkan buat pasar lain, seperti Timur Tengah dan Amerika Selatan.

“Ekspor itu menjadi salah satu tujuan kita untuk bisa meningkatkan kapasitas produksi di Indonesia, karena investasinya kan sudah ada,” kata dia.

Bicara proyeksi penjualan di 2025, Frans yakin bahwa angkanya bisa kembali ke 65 ribu sampai 70 ribuan unit per bulan.

Mengingat beberapa kebijakan pemerintah saat ini sudah ditetapkan seperti kenaikan PPN jadi 12 persen serta pemberian insentif hybrid sebesar 3 persen buat model-model yang memenuhi persyaratan.

Sehingga harapannya, konsumen tidak lagi melakukan penundaan pembelian kendaraan karena ada kejelasan dari pemangku kepentingan.

Hyundai Venue Sudah Bisa Dipesan, Segini Kisaran Harganya
Photo : KatadataOTO

Guna mendongkrak minat konsumen, strategi Hyundai masih tetap sama seperti tahun sebelumnya yaitu memperkenalkan beragam model baru.

Ini tidak terbatas pada kendaraan listrik saja tetapi mencakup mobil bermesin bensin serta hybrid. Kabar terbarunya, PT HMID akan segera bermain di segmen yang sama seperti Honda WR-V dengan memboyong Venue.

“Kita janji minimum ada tujuh model baru. Tadi sudah disampaikan, pasti ekosistem dan prasarana lain juga akan kita dorong, mudah-mudahan Hyundai akan recovery lebih baik,” tegas dia.


Terkini

modifikasi
Modifikasi Langka Nissan Skyline R34 GT4, Harga Tembus Rp 3 M

Modifikasi Nissan Skyline R34 GT4, Harga Tembus Rp 3 Miliar

Melihat lebih dekat modifikasi Nissan Skyline R34 GT4 garapan Prabuss Autoworks, Liberty Walk dan NMAA

mobil
Simak Perkiraaan Harga Chery Tiggo Cross di IIMS 2025

Estimasi Harga Chery Tiggo Cross yang Bakal Diumumkan di IIMS 2025

Harga Chery Tiggo Cross baru akan diumumkan dalam gelaran IIMS 2025, banderolnya dipastikan bakal terjangkau

news
Operasi Keselamatan

Kepolisian Tegaskan Ada Tilang Manual di Operasi Keselamatan 2025

Polda Metro Jaya tegaskan memberlakukan tilang manual di operasi Keselamatan 2025 untuk beberapa pelanggaran

motor
Vokasi Satu Hati 2025

Festival Vokasi Satu Hati 2025, AHM Hadirkan Materi Tentang EV

Festival Vokasi Satu Hati 2025 melibatkan materi tentang kendaraan listrik yang mulai ramai digunakan

news
Jadwal 5 Lokasi SIM Keliling Jakarta Hari Ini, 11 Februari 2025

Jadwal 5 Lokasi SIM Keliling Jakarta Hari Ini, 11 Februari 2025

Lima SIM Keliling Jakarta beroperasi hari ini untuk melayani kebutuhan para pengendara motor sampai mobil

news
Ganjil genap Jakarta

Ganjil Genap Jakarta 11 Februari 2025, Ada Operasi Keselamatan

Ganjil genap Jakarta 11 Februari 2025 diawasi secara ketat karena berbarengan dengan operasi Keselamatan 2025

news
Jadwal dan lokasi SIM keliling Bandung

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung Hari Ini 11 Februari

SIM keliling Bandung beroperasi di dua tempat berbeda hari ini 11 Februari, simak informasi lengkapnya

mobil
Strategi Produsen Busi Bertahan di Era EV, Andalkan Produk Hybrid

Strategi Produsen Busi Bertahan di Era EV, Andalkan Mobil Hybrid

Produsen busi melihat transisi menuju elektrifikasi total masih panjang, masih ada model mobil hybrid