Daihatsu Rocky Hybrid Mulai Jangkau Konsumen Anak Muda
29 September 2025, 11:00 WIB
Daihatsu Xenia Limited Edition meluncur di GIIAS 2023 dan hanya tersedia 20 unit tanpa rencana penambahan
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menghadirkan varian limited edition di penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Kali ini low MPV mereka yang menjadi bintang utamanya.
Daihatsu Xenia Limited Edition terinspirasi dari mobil konsep yang sempat mereka tampilkan dalam ajang GIIAS tahun lalu. Respon positif tahun lalu membuat pabrikan asal Jepang tersebut berambisi mendatangkannya di dunia nyata.
“Kami berharap unit ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik bagi para pengunjung di GIIAS yang dijual terbatas hanya 20 unit,” ungkap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam siaran persnya.
Perlu diketahui bahwa Daihatsu Xenia Limited Edition menggunakan varian berbasis 1.3 R ADS CVT yang sudah diubah khususnya pada sisi luar. Mobil ini telah mendapat sentuhan two tone color silver dan hitam sehingga tampilannya menjadi lebih sporti.
Kesan agresif diperkuat dengan menyematkan aksesoris hitam di beberapa bagian seperti alloy wheel, front grille, cover fog lamp dan outer mirror. Selain itu, Daihatsu juga sudah menambahkan aksen merah di bagian lampu depan serta sisi kendaraan.
Sayangnya mereka tidak melakukan ubahan yang lebih dalam. Hal ini terlihat dari tidak adanya pengembangan kendaraan di bagian lain seperti interior dan mesin.
Untuk mendapatkannya, pelanggan harus mengeluarkan dana sebesar Rp264 juta. Harganya sedikit lebih tinggi ketimbang 1.3 R ADS CVT standar yang hanya dibanderol Rp260.85 juta.
Dipilihnya Xenia sebagai produk andalan di GIIAS 2023 sebenarnya cukup masuk akal. Pasalnya penjualannya kurang bersinar dibandingkan beberapa model lain sehingga perlu mendapat perhatian lebih.
Berdasarkan catatan kami, kembaran Toyota Avanza itu hanya terjual 11.177 unit. Jumlahnya setara 10.9 persen dari total penjualan Daihatsu selama Januari-Juni 2023 dan duduk di posisi kelima.
Jumlah ini jauh di bawah produk lain seperti Sigra di peringkat pertama dengan jumlah 32.532 unit. LCGC MPV itu menguasai 31.7 persen dari total penjualan Daihatsu di semester I.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
29 September 2025, 11:00 WIB
26 September 2025, 18:00 WIB
25 September 2025, 15:14 WIB
17 September 2025, 15:05 WIB
12 September 2025, 10:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 20:02 WIB
SIS masih membuka kemungkinan Suzuki Satria terbaru bakal diluncurkan untuk para konsumen di Indonesia
02 Oktober 2025, 19:00 WIB
Francesco Bagnaia buka suara soal asap tebal yang muncul dari motornya jelang akhir balapan di Jepang
02 Oktober 2025, 18:00 WIB
Honda Cimahi mengaku pelanggan mobil kini makin kritis sehingga pelayanan purna jual terus ditingkatkan
02 Oktober 2025, 17:00 WIB
Cairan dengan larutan urea bernama AdBlue merupakan salah satu inovasi buat kurangi emisi kendaraan diesel
02 Oktober 2025, 16:00 WIB
Bagi Fermin Aldeguer nomor 54 terasa sangat spesial, sehingga Toprak Razgatlioglu harus mencari yang lain
02 Oktober 2025, 15:00 WIB
Pengendara Yamaha Nmax yang viral menyetop sebuah bus di tikungan Ciwidey, Bandung merupakan anggota BMC
02 Oktober 2025, 14:00 WIB
Jetour X20e bakal meluncur dalam waktu dekat dan digadang jadi rival baru Wuling Air ev, segini NJKB-nya
02 Oktober 2025, 13:30 WIB
Tingginya sumber daya dan jumlah penduduk jadi daya tarik bagi pabrikan mobil listrik Cina untuk berinvestasi