Daihatsu Rocky Limited Edition Dijual di GIIAS, Hanya 10 Unit
25 Juli 2025, 22:27 WIB
Selain LCGC, Daihatsu sebut ada kriteria mobil tertentu yang jadi daya tarik tersendiri buat konsumen daerah
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Elektrifikasi di sektor otomotif belum merata ke seluruh wilayah Indonesia. Di daerah seperti luar Jakarta dan pulau Jawa, mobil listrik belum jadi pilihan utama.
Salah satunya adalah kondisi infrastruktur dan kondisi jalan belum mendukung. Sehingga mobil bermesin bensin dengan banderol terjangkau seperti LCGC (Low Cost Green Car) jadi pilihan.
Lalu, anggapan soal kendaraan berpenggerak roda belakang lebih kuat melibas berbagai medan jalan masih kuat dianut oleh konsumen daerah.
Hal ini kemudian disebut menjadi salah satu kekuatan Daihatsu yang memiliki produk dengan kriteria tersebut, yakni Terios.
Perlu diketahui, meskipun telah mengalami penyegaran pada 2023 Terios tetap mempertahankan penggerak roda belakang atau RWD (Rear Wheel Drive).
Model lain seperti Xenia tadinya pakai RWD, tetapi sudah berganti ke FWD (Front Wheel Drive) karena beberapa alasan, seperti membuat bobot kendaraan jadi semakin ringan.
“Memang salah satu keunggulan Terios saat ini adalah adanya varian X yang menjadi best seller, terutama transmisi manual,” buka Tri Mulyono, Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, saat ditemui di Jakarta Selatan belum lama ini.
Menurut Tri, di beberapa provinsi seperti Bali penjualan Daihatsu Terios berada di nomor satu di segmen SUV (Sport Utility Vehicle).
Hal ini erat kaitannya dengan faktor kontur jalan dilalui konsumen di daerahnya setiap hari.
“Mereka memiliki persepsi bahwa penggerak belakang lebih nyaman untuk kebutuhan mereka. Itu kenapa penjualannya (Terios) masih bagus,” ucap Tri.
Per Maret 2025, penjualan Daihatsu secara ritel di kuartal pertama berhasil tembus 36.917 unit. Terios berada di posisi ketiga dengan kontribusi sebanyak 4.439 unit.
Penjualannya masih didominasi dari wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) ditambah Karawang dan Banten. Totalnya 23 persen dari keseluruhan penjualan.
Kemudian menyusul setelahnya Kalimantan 17 persen, Sulawesi sampai Papua 16 persen, Sumatera bagian Utara serta Aceh sampai Medan 12 persen.
10 persen lagi berada di selatan Sumatera mencakup Palembang sampai Lampung, Jawa Timur delapan persen, Jawa Tengah dan Yogyakarta lima persen.
“Jawa Barat dan Bali itu masing-masing empat persen. Pertumbuhan di luar Jawa itu memang terjadi pasca pandemi, kontribusi dari pulau-pulau ini memberikan suatu warna berbeda,” kata Tri.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
25 Juli 2025, 22:27 WIB
25 Juli 2025, 08:00 WIB
23 Juli 2025, 08:00 WIB
18 Juli 2025, 19:00 WIB
18 Juli 2025, 15:00 WIB
Terkini
25 Juli 2025, 22:37 WIB
Dalam pameran GIIAS 2025, Chery Tiggo 9 CSH resmi diniagakan kepada para pengunjung ICE BSD, Tangerang
25 Juli 2025, 22:32 WIB
Jaecoo J5 EV hadir dengan banderol kompetitif mulai Rp 350 jutaan di GIIAS 2025, tipe tertinggi Rp 450 jutaan
25 Juli 2025, 22:30 WIB
Pemesanan Jetour X20e belum resmi dibuka di GIIAS 2025, pihak manufaktur disebut masih menggodok harga
25 Juli 2025, 22:27 WIB
Daihatsu Rocky Limited Edition hanya tersedia 10 unit saja selama gelaran GIIAS 2025 berlangsung di ICE BSD
25 Juli 2025, 21:00 WIB
Aion hadirkan beragam promo menarik buat pelanggan termasuk gratis logam mulia seberat 10 gram buat pembelian unit baru
25 Juli 2025, 20:05 WIB
MG pamerkan keunggulan teknologi barunya yang kini memiliki ukuran lebih ringkas sehingga memberi banyak keuntungan
25 Juli 2025, 17:09 WIB
Truk Mitsubishi Fuso varian terbaru dan layanan EV Mobile Charger ikut meramaikan perhelatan GIIAS 2025
25 Juli 2025, 16:00 WIB
Kia EV4 melakukan debutnya di GIIAS 2025, selain itu mereka turut menyediakan program menarik ke pengunjung