Parkir di Jakarta Diminta Pakai Teknologi Digital Buat Tingkatkan PAD
07 Mei 2025, 21:00 WIB
Centrepark siapkan teknologi baru untuk layanan parkir di 2025 guna memberi kenyamanan pada pelanggan
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Terbatasnya ruang parkir di beberapa lokasi membuat Cetrepark melakukan beragam pengembangan. Salah satunya adalah dengan mengadopsi teknologi baru untuk menciptakan sistem yang matang dan ramah lingkungan.
Dengan ini diharapkan masyarakat bisa merasakan parkir yang lebih nyaman namun tetap efisien dibanding sebelumnya.
“Teknologi kami dirancang untuk memberi pengalaman parkir efisien dan mudah bagi pengguna. Selain itu berkontribusi pada pengurangan emisi karbon serta mendukung terciptanya lingkungan lebih hijau,” ungkap Charles R. Oentomo, Director Centrepark Group pada media (12/12).
Sebagai contoh adalah Sistem Traffic Dispatching yang membantu mengarahkan kendaraan dengan lebih cepat ke lokasi parkir. Berkat ini maka risiko kemacetan dan waktu pencarian bakal berkurang.
Selain itu mereka pun akan menggunakan teknologi License Plate Recognition memastikan hanya kendaraan terdaftar atau memenuhi syarat yang dapat menggunakan fasilitas parkir. Selain itu pengelola juga bisa mendeteksi perilaku mencurigakan.
CentrePark juga didukung teknologi wireless RFID bernama Wuzz. Inovasi ini memungkinkan transaksi dilakukan tanpa perlu membuka jendela kendaraan, memberikan kemudahan bagi pengguna sekaligus mempercepat proses masuk dan keluar area parkir.
Tak hanya itu, pada 2025 Centrepark juga akan mengembangkan Face Recognition dan Automated Visitor Management System (AVMS). Teknologi ini dirancang untuk memperkuat hubungan dengan pengguna melalui program loyalitas.
Selain itu pemilik gedung mampu menganalisis pola penggunaan parkir, seperti waktu-waktu sibuk, jenis kendaraan yang sering parkir, dan durasi rata-rata parkir. Data ini membantu pemilik gedung memahami kebutuhan pengunjung, sehingga mereka dapat merencanakan kebijakan tarif dinamis.
“Pada tahun 2025, kami melihat teknologi berbasis AI sebagai kunci untuk memaksimalkan efisiensi operasional sekaligus menciptakan nilai tambah bagi pengguna serta pemilik gedung,” ujar Anton Darnando, Director Centrepark Group.
Ia menambahkan bahwa Sistem seperti Face Recognition akan mendukung keamanan operasional, serta menjadi bagian integral dari transparansi dan pengelolaan lebih baik.
“Visi kami adalah menciptakan ekosistem perparkiran yang mendukung keamanan, kenyamanan serta keberlanjutan,” pungkas Anton.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
07 Mei 2025, 21:00 WIB
06 Mei 2025, 17:00 WIB
23 April 2025, 22:30 WIB
17 April 2025, 19:00 WIB
15 April 2025, 22:00 WIB
Terkini
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan
16 Mei 2025, 20:22 WIB
PT MMKSI resmi meluncurkan versi terbaru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hari ini, simak daftar harganya
16 Mei 2025, 18:00 WIB
Toyota bZ4X Touring atau bZ Woodland punya dimensi sedikit lebih panjang dan tampilannya semakin sporti
16 Mei 2025, 17:37 WIB
Berbagai merek premium termasuk Porsche menghadapi tantangan berat di era elektrifikasi, hadapi produk Cina
16 Mei 2025, 16:00 WIB
Pabrik CATL di Indonesia diharapkan bisa beroperasi mulai Maret 2026 dengan konsumendari berbagai negara
16 Mei 2025, 15:00 WIB
Penjualan BYD lampaui Toyota di Singapura dengan selisih hingga ribuan unit pada periode Januari hingga April 2025
16 Mei 2025, 14:00 WIB
Ganjil genap Puncak kembali digelar dan masyarakat diminta untuk mengatur ulang jadwal perjalanannya
16 Mei 2025, 13:00 WIB
Trackday jadi sarana aman memacu adrenalin di sirkuit balap, instruktur Ducati berikan sejumlah tips