Dishub DKI Jakarta Pangkas Jumlah Lokasi Parkir di Jalanan
26 Juni 2025, 22:30 WIB
Centrepark siapkan teknologi baru untuk layanan parkir di 2025 guna memberi kenyamanan pada pelanggan
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Terbatasnya ruang parkir di beberapa lokasi membuat Cetrepark melakukan beragam pengembangan. Salah satunya adalah dengan mengadopsi teknologi baru untuk menciptakan sistem yang matang dan ramah lingkungan.
Dengan ini diharapkan masyarakat bisa merasakan parkir yang lebih nyaman namun tetap efisien dibanding sebelumnya.
“Teknologi kami dirancang untuk memberi pengalaman parkir efisien dan mudah bagi pengguna. Selain itu berkontribusi pada pengurangan emisi karbon serta mendukung terciptanya lingkungan lebih hijau,” ungkap Charles R. Oentomo, Director Centrepark Group pada media (12/12).
Sebagai contoh adalah Sistem Traffic Dispatching yang membantu mengarahkan kendaraan dengan lebih cepat ke lokasi parkir. Berkat ini maka risiko kemacetan dan waktu pencarian bakal berkurang.
Selain itu mereka pun akan menggunakan teknologi License Plate Recognition memastikan hanya kendaraan terdaftar atau memenuhi syarat yang dapat menggunakan fasilitas parkir. Selain itu pengelola juga bisa mendeteksi perilaku mencurigakan.
CentrePark juga didukung teknologi wireless RFID bernama Wuzz. Inovasi ini memungkinkan transaksi dilakukan tanpa perlu membuka jendela kendaraan, memberikan kemudahan bagi pengguna sekaligus mempercepat proses masuk dan keluar area parkir.
Tak hanya itu, pada 2025 Centrepark juga akan mengembangkan Face Recognition dan Automated Visitor Management System (AVMS). Teknologi ini dirancang untuk memperkuat hubungan dengan pengguna melalui program loyalitas.
Selain itu pemilik gedung mampu menganalisis pola penggunaan parkir, seperti waktu-waktu sibuk, jenis kendaraan yang sering parkir, dan durasi rata-rata parkir. Data ini membantu pemilik gedung memahami kebutuhan pengunjung, sehingga mereka dapat merencanakan kebijakan tarif dinamis.
“Pada tahun 2025, kami melihat teknologi berbasis AI sebagai kunci untuk memaksimalkan efisiensi operasional sekaligus menciptakan nilai tambah bagi pengguna serta pemilik gedung,” ujar Anton Darnando, Director Centrepark Group.
Ia menambahkan bahwa Sistem seperti Face Recognition akan mendukung keamanan operasional, serta menjadi bagian integral dari transparansi dan pengelolaan lebih baik.
“Visi kami adalah menciptakan ekosistem perparkiran yang mendukung keamanan, kenyamanan serta keberlanjutan,” pungkas Anton.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
26 Juni 2025, 22:30 WIB
26 Juni 2025, 22:00 WIB
24 Juni 2025, 21:00 WIB
21 Juni 2025, 07:00 WIB
13 Juni 2025, 20:00 WIB
Terkini
29 Juni 2025, 10:07 WIB
GWM Ora 03 akhirnya resmi dijual di Indonesia, padahal mobil listrik tersebut sudah diperkenalkan di GIIAS 2023
29 Juni 2025, 08:00 WIB
Yovie Widianto memiliki harta senilai Rp 43 miliar, Rp 2 miliar di antaranya merupakan kendaraan roda empat
29 Juni 2025, 06:00 WIB
32 Jalan ditutup selama penyelenggaraan Jakarta International Marathon 2025 yang berlangsung hari ini
28 Juni 2025, 20:58 WIB
Marc Marquez tempati posisi pertama sprint race MotoGP Belanda 2025, Francesco Bagnaia terdepak ke urutan kelima
28 Juni 2025, 19:00 WIB
Para pengguna skutik Yamaha 125 cc kini memiliki satu pilihan pelumas baru yakni Yamalube Power XP Matic
28 Juni 2025, 17:00 WIB
Marc Marquez sempat mengalami sesak nafas usai terjatuh di latihan bebas serta kulifikasi MotoGP Belanda 2025
28 Juni 2025, 15:44 WIB
Suzuki Baleno bekas lansiran 2023 harganya kini terbilang kompetitif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
28 Juni 2025, 13:00 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten memutuskan memperpanjang program pemutihan pajak kendaraan bermotor