Pramono Bantah Naikkan Tarif Parkir, Cuma Ubah Sistem Pembayaran
11 September 2025, 08:00 WIB
Centrepark siapkan teknologi baru untuk layanan parkir di 2025 guna memberi kenyamanan pada pelanggan
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Terbatasnya ruang parkir di beberapa lokasi membuat Cetrepark melakukan beragam pengembangan. Salah satunya adalah dengan mengadopsi teknologi baru untuk menciptakan sistem yang matang dan ramah lingkungan.
Dengan ini diharapkan masyarakat bisa merasakan parkir yang lebih nyaman namun tetap efisien dibanding sebelumnya.
“Teknologi kami dirancang untuk memberi pengalaman parkir efisien dan mudah bagi pengguna. Selain itu berkontribusi pada pengurangan emisi karbon serta mendukung terciptanya lingkungan lebih hijau,” ungkap Charles R. Oentomo, Director Centrepark Group pada media (12/12).
Sebagai contoh adalah Sistem Traffic Dispatching yang membantu mengarahkan kendaraan dengan lebih cepat ke lokasi parkir. Berkat ini maka risiko kemacetan dan waktu pencarian bakal berkurang.
Selain itu mereka pun akan menggunakan teknologi License Plate Recognition memastikan hanya kendaraan terdaftar atau memenuhi syarat yang dapat menggunakan fasilitas parkir. Selain itu pengelola juga bisa mendeteksi perilaku mencurigakan.
CentrePark juga didukung teknologi wireless RFID bernama Wuzz. Inovasi ini memungkinkan transaksi dilakukan tanpa perlu membuka jendela kendaraan, memberikan kemudahan bagi pengguna sekaligus mempercepat proses masuk dan keluar area parkir.
Tak hanya itu, pada 2025 Centrepark juga akan mengembangkan Face Recognition dan Automated Visitor Management System (AVMS). Teknologi ini dirancang untuk memperkuat hubungan dengan pengguna melalui program loyalitas.
Selain itu pemilik gedung mampu menganalisis pola penggunaan parkir, seperti waktu-waktu sibuk, jenis kendaraan yang sering parkir, dan durasi rata-rata parkir. Data ini membantu pemilik gedung memahami kebutuhan pengunjung, sehingga mereka dapat merencanakan kebijakan tarif dinamis.
“Pada tahun 2025, kami melihat teknologi berbasis AI sebagai kunci untuk memaksimalkan efisiensi operasional sekaligus menciptakan nilai tambah bagi pengguna serta pemilik gedung,” ujar Anton Darnando, Director Centrepark Group.
Ia menambahkan bahwa Sistem seperti Face Recognition akan mendukung keamanan operasional, serta menjadi bagian integral dari transparansi dan pengelolaan lebih baik.
“Visi kami adalah menciptakan ekosistem perparkiran yang mendukung keamanan, kenyamanan serta keberlanjutan,” pungkas Anton.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
11 September 2025, 08:00 WIB
17 Agustus 2025, 07:00 WIB
15 Juli 2025, 14:00 WIB
04 Juli 2025, 18:00 WIB
02 Juli 2025, 22:30 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 2 Oktober 2025 bakal diawasi ketat menggunakan kamera ETLE di berbagai lokasi utama
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Ada persyaratan dokumen yang perlu disiapkan oleh pemohon jika ingin memanfaatkan SIM keliling Jakarta
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Pasar Modern Batununggal menjadi salah satu lokasi SIM keliling Bandung yang beroperasi untuk melayani warga
01 Oktober 2025, 22:00 WIB
Misi besar Marc Marquez dalam mematahkan kutukan ketika berlaga di MotoGP Mandalika 2025 di akhir pekan nanti
01 Oktober 2025, 21:30 WIB
Ratusan teknisi adu mekanik di Chery Technician Skill Contest 2025 yang diselenggaran untuk tingkatkan kualitas
01 Oktober 2025, 21:00 WIB
Asisten Darurat hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna kendaraan yang tengah road trip
01 Oktober 2025, 20:00 WIB
Pembasmian kendaraan ODOL butuh proses, pemerintah bersama pemangku jalin kerja sama memperketat pengawasan
01 Oktober 2025, 19:13 WIB
Pameran modifikasi IMX 2025 menghadirkan berbagai pilihan produk modifikasi dan juga supergiveaway mobil