Pramono Bantah Naikkan Tarif Parkir, Cuma Ubah Sistem Pembayaran
11 September 2025, 08:00 WIB
Centrepark siapkan teknologi baru untuk layanan parkir di 2025 guna memberi kenyamanan pada pelanggan
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Terbatasnya ruang parkir di beberapa lokasi membuat Cetrepark melakukan beragam pengembangan. Salah satunya adalah dengan mengadopsi teknologi baru untuk menciptakan sistem yang matang dan ramah lingkungan.
Dengan ini diharapkan masyarakat bisa merasakan parkir yang lebih nyaman namun tetap efisien dibanding sebelumnya.
“Teknologi kami dirancang untuk memberi pengalaman parkir efisien dan mudah bagi pengguna. Selain itu berkontribusi pada pengurangan emisi karbon serta mendukung terciptanya lingkungan lebih hijau,” ungkap Charles R. Oentomo, Director Centrepark Group pada media (12/12).
Sebagai contoh adalah Sistem Traffic Dispatching yang membantu mengarahkan kendaraan dengan lebih cepat ke lokasi parkir. Berkat ini maka risiko kemacetan dan waktu pencarian bakal berkurang.
Selain itu mereka pun akan menggunakan teknologi License Plate Recognition memastikan hanya kendaraan terdaftar atau memenuhi syarat yang dapat menggunakan fasilitas parkir. Selain itu pengelola juga bisa mendeteksi perilaku mencurigakan.
CentrePark juga didukung teknologi wireless RFID bernama Wuzz. Inovasi ini memungkinkan transaksi dilakukan tanpa perlu membuka jendela kendaraan, memberikan kemudahan bagi pengguna sekaligus mempercepat proses masuk dan keluar area parkir.
Tak hanya itu, pada 2025 Centrepark juga akan mengembangkan Face Recognition dan Automated Visitor Management System (AVMS). Teknologi ini dirancang untuk memperkuat hubungan dengan pengguna melalui program loyalitas.
Selain itu pemilik gedung mampu menganalisis pola penggunaan parkir, seperti waktu-waktu sibuk, jenis kendaraan yang sering parkir, dan durasi rata-rata parkir. Data ini membantu pemilik gedung memahami kebutuhan pengunjung, sehingga mereka dapat merencanakan kebijakan tarif dinamis.
“Pada tahun 2025, kami melihat teknologi berbasis AI sebagai kunci untuk memaksimalkan efisiensi operasional sekaligus menciptakan nilai tambah bagi pengguna serta pemilik gedung,” ujar Anton Darnando, Director Centrepark Group.
Ia menambahkan bahwa Sistem seperti Face Recognition akan mendukung keamanan operasional, serta menjadi bagian integral dari transparansi dan pengelolaan lebih baik.
“Visi kami adalah menciptakan ekosistem perparkiran yang mendukung keamanan, kenyamanan serta keberlanjutan,” pungkas Anton.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
11 September 2025, 08:00 WIB
17 Agustus 2025, 07:00 WIB
15 Juli 2025, 14:00 WIB
04 Juli 2025, 18:00 WIB
02 Juli 2025, 22:30 WIB
Terkini
16 November 2025, 09:00 WIB
Banyak kegiatan menarik disuguhkan buat para anggota komunitas selama Honda Culture Indonesia berlangsung
16 November 2025, 08:00 WIB
Honda ADV 160 membuktikan performanya dalam perjalanan melintasi pantai selatan Jawa Barat menuju HBD 2025
16 November 2025, 07:00 WIB
Pilihan Toyota Calya bekas lansiran 2024 makin menarik karena ada program TDP Rp 7 jutaan dan tenor panjang
15 November 2025, 21:43 WIB
Alex Marquez berhasil keluar sebagai pemenang pada sprint race MotoGP Valencia 2025 usai menudukkan Acosta
15 November 2025, 15:00 WIB
Koleksi kendaraan Omesh cukup menarik disimak karena mengingat motor miliknya sangat beragam dan unik
15 November 2025, 13:00 WIB
Penjualan Daihatsu alami kenaikan di Oktober 2025, Gran Max Pick Up jadi penyumbang utama sebanyak 4.436 unit
15 November 2025, 11:00 WIB
Bobibos akan diuji oleh dinas dari pemerintah provinsi Jawa Barat untuk memastikan klaim yang sudah dijanjikan
15 November 2025, 09:00 WIB
SUV Mitsubishi Destinator membuktikan kualitasnya berkat fitur-fitur keamanan dan keselamatan di dalamnya