Parkir Valet Mobil di Jakarta Sekarang Dikenakan Pajak 10 Persen
20 November 2024, 17:00 WIB
Centrepark siapkan teknologi baru untuk layanan parkir di 2025 guna memberi kenyamanan pada pelanggan
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Terbatasnya ruang parkir di beberapa lokasi membuat Cetrepark melakukan beragam pengembangan. Salah satunya adalah dengan mengadopsi teknologi baru untuk menciptakan sistem yang matang dan ramah lingkungan.
Dengan ini diharapkan masyarakat bisa merasakan parkir yang lebih nyaman namun tetap efisien dibanding sebelumnya.
“Teknologi kami dirancang untuk memberi pengalaman parkir efisien dan mudah bagi pengguna. Selain itu berkontribusi pada pengurangan emisi karbon serta mendukung terciptanya lingkungan lebih hijau,” ungkap Charles R. Oentomo, Director Centrepark Group pada media (12/12).
Sebagai contoh adalah Sistem Traffic Dispatching yang membantu mengarahkan kendaraan dengan lebih cepat ke lokasi parkir. Berkat ini maka risiko kemacetan dan waktu pencarian bakal berkurang.
Selain itu mereka pun akan menggunakan teknologi License Plate Recognition memastikan hanya kendaraan terdaftar atau memenuhi syarat yang dapat menggunakan fasilitas parkir. Selain itu pengelola juga bisa mendeteksi perilaku mencurigakan.
CentrePark juga didukung teknologi wireless RFID bernama Wuzz. Inovasi ini memungkinkan transaksi dilakukan tanpa perlu membuka jendela kendaraan, memberikan kemudahan bagi pengguna sekaligus mempercepat proses masuk dan keluar area parkir.
Tak hanya itu, pada 2025 Centrepark juga akan mengembangkan Face Recognition dan Automated Visitor Management System (AVMS). Teknologi ini dirancang untuk memperkuat hubungan dengan pengguna melalui program loyalitas.
Selain itu pemilik gedung mampu menganalisis pola penggunaan parkir, seperti waktu-waktu sibuk, jenis kendaraan yang sering parkir, dan durasi rata-rata parkir. Data ini membantu pemilik gedung memahami kebutuhan pengunjung, sehingga mereka dapat merencanakan kebijakan tarif dinamis.
“Pada tahun 2025, kami melihat teknologi berbasis AI sebagai kunci untuk memaksimalkan efisiensi operasional sekaligus menciptakan nilai tambah bagi pengguna serta pemilik gedung,” ujar Anton Darnando, Director Centrepark Group.
Ia menambahkan bahwa Sistem seperti Face Recognition akan mendukung keamanan operasional, serta menjadi bagian integral dari transparansi dan pengelolaan lebih baik.
“Visi kami adalah menciptakan ekosistem perparkiran yang mendukung keamanan, kenyamanan serta keberlanjutan,” pungkas Anton.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
20 November 2024, 17:00 WIB
15 November 2024, 13:00 WIB
12 Oktober 2024, 17:04 WIB
11 September 2024, 14:00 WIB
11 September 2024, 14:00 WIB
Terkini
12 Desember 2024, 19:00 WIB
Honda Beat One Piece edisi Roronoa Zoro bisa didapatkan secara gratis asal nakami mengikuti program ini
12 Desember 2024, 18:00 WIB
Proses pembelian kahan pabrik BYD di Subang Smatpolitan diklaim bakal segera rampung dan pembangunan dimulai 2025
12 Desember 2024, 17:00 WIB
Pameran otomotif IIMS 2025 akan kembali digelar di JIExpo Kemayoran, diramaikan dua merek kendaraan baru
12 Desember 2024, 16:00 WIB
Regulasi soal opsen PKB dan BBNKB diberlakukan mulai 5 Januari 2025, ada tambahan kolom pada tampilan STNK
12 Desember 2024, 15:00 WIB
Hyundai Gowa mengaku alami peningkatan pemesanan mobil baru imbas rencana penerapan PPN 12 persen dan opsen
12 Desember 2024, 14:10 WIB
CATL siap bangun pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia dengan nilai investasi hingga Rp 18 triliun
12 Desember 2024, 13:00 WIB
UD Trucks mengaku masih belum tertarik merambah segmen truk listrik, mereka justru fokus untuk hidrogen
12 Desember 2024, 12:00 WIB
Berikut KatadataOTO merangkum informasi lengkap prosedur dan biaya perpanjang STNK per Desember 2024