Begini Cara Kerja eCVT di Honda CR-V Hybrid

Diklaim berbeda dengan transmisi CVT pada mobil konvensional, ini cara kerja eCVT pada Honda CR-V Hybrid

Begini Cara Kerja eCVT di Honda CR-V Hybrid

TRENOTO – CR-V jadi satu-satunya mobil hybrid Honda yang ditawarkan untuk masyarakat Indonesia. Ada beberapa keunggulan ditawarkan buat SUV flagship itu mulai dari desain terbaru sampai fitur mumpuni.

Hal baru di Honda CR-V Hybrid atau e:HEV adalah penggunaan transmisi otomatis model eCVT, diklaim sebagai transmisi khusus mobil hybrid Honda.

Eisuke Satoh, Development Leader from Automobile Development Center, Automobile Operations Honda memaparkan bahwa eCVT merupakan bagian dari sistem e:HEV.

Bicara secara keseluruhan sistem e:HEV atau hybrid pada mobil Honda disebut hemat bahan bakar dan meningkatkan performa kendaraan. Pada sebuah tes internal angka konsumsi bahan bakar terefisien dikatakan mencapai 25.6 km/liter.

Uniknya Mode Sport di Honda CR-V Hybrid
Photo : Honda

Ini dikarenakan bantuan dari motor elektrik menambah tenaga mobil ketika berada dalam kecepatan rendah atau saat akselerasi sehingga tidak terlalu boros bensin.

“Sistem pembakaran Stoikiometri dalam rentang beban tinggi memperluas jangkauan bahan bakar Honda CR-V Hybrid,” jelas Eisuke di Canna Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan eCVT memiliki motor penggerak dan generator berukuran kecil disusun paralel pada poros terpisah. 

“Tergantung kondisi jalan, (output) tenaga jadi lebih efisien karena bisa beralih secara otomatis menggunakan tenaga motor atau mesin. Ringkasnya seperti itu,” ungkap Eisuke.

Sehingga penggunaan eCVT disebut memaksimalkan kinerja Honda CR-V Hybrid agar lebih efisien bahan bakar. 

Pemakaian roda gigi terpisah untuk penggerak motor elektrik dan mesin disebut bisa meningkatkan tenaga penggerak dan mendongkrak kecepatan maksimum dalam kecepatan tinggi.

“Digunakan Atkinson Cycle untuk menghitung mana yang lebih efisien,” ucap Eisuke.

Memakai sistem Atkinson Cycle, teknologi e:HEV pada CR-V Hybrid memberikan tenaga kepada motor generator untuk menghasilkan daya listrik langsung ke roda saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi.

Uniknya Mode Sport di Honda CR-V Hybrid
Photo : Honda

Lalu putaran mesin diteruskan oleh generator eCVT untuk menghasilkan daya listrik dan disalurkan kembali ke baterai.

Untuk diketahui eCVT dikontrol oleh Power Control Unit yang mengatur kebutuhan listrik antara baterai maupun motor penggerak. Perawatan juga diklaim tidak ada perbedaan signifikan.


Terkini

motor
Jagoan Yamaha

Ternyata Ini Model Jagoan Yamaha di Indonesia

Model jagoan Yamaha di Indonesia mendominasi penjualan dan diyakini akan terus bertumbuh di masa mendatang

news
5 Lokasi SIM Keliling Jakarta 21 Oktober, Ada Pelantikan Menteri

5 Lokasi SIM Keliling Jakarta 21 Oktober, Ada Pelantikan Menteri

Meski ada pelantikan jajaran menteri Prabowo, Polda Metro Jaya tetap menghadirkan SIM Keliling Jakarta

news
Ganjil Genap Jakarta

Ganjil Genap Jakarta 21 Oktober 2024, Puluhan Jalan Terdampak

Ganjil genap Jakarta 21 Oktober 2024 dilakukan secara maksimal setelah pelantikan presiden dan wakil presiden

news
Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung Hari Ini 21 Oktober

Masyarakat bisa kembali memanfaatkan layanan SIM keliling Bandung di dua lokasi, berikut informasinya

mobil
Prabowo Pakai Mobil Buatan Lokal, Pindad Maung Anti Peluru

Prabowo Pakai Mobil Buatan Lokal, Pindad Maung Anti Peluru

Prabowo Subianto pakai Pindad Maung terbaru, dirancang dengan spesifikasi mobil presiden dan anti peluru

mobil
Mobil China Makin Canggih, Merek Jerman Mulai Ditinggalkan

Mobil China Makin Canggih, Merek Jerman Mulai Ditinggalkan

Teknologi dan harga mobil China jadi daya tarik, konsumen beralih dari merek Jerman meski terkenal premium

otosport
Hasil MotoGP Australia 2024: Marquez Tundukan Martin dan Bagnaia

Hasil MotoGP Australia 2024: Marquez Tundukkan Martin dan Bagnaia

Marc Marquez berhasil keluar sebagai pemenang di MotoGP Australia 2024 usai menundukan Martin dan Bagnaia

mobil
Alasan Pabrik Baterai Hyundai Tak Tertarik Pasok ke Merek Lain

Alasan Pabrik Baterai Hyundai Tak Tertarik Pasok ke Merek Lain

Alasan pabrik baterai Hyundai enggan pasok ke merek lain karena ingin fokus untuk lini elektrifikasi mereka