Begini Cara Kerja eCVT di Honda CR-V Hybrid

Diklaim berbeda dengan transmisi CVT pada mobil konvensional, ini cara kerja eCVT pada Honda CR-V Hybrid

Begini Cara Kerja eCVT di Honda CR-V Hybrid

TRENOTO – CR-V jadi satu-satunya mobil hybrid Honda yang ditawarkan untuk masyarakat Indonesia. Ada beberapa keunggulan ditawarkan buat SUV flagship itu mulai dari desain terbaru sampai fitur mumpuni.

Hal baru di Honda CR-V Hybrid atau e:HEV adalah penggunaan transmisi otomatis model eCVT, diklaim sebagai transmisi khusus mobil hybrid Honda.

Eisuke Satoh, Development Leader from Automobile Development Center, Automobile Operations Honda memaparkan bahwa eCVT merupakan bagian dari sistem e:HEV.

Bicara secara keseluruhan sistem e:HEV atau hybrid pada mobil Honda disebut hemat bahan bakar dan meningkatkan performa kendaraan. Pada sebuah tes internal angka konsumsi bahan bakar terefisien dikatakan mencapai 25.6 km/liter.

Uniknya Mode Sport di Honda CR-V Hybrid
Photo : Honda

Ini dikarenakan bantuan dari motor elektrik menambah tenaga mobil ketika berada dalam kecepatan rendah atau saat akselerasi sehingga tidak terlalu boros bensin.

“Sistem pembakaran Stoikiometri dalam rentang beban tinggi memperluas jangkauan bahan bakar Honda CR-V Hybrid,” jelas Eisuke di Canna Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan eCVT memiliki motor penggerak dan generator berukuran kecil disusun paralel pada poros terpisah. 

“Tergantung kondisi jalan, (output) tenaga jadi lebih efisien karena bisa beralih secara otomatis menggunakan tenaga motor atau mesin. Ringkasnya seperti itu,” ungkap Eisuke.

Sehingga penggunaan eCVT disebut memaksimalkan kinerja Honda CR-V Hybrid agar lebih efisien bahan bakar. 

Pemakaian roda gigi terpisah untuk penggerak motor elektrik dan mesin disebut bisa meningkatkan tenaga penggerak dan mendongkrak kecepatan maksimum dalam kecepatan tinggi.

“Digunakan Atkinson Cycle untuk menghitung mana yang lebih efisien,” ucap Eisuke.

Memakai sistem Atkinson Cycle, teknologi e:HEV pada CR-V Hybrid memberikan tenaga kepada motor generator untuk menghasilkan daya listrik langsung ke roda saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi.

Uniknya Mode Sport di Honda CR-V Hybrid
Photo : Honda

Lalu putaran mesin diteruskan oleh generator eCVT untuk menghasilkan daya listrik dan disalurkan kembali ke baterai.

Untuk diketahui eCVT dikontrol oleh Power Control Unit yang mengatur kebutuhan listrik antara baterai maupun motor penggerak. Perawatan juga diklaim tidak ada perbedaan signifikan.


Terkini

otosport
Hasil MotoGP Valencia 2025

Hasil MotoGP Valencia 2025: Akhir Manis buat Bezzecchi

Marco Bezzecchi tutup musim ini dengan capaian manis di MotoGP Valencia 2025 dengan finish pertama

mobil
Mazda Siap Boyong EZ-6 Kembaran Deepal LO7, Changan Buka Suara

Mazda Siap Boyong EZ-6 Kembaran Deepal LO7, Changan Buka Suara

Mazda EZ-6 dan Changan Deepal LO7 sama-sama berpeluang besar untuk dipasarkan ke konsumen di Tanah Air

mobil
Klarifikasi Chery Soal Insiden Fengyun X3L di Gunung Tianmen

Klarifikasi Chery Soal Insiden Fengyun X3L di Gunung Tianmen

Chery beri penjelasan soal Fengyun X3L yang alami kecelakaan saat sedang uji ketangguhan di Gunung Tianmen

mobil
Suzuki Ertiga Hybrid

Pilihan Suzuki Ertiga Bekas Lansiran 2024 Kini Makin Beragam

Suzuki Ertiga bekas lansiran 2024 bisa jadi pilihan masyarakat buat berkendara saat libur Natal dan tahun baru

news
Honda Bikers Day 2025

Honda Bikers Day 2025 Disambangi 32 Ribu Rider Tanah Air

Puncak acara Honda Bikers Day 2025 memberikan pengalaman berbeda di Garut dengan puluhan ribu pemotor

komunitas
Honda Culture Indonesia 2025

Honda Culture Indonesia Kembali Digelar, Ajak Puluhan Komunitas

Banyak kegiatan menarik disuguhkan buat para anggota komunitas selama Honda Culture Indonesia berlangsung

motor
Honda ADV 160

Jelajah Jawa Barat Pakai Honda ADV 160 Roadsync Menuju HBD 2025

Honda ADV 160 membuktikan performanya dalam perjalanan melintasi pantai selatan Jawa Barat menuju HBD 2025

mobil
Toyota Calya bekas

Toyota Calya Bekas Lansiran 2024 Pilihannya Makin Banyak

Pilihan Toyota Calya bekas lansiran 2024 makin menarik karena ada program TDP Rp 7 jutaan dan tenor panjang