Begini Cara Kerja eCVT di Honda CR-V Hybrid

Diklaim berbeda dengan transmisi CVT pada mobil konvensional, ini cara kerja eCVT pada Honda CR-V Hybrid

Begini Cara Kerja eCVT di Honda CR-V Hybrid

TRENOTO – CR-V jadi satu-satunya mobil hybrid Honda yang ditawarkan untuk masyarakat Indonesia. Ada beberapa keunggulan ditawarkan buat SUV flagship itu mulai dari desain terbaru sampai fitur mumpuni.

Hal baru di Honda CR-V Hybrid atau e:HEV adalah penggunaan transmisi otomatis model eCVT, diklaim sebagai transmisi khusus mobil hybrid Honda.

Eisuke Satoh, Development Leader from Automobile Development Center, Automobile Operations Honda memaparkan bahwa eCVT merupakan bagian dari sistem e:HEV.

Bicara secara keseluruhan sistem e:HEV atau hybrid pada mobil Honda disebut hemat bahan bakar dan meningkatkan performa kendaraan. Pada sebuah tes internal angka konsumsi bahan bakar terefisien dikatakan mencapai 25.6 km/liter.

Uniknya Mode Sport di Honda CR-V Hybrid
Photo : Honda

Ini dikarenakan bantuan dari motor elektrik menambah tenaga mobil ketika berada dalam kecepatan rendah atau saat akselerasi sehingga tidak terlalu boros bensin.

“Sistem pembakaran Stoikiometri dalam rentang beban tinggi memperluas jangkauan bahan bakar Honda CR-V Hybrid,” jelas Eisuke di Canna Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan eCVT memiliki motor penggerak dan generator berukuran kecil disusun paralel pada poros terpisah. 

“Tergantung kondisi jalan, (output) tenaga jadi lebih efisien karena bisa beralih secara otomatis menggunakan tenaga motor atau mesin. Ringkasnya seperti itu,” ungkap Eisuke.

Sehingga penggunaan eCVT disebut memaksimalkan kinerja Honda CR-V Hybrid agar lebih efisien bahan bakar. 

Pemakaian roda gigi terpisah untuk penggerak motor elektrik dan mesin disebut bisa meningkatkan tenaga penggerak dan mendongkrak kecepatan maksimum dalam kecepatan tinggi.

“Digunakan Atkinson Cycle untuk menghitung mana yang lebih efisien,” ucap Eisuke.

Memakai sistem Atkinson Cycle, teknologi e:HEV pada CR-V Hybrid memberikan tenaga kepada motor generator untuk menghasilkan daya listrik langsung ke roda saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi.

Uniknya Mode Sport di Honda CR-V Hybrid
Photo : Honda

Lalu putaran mesin diteruskan oleh generator eCVT untuk menghasilkan daya listrik dan disalurkan kembali ke baterai.

Untuk diketahui eCVT dikontrol oleh Power Control Unit yang mengatur kebutuhan listrik antara baterai maupun motor penggerak. Perawatan juga diklaim tidak ada perbedaan signifikan.


Terkini

news
Simak Rekayasa Lalu Lintas saat Pesta Rakyat 17 Agustus  di Monas

Simak Rekayasa Lalu Lintas saat Pesta Rakyat 17 Agustus di Monas

Dishub DKI Jakarta telah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat Pesta Rakyat menyambut HUT RI ke-80 di Monas

mobil
Hyundai Sorot Positifnya Penjualan Mobil di Segmen Menengah ke Atas

Hyundai Sorot Positifnya Penjualan Mobil Mahal di Indonesia

Bertolak belakang dengan penjualan mobil murah, Hyundai sebut kendaraan premium lebih stabil karena hal ini

news
Pemutihan pajak

Ada Pemutihan Pajak di Bengkulu, Berlaku Hingga Akhir Tahun

Pemerintah Bengkulu gelar pemutihan pajak yang berlaku hingga akhir tahun untuk memudahkan masyarakat

otosport
MotoGP Austria 2025, Fadillah Arbi Bakal Balapan di Moto3

MotoGP Austria 2025, Fadillah Arbi Bakal Mentas di Moto3

Fadillah Arbi Aditama akan mentas di Moto3 Austria 2025 buat gantikan pembalap asal Thailand yang cedera

news
Transjakarta

Dishub Paparkan Alasan Koridor 9 Transjakarta Banyak Kecelakaan

Koridor 9 Transjakarta dikenal sebagai rute yang kerap terhambat karena adanya kecelakaan lalu lintas

mobil
Rapor Penjualan Mobil di GIIAS 2025, BYD Kejar Toyota

Rapor Penjualan Mobil di GIIAS 2025, BYD Kejar Toyota

Beberapa merek kendaraan roda empat telah mempublikasikan perolehan SPK selama GIIAS 2025, simak datanya

mobil
Wholesales LMPV Juli 2025

Wholesales LMPV Juli 2025, BYD M6 Bertahan di 3 Besar

Capaian wholesales LMPV sepanjang Juli 2025 naik dari Juni, urutan pertama masih ditempati Toyota Avanza

news
Ganjil genap Puncak

Ganjil Genap Puncak 15 Agustus 2025, Waktunya Lebih Panjang

Sambut libur panjang, ganjil genap Puncak 15 Agustus 2025 akan diberlakukan lebih lama dari biasanya