Cicido Hadirkan Aksesoris untuk Tingkatkan Kenyamanan Berkendara
13 Desember 2025, 11:00 WIB
Terdapat beberapa pertimbangan ketika Mazda ingin menambah diler baru untuk melayani masyarakat di Indonesia
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Penjualan mobil di Indonesia masih belum juga membaik. Ambil contoh pada September 2024, hanya ada 72.366 unit saja.
Angka di atas jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan satu bulan sebelumnya. Sebab di Agustus 2024 membukukan 76.808 kendaraan roda empat.
Berangkat dari hal tersebut banyak pabrikan yang melakukan penyesuaian strategi. Hal ini demi membuat mereka tetap bisa berjualan.
Namun hal berbeda justru dilakukan oleh Mazda. Jenama asal Jepang itu baru saja meresmikan diler anyar di Fatmawati, Jakarta Selatan.
Menurut mereka ada beberapa hal yang diperhitungkan. Apalagi jika mempertimbangkan kondisi penjualan motor di Tanah Air.
“Pada waktu membuka diler ini kami mempertimbangkan Primary Market Area. Kemudian segmentasi dari masyarakat di daerah itu seperti apa,” ungkap Ricky Thio, COO (Chief Operating Officer) PT EMI (Eurokars Motor Indonesia) di Jakarta Selatan, Selasa (15/10).
Lalu Mazda turut menghitung tingkat produktivitas dari penjualan serta layanan bengkel pada calon diler baru mereka..
Sebab kedua hal itu yang mendorong pertumbuhan diler Mazda di Tanah Air. Sehingga dapat melayani konsumen setia.
“Kalau bengkel saya mau pastikan produktivitasnya cukup tinggi. Jadi kebutuhan atau profit dari bengkel ini bisa maksimal,” lanjut Ricky.
Hal senada turut dilontarkan Nugroho, Direktur Sun Motor Jakarta. Ia mengungkapkan pihaknya tidak masalah mendirikan diler baru.
Apalagi saat penjualan mobil sedang tidak bergairah. Pasalnya mereka melihat ada potensi peningkatan ke depannya.
“Sun Motor sudah berpengalaman sejak 1980-an atau sekitar 40 tahunan. Kami telah mengalami naik atau turunnya industri otomotif,” kata dia.
Nugroho menerangkan kalau volume kendaraan roda empat di Indonesia masih cukup rendah. Jadi potensi buat meningkat lumayan besar.
Kendati demikian ia tidak memungkiri bahwa kondisi ekonomi di Tanah Air saat ini memang belum stabil. Jadi cukup mempengaruhi penjualan mobil.
Di sisi lain untuk menggoda konsumen, mereka turut menghadirkan berbagai program menarik. Ambil contoh promo jasa servis sebesar 10-15 persen dan suku cadang hingga 10 persen.
Kemudian bunga nol persen selama satu tahun untuk pembelian mobil Mazda tertentu dengan masa angsuran sampai tujuh tahun.
Selain itu pelanggan yang melakukan perawatan berkala selama masa pembukaan bakal mendapatkan souvenir spesial.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
13 Desember 2025, 11:00 WIB
13 Desember 2025, 07:00 WIB
11 Desember 2025, 21:30 WIB
11 Desember 2025, 11:00 WIB
11 Desember 2025, 08:00 WIB
Terkini
14 Desember 2025, 22:00 WIB
Mitsubishi Destinator memiliki performa yang selama ini diidam-idamkan para pengguna mobil harian di Tanah Air
14 Desember 2025, 21:08 WIB
MPV hasil kerja sama Chery dengan Huawei yakni V9 bakal dipasarkan di bawah merek Luxeed, jadi rival Denza D9
14 Desember 2025, 21:05 WIB
Berbeda dengan kebanyakan penyanyi, Arlida Putri justru dikenal memiliki ketertarikan pada motor ketimbang mobil
14 Desember 2025, 19:00 WIB
Ada beragam tujuan touring motor yang bisa disambangi saat libur Nataru 2025-2026, seperti ke Ciwidey Bandung
14 Desember 2025, 17:00 WIB
Daihatsu Terios dimanfaatkan sebagai teman setia setiap perjalanan karena performanya yang bisa diandalkan
14 Desember 2025, 15:00 WIB
Forwot Car of The Year 2025 siap digelar dengan menilai lebih dari 50 mobil yang baru meluncur di Indonesia
14 Desember 2025, 13:00 WIB
Sebanyak 60 persen konsumen beli kendaraan secara kredit, BYD akan permudah lewat perusahaan leasing mandiri
14 Desember 2025, 11:00 WIB
BYD telah menerima masukan dari pemerintah Indonesia terkait pembangunan pabrik mereka di Subang, Jawa Barat