Hyundai Elexio Meluncur Pakai Baterai BYD, Harga Rp 200 Jutaan
30 Oktober 2025, 21:10 WIB
Hyundai dituntut oleh pelanggan di Amerika Serikat, masalah pengereman yang berpengaruh pada keselamatan
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Pada awal Juni 2025, Hyundai harus menghadapi tuntutan dari pelanggannya di California. Pabrikan asal Korea Selatan itu diduga telah menyembunyikan masalah rem ABS serta traction control di Palisade keluaran 2023 hingga 2025.
Kerusakan itu berpotensi menyebabkan kendaraan tergelincir saat melakukan pengereman di permukaan kasar atau tidak rata. Meski demikian di Amerika Serikat, masalah tersebut bukanlah sesuatu yang signifikan sehingga kurang mendapat atensi.
Dilansir dari Carscoops pemilik Hyundai Palisade juga melaporkan masalah suspensi belakang yang sudah terjadi selama bertahun-tahun. Pabrikan asal Korea Selatan itu diklaim sudah melakukan perbaikan tetapi keluhan belum rampung.
Bahkan puluhan pelanggan pun sudah mengungkap bahwa masalah tersebut umum terjadi terlebih ketika mobil sudah menempuh jarak 20.000 mil (32.186 km) dan 60.000 mil (96.560 km). Pemilik kerap menggambarkan bantingan pada bagian belakang menjadi sangat kasar, tidak rata dan sering kali disertai dengan shock belakang yang bocor.
Namun kerusakan sepertinya hanya terjadi pada varian atas yang sudah dibekali suspensi self-leveling. Sistem tersebut membuat ketinggian mobil bisa tetap stabil meski tengah melalui jalan tidak rata sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara.
Sayangnya pengaturan tidak berjalan dengan semestinya. Suspensi cenderung rentang dan membuat pelanggan jadi jauh dari kata nyaman.
Untuk mengatasinya banyak pemilik beralih ke suspensi purnajual atau bahkan menggantinya dengan sistem yang lebih rendah.
Hyundai tampaknya sudah mengetahui masalah tersebut dan berupa mencari solusi. Bahkan di awal 2022 perusahaan telah mengeluarkan buletin layanan teknis yang menyampaikan Palisade dengan shock self-leveling dilengkapi rakitan isolator mudah rusak.
Akibatnya menimbulkan suara ketukan atau derak di kendaraan sehingga membuat perjalanan jadi kurang nyaman. Namun Hyundai menyebut bahwa kondisi tersebut hanya terjadi pada Palisade 2020-2021 varian tertentu dan bisa segera diganti.
Meski langkah Hyundai disambut positif pelanggan tapi ternyata masalah serupa masing terus berulang.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
30 Oktober 2025, 21:10 WIB
22 Oktober 2025, 10:00 WIB
16 Oktober 2025, 14:00 WIB
15 Oktober 2025, 18:36 WIB
15 Oktober 2025, 17:00 WIB
Terkini
01 November 2025, 17:00 WIB
Erga EV dengan teknologi Autonomous Driving mulai diuji, beroperasi tanpa sopir sesuai rute yang ditentukan
01 November 2025, 15:00 WIB
Geely menargetkan untuk bisa memiliki tujuh model berbeda dalam tiga tahun untuk memberi pilihan ke pelanggan
01 November 2025, 15:00 WIB
Geely mengakui telah menggunakan teknologi dari berbagai brand global untuk mengembangkan kendaraan yang dijual
01 November 2025, 13:00 WIB
Harga BBM di sejumlah SPBU swasta terjadi penyesuaian bulan ini, selain itu stok dari BP AKR perlahan pulih
01 November 2025, 11:00 WIB
Geely dan Changan disebut sebagai dua merek yang jadi kompetitor kuat BYD sepanjang kuartal ketiga 2025
01 November 2025, 09:00 WIB
Tim KatadataOTO mendapat kesempatan untuk menjajal singkat mobil listrik Changan Deepal S07 di Chongqing, Cina
01 November 2025, 07:00 WIB
Xpeng X9 hadir dalam opsi EREV, diklaim sebagai MPV dengan jarak tempuh terjauh dan berpeluang masuk RI
01 November 2025, 06:00 WIB
GAC Aion harus merakit lokal unit sesuai dengan jumlah yang diimpor selama pemberian insentif di 2025