Harga LMPV di Maret 2025, Bisa Dipakai Buat Mudik Lebaran
21 Maret 2025, 16:00 WIB
Mencoba Suzuki XL7 di berbagai medan jalan sekaligus menikmati berbagai fitur unggulannya bersama keluarga
Oleh Denny Basudewa
TRENOTO – Suzuki XL7 hadir sebagai kendaraan jenis SUV yang dikembangkan dari Low MPV mereka yakni Ertiga. Diluncurkan pertama kalinya pada Februari 2020, XL7 telah menggunakan platform terbaru Suzuki yakni HEARTECT.
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebelumnya telah menyematkan platform yang sama pada Ignis, Baleno dan Swift. Teknologi yang disematkan pada sasis ini, dikatakan membuat bobot kendaraan lebih ringan hingga 30 kilogram.
Di Tanah Air, XL7 masuk ke segmen Low SUV yang di dalamnya sudah dihuni oleh Honda BR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Xpander Cross dan DFSK Glory 560.
Meskipun merupakan unit yang dikembangkan dari Ertiga terkini, namun SIS menyebutnya sebagai model baru. Hal ini dikarenakan Suzuki XL7 menggunakan sekitar 300 komponen berbeda dibandingkan Ertiga.
Ubahannya tidak mencakup pada bagian mesin, karena mesin Ertiga dan XL7 sama saja yakni 1.5L dengan kode K15B. Mesinnya berkonfigurasi empat-silinder dan disandingkan bersama pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.
Pada kesempatan kali ini, Kami (TrenOto) berkesempatan untuk mencoba Suzuki XL7. Kami mencoba unit satu ini di berbagai medan jalan mulai dari aspal hingga perbukitan.
Bicara tampilan mobil sebenarnya tidak terlalu menarik lagi karena unitnya sudah cukup banyak di jalanan. Untuk diketahui bahwa Suzuki XL7 saat ini merupakan unit yang lebih laris daripada Ertiga terbaru itu sendiri.
Seperti disebutkan di atas, pembeda XL7 dan Ertiga memiliki perbedaan komponen sekitar 300 unit. Paling kentara perbedaan kedua unit tampak pada fascia depan.
Sebagai SUV, XL7 memang tampak lebih garang dengan penambahan beberapa ornamen. Adapun penggunaan roof rail menjadi salah satu ciri khas SUV dan ada pada XL7.
Seperti Ignis, Suzuki juga menawarkan pilihan warna bodi two tone untuk Low SUV andalannya saat ini.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
21 Maret 2025, 16:00 WIB
02 Maret 2025, 10:26 WIB
01 Maret 2025, 15:00 WIB
20 Februari 2025, 07:00 WIB
17 Februari 2025, 12:00 WIB
Terkini
03 Juli 2025, 22:00 WIB
Aprilia tengah menyiapkan rencana cadangan dengan mendekati Bastianini buat mengantisipasi kepergian Martin
03 Juli 2025, 21:00 WIB
Desain baru MG 4 EV resmi diperkenalkan di Cina dengan tampilan yang lebih ramah dibanding sebelumnya
03 Juli 2025, 20:00 WIB
Pengamat sorot sejumlah hal yang harus dilakukan produsen Jepang bertahan di tengah gempuran mobil BYD
03 Juli 2025, 19:00 WIB
Menurut Jaecoo dengan bergabung bersama Chery mereka tidak gentar buat bersaing dengan pabrikan Jepang
03 Juli 2025, 18:00 WIB
Penjualan BYD Group di Juni 2025 berhasil lampaui wholesales mobil Indonesia periode Januari sampai Mei 2025
03 Juli 2025, 17:00 WIB
Peneliti ungkap masih ada produsen EV roda dua yang enggan menguji keamanan baterai dengan alasan biaya mahal
03 Juli 2025, 16:00 WIB
Kemenko Infra mengaku tengah menyiapkan aturan tarif atas dan bawah sopir logistik demi berantas truk ODOL
03 Juli 2025, 15:00 WIB
BYD Sealion 05 EV terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan berpeluang hadir di GIIAS 2025