Alasan Kenapa Mobil Listrik Sebaiknya Dibekali ADAS

ADAS di mobil listrik jadi salah satu usaha preventif kecelakaan fatal yang dapat menyebabkan mobil terbakar

Alasan Kenapa Mobil Listrik Sebaiknya Dibekali ADAS

KatadataOTO – Kecelakaan pada mobil listrik khususnya yang menggunakan baterai tipe Lithium-Ion bisa dibilang lebih berbahaya. Pasalnya material baterai itu mudah terbakar.

Sebelumnya dijelaskan bahwa sumber daya berbasis Lithium-Ion belakangan kerap mengalami Thermal Run Out dan terbakar sampai meledak. 

Karena baterai tersebut menggunakan kobalt oksida atau nikel mangan kobalt oksida dengan kepadatan energi tinggi. Artinya baterai semakin reaktif dan sensitif terhadap benturan maupun panas berlebih.

Terbarunya kecelakaan Tesla Cybertruck di Texas, Amerika Serikat membuat truk bertenaga listrik itu terbakar habis sampai menewaskan pengemudi. Diketahui Cybertruck pakai baterai NMC (Nickel Cobalt Manganese) yang tergabung dalam sistem Lithium-Ion.

7 Mobil Baru Hyundai
Photo : Hyundai

Pengamat otomotif mengungkapkan bahwa hal itu membuat beberapa manufaktur kemudian menggunakan LFP (LiFePO4 atau Lithium Ferro Phosphate) karena memiliki densitas energi lebih rendah dibandingkan Lithium-Ion.

Meski tetap memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, LFP diklaim lebih aman karena memiliki stabilitas kimia baik dan memiliki risiko kegagalan rendah.

Mengingat kecelakaan mobil listrik berpeluang sebabkan kebakaran yang hampir mustahil dipadamkan, keberadaan ADAS (Advanced Driver Assistance System) penting sebagai langkah preventif kecelakaan.

“Torsi instan merupakan salah satu keunggulan EV disukai pemakainya, memberikan akselerasi cepat dan memang bisa mengejutkan pengemudi baru yang terbiasa dengan mobil konvensional,” ucap Yannes Martinus Pasaribu, pengamat otomotif dan akademisi ITB (Institut Teknologi Bandung) kepada KatadataOTO belum lama ini.

ADAS bukan menjamin keamanan namun membantu pengemudi agar lebih berhati-hati dalam mengendalikan kendaraannya. Menurut Yannes saat ini banyak EV (Electric Vehicle) sudah dilengkapi ADAS.

Rangkaian fitur-fitur keselamatan sama seperti pada mobil konvensional seperti Traction Control, Forward Collision Warning sampai Automatic Emergency Braking.

“(ADAS) dapat membantu pengemudi mengontrol kecepatan dan menjaga jarak aman dengan kendaraan lain,” tegas Yannes.

Spesifikasi GAC Aion ES
Photo : KatadataOTO

Sekadar informasi masih ada sejumlah model mobil listrik tak dilengkapi ADAS. Misal Citroen E-C3 dan sedan GAC Aion ES.

Dari pihak Citroen sendiri mengaku absennya ADAS pada E-C3 adalah karena pertimbangan untuk mempertahankan harga jual akhir kompetitif di Rp 300 jutaan.

GAC Aion juga membeberkan alasan serupa. Menurut mereka pasar yang ditargetkan buat Aion ES dirasa belum membutuhkan teknologi tersebut.


Terkini

mobil
Hyundai Palisade bekas

Hyundai Palisade Bekas Lansiran 2022 Lebih Murah Rp 300 jutaan

Hyundai Palisade bekas lansiran 2022 harganya mengalami penurunan Rp 300 jutaan dibandingkan unit baru

mobil
Toyota Yaris bakpao

Pilihan Toyota Yaris Bekas Lansiran 2013, Harganya Masih Tinggi

Toyota Yaris bekas lansiran 2013 masih memiliki harga yang cukup bertahan meski usianya sudah cukup tua

mobil
Honda Freed bekas

Penyebab Harga Honda Freed Bekas Masih Bertahan

Harga Honda Freed bekas terbilang masih bertahan dan bahkan lebih tinggi dibandingkan mobil berusia muda

news
Penjualan Mobil Listrik Lemah, Banyak Merek Batal Elektrifikasi

Penjualan Mobil Listrik Loyo, Banyak Merek Batal Elektrifikasi

Di pasar global penjualan mobil listrik dianggap lemah, banyak merek akhirnya batalkan rencana elektrifikasi

mobil
Harga Toyota Raize yang Digunakan Paus Fransiskus di Papua Nugini

Harga Toyota Raize yang Digunakan Paus Fransiskus di Papua Nugini

Segini harga Toyota Raize yang digunakan Paus Fransiskus selama kunjungannya di Papua Nugini beberapa hari

mobil
Hyundai Stargazer bekas

Hyundai Stargazer Bekas Diminati Pelanggan yang Ingin Tampil Beda

Pelanggan Hyundai Stargazer bekas kebanyakan ingin tampil beda jika dibandingkan dengan low MPV lainnya

news
Asosiasi Tanggapi Kemungkinan RI Produksi Mobil Listrik Nasional

Asosiasi Tanggapi Kemungkinan RI Produksi Mobil Listrik Nasional

Sebelumnya pernah disinggung oleh Menko Marves, asosiasi percaya RI bisa produksi mobil listrik nasional

mobil
Jalan Menuju Penggunaan Mobil Hidrogen Masih Jauh, Banyak Kendala

Jalan Menuju Penggunaan Mobil Hidrogen Masih Jauh, Banyak Kendala

Mobil hidrogen diklaim lebih efisien, hanya saja implementasinya di Indonesia masih temui banyak kendala