Yamaha Ubah Nasib Pemilik Mio M3 Asal Poso di IMOS 2025
26 September 2025, 11:00 WIB
YIMM buka kemungkinan menyematkan fitur turbo atau YECVT ke Yamaha Lexi LX 155 untuk pasar Indonesia
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) telah meluncurkan Aerox Alpha. Sejumlah penyegaran ditawarkan ke konsumen di Tanah Air.
Seperti penyematan fitur turbo, yakni YECVT (Yamaha Electric Continuous Variable Transmission) yang menggantikan sistem CVT konvensional.
Fitur tersebut pertama kali dikenalkan saat Yamaha Nmax Turbo mengaspal. Diklaim mendapat sambutan cukup positif dari pencinta otomotif.
Pabrikan berlambang garpu tala ini pun membuka kemungkinan bakal menyematkan teknologi serupa ke produk lain, misal Yamaha Lexi LX 155.
“Kita lihat demand-nya, kalau Lexi memang membutuhkan (turbo), ya bisa kita studi kan,” ucap Rifki Maulana, PR, YRA & Community Manager PT YIMM di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.
Rifki menjelaskan bahwa YECVT sangat memunkinkan diberikan ke keluarga Maxi Yamaha paling terjangkau ini. Mengingat Lexi LX 155 memiliki basis mesin yang hampir serupa.
Sehingga bukan perkara sulit buat mereka untuk melakukan hal tersebut. Manufaktur asal Jepang itu hanya masih melihat setinggi apa permintaan dari pasar.
“Karena resource dan mesinnya sudah ada, tinggal (permintaan dari) market saja. Platform sama dengan Nmax serta Aerox, tetapi bukan total karena frame berbeda,” lanjut Rifki.
Memang jika dilihat, beberapa waktu lalu Nmax jadi motor pertama yang menerapkan Y-Connect pada awal 2020. Kemudian menyebar ke model Maxi lain, seperti Aerox, Xmax sampai Lexi.
Jadi bukan tidak mungkin Yamaha Lexi LX 155 di masa mendatang mengadopsi YECVT seperti kedua saudaranya yang sudah diniagakan lebih dulu.
Sebagai informasi, YECVT menggantikan sistem CVT konvensional. Cara kerjanya dengan mengandalkan motor listrik untuk menggerakan Pulley depan.
Kemudian memanfaatkan sejumlah komponen kelistrikan. Meliputi Control Unit, Actuator serta sejumlah sensor lain.
Patut diketahui, YECVT terdiri dari Sheave Assy, Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan Gear Reduction Driven.
Yamaha pun merancang Pulley yang lebih besar 10 mm, V-belt 0,8 mm sert Spring Secondary lebih panjang serta keras. Sehingga dapat meningkatkan akselerasi.
Apalagi tersedia Y-Shift dengan tiga tingkatan, mulai dari Low (1), Medium (2) dan High (3). Cocok digunakan ketika ingin mendahului kendaraan di depan.
Selanjutnya saat Anda akan melewati tanjakan yang curam. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan di jalan raya.
Lalu pengguna bisa merasakan sensasi turbo pada Yamaha Nmax dan Aerox baru dengan pilihan dua mode berkendara, yakni T-Mode (Town Commuting) serta S-Mode (Sport Touring).
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
26 September 2025, 11:00 WIB
24 September 2025, 19:00 WIB
24 September 2025, 11:16 WIB
18 September 2025, 21:00 WIB
16 September 2025, 14:00 WIB
Terkini
27 September 2025, 07:00 WIB
Suzuki Ertiga Hybrid bekas lansiran 2024 ditawarkan dengan harga menarik dan cicilannya mulai dari Rp 5 jutaan
26 September 2025, 22:00 WIB
Ada lima motor termahal yang unjuk gigi dalam pameran IMOS 2025, mulai dari XL750 Transalp sampai Road Glide
26 September 2025, 21:00 WIB
TGRI berhasil mendominasi podium di Kerjunas Slalom Yogyakarta 2025 mengandalkan new Toyota Agya GR Sport
26 September 2025, 20:00 WIB
Rangkaian acara Honda Culture Indonesia volume 2 kembali digelar, kali ini bertempat di Bandung dan Palembang
26 September 2025, 19:00 WIB
MotoGP Jepang 2025 bakal jadi momen penentuan buat beberapa pembalap termasuk Marc Marquez dan Alex Marquez
26 September 2025, 18:00 WIB
Masih ada pameran otomotif jelang akhir 2025, Daihatsu sebut jadi dorongan untuk penjualan mobil domestik
26 September 2025, 17:00 WIB
Insiden atau kecelakaan kerja ini terjadi di pabrik Tesla. Sang pekerja menuntut setelah dihantam robot hingga nyaris Rp 1 triliun
26 September 2025, 16:00 WIB
Alva gandeng Dominate untuk menghadirkan apparel berdesain dinamis yang membuat mereka fokus ke gaya hidup