Wholesales Motor Baru Menguat di Juli 2025, Tertinggi Tahun Ini
11 Agustus 2025, 11:00 WIB
YIMM buka kemungkinan menyematkan fitur turbo atau YECVT ke Yamaha Lexi LX 155 untuk pasar Indonesia
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) telah meluncurkan Aerox Alpha. Sejumlah penyegaran ditawarkan ke konsumen di Tanah Air.
Seperti penyematan fitur turbo, yakni YECVT (Yamaha Electric Continuous Variable Transmission) yang menggantikan sistem CVT konvensional.
Fitur tersebut pertama kali dikenalkan saat Yamaha Nmax Turbo mengaspal. Diklaim mendapat sambutan cukup positif dari pencinta otomotif.
Pabrikan berlambang garpu tala ini pun membuka kemungkinan bakal menyematkan teknologi serupa ke produk lain, misal Yamaha Lexi LX 155.
“Kita lihat demand-nya, kalau Lexi memang membutuhkan (turbo), ya bisa kita studi kan,” ucap Rifki Maulana, PR, YRA & Community Manager PT YIMM di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.
Rifki menjelaskan bahwa YECVT sangat memunkinkan diberikan ke keluarga Maxi Yamaha paling terjangkau ini. Mengingat Lexi LX 155 memiliki basis mesin yang hampir serupa.
Sehingga bukan perkara sulit buat mereka untuk melakukan hal tersebut. Manufaktur asal Jepang itu hanya masih melihat setinggi apa permintaan dari pasar.
“Karena resource dan mesinnya sudah ada, tinggal (permintaan dari) market saja. Platform sama dengan Nmax serta Aerox, tetapi bukan total karena frame berbeda,” lanjut Rifki.
Memang jika dilihat, beberapa waktu lalu Nmax jadi motor pertama yang menerapkan Y-Connect pada awal 2020. Kemudian menyebar ke model Maxi lain, seperti Aerox, Xmax sampai Lexi.
Jadi bukan tidak mungkin Yamaha Lexi LX 155 di masa mendatang mengadopsi YECVT seperti kedua saudaranya yang sudah diniagakan lebih dulu.
Sebagai informasi, YECVT menggantikan sistem CVT konvensional. Cara kerjanya dengan mengandalkan motor listrik untuk menggerakan Pulley depan.
Kemudian memanfaatkan sejumlah komponen kelistrikan. Meliputi Control Unit, Actuator serta sejumlah sensor lain.
Patut diketahui, YECVT terdiri dari Sheave Assy, Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan Gear Reduction Driven.
Yamaha pun merancang Pulley yang lebih besar 10 mm, V-belt 0,8 mm sert Spring Secondary lebih panjang serta keras. Sehingga dapat meningkatkan akselerasi.
Apalagi tersedia Y-Shift dengan tiga tingkatan, mulai dari Low (1), Medium (2) dan High (3). Cocok digunakan ketika ingin mendahului kendaraan di depan.
Selanjutnya saat Anda akan melewati tanjakan yang curam. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan di jalan raya.
Lalu pengguna bisa merasakan sensasi turbo pada Yamaha Nmax dan Aerox baru dengan pilihan dua mode berkendara, yakni T-Mode (Town Commuting) serta S-Mode (Sport Touring).
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
11 Agustus 2025, 11:00 WIB
09 Agustus 2025, 14:04 WIB
15 Juli 2025, 08:00 WIB
10 Juli 2025, 10:00 WIB
07 Juli 2025, 20:00 WIB
Terkini
15 Agustus 2025, 21:00 WIB
Dishub DKI Jakarta telah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat Pesta Rakyat menyambut HUT RI ke-80 di Monas
15 Agustus 2025, 20:00 WIB
Bertolak belakang dengan penjualan mobil murah, Hyundai sebut kendaraan premium lebih stabil karena hal ini
15 Agustus 2025, 19:00 WIB
Pemerintah Bengkulu gelar pemutihan pajak yang berlaku hingga akhir tahun untuk memudahkan masyarakat
15 Agustus 2025, 18:00 WIB
Fadillah Arbi Aditama akan mentas di Moto3 Austria 2025 buat gantikan pembalap asal Thailand yang cedera
15 Agustus 2025, 17:00 WIB
Koridor 9 Transjakarta dikenal sebagai rute yang kerap terhambat karena adanya kecelakaan lalu lintas
15 Agustus 2025, 16:00 WIB
Beberapa merek kendaraan roda empat telah mempublikasikan perolehan SPK selama GIIAS 2025, simak datanya
15 Agustus 2025, 15:00 WIB
Capaian wholesales LMPV sepanjang Juli 2025 naik dari Juni, urutan pertama masih ditempati Toyota Avanza
15 Agustus 2025, 14:00 WIB
Sambut libur panjang, ganjil genap Puncak 15 Agustus 2025 akan diberlakukan lebih lama dari biasanya