Daftar Motor Baru yang Meluncur di 2024, Ada Beat sampai Aerox
29 Desember 2024, 08:00 WIB
YIMM buka kemungkinan menyematkan fitur turbo atau YECVT ke Yamaha Lexi LX 155 untuk pasar Indonesia
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) telah meluncurkan Aerox Alpha. Sejumlah penyegaran ditawarkan ke konsumen di Tanah Air.
Seperti penyematan fitur turbo, yakni YECVT (Yamaha Electric Continuous Variable Transmission) yang menggantikan sistem CVT konvensional.
Fitur tersebut pertama kali dikenalkan saat Yamaha Nmax Turbo mengaspal. Diklaim mendapat sambutan cukup positif dari pencinta otomotif.
Pabrikan berlambang garpu tala ini pun membuka kemungkinan bakal menyematkan teknologi serupa ke produk lain, misal Yamaha Lexi LX 155.
“Kita lihat demand-nya, kalau Lexi memang membutuhkan (turbo), ya bisa kita studi kan,” ucap Rifki Maulana, PR, YRA & Community Manager PT YIMM di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.
Rifki menjelaskan bahwa YECVT sangat memunkinkan diberikan ke keluarga Maxi Yamaha paling terjangkau ini. Mengingat Lexi LX 155 memiliki basis mesin yang hampir serupa.
Sehingga bukan perkara sulit buat mereka untuk melakukan hal tersebut. Manufaktur asal Jepang itu hanya masih melihat setinggi apa permintaan dari pasar.
“Karena resource dan mesinnya sudah ada, tinggal (permintaan dari) market saja. Platform sama dengan Nmax serta Aerox, tetapi bukan total karena frame berbeda,” lanjut Rifki.
Memang jika dilihat, beberapa waktu lalu Nmax jadi motor pertama yang menerapkan Y-Connect pada awal 2020. Kemudian menyebar ke model Maxi lain, seperti Aerox, Xmax sampai Lexi.
Jadi bukan tidak mungkin Yamaha Lexi LX 155 di masa mendatang mengadopsi YECVT seperti kedua saudaranya yang sudah diniagakan lebih dulu.
Sebagai informasi, YECVT menggantikan sistem CVT konvensional. Cara kerjanya dengan mengandalkan motor listrik untuk menggerakan Pulley depan.
Kemudian memanfaatkan sejumlah komponen kelistrikan. Meliputi Control Unit, Actuator serta sejumlah sensor lain.
Patut diketahui, YECVT terdiri dari Sheave Assy, Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan Gear Reduction Driven.
Yamaha pun merancang Pulley yang lebih besar 10 mm, V-belt 0,8 mm sert Spring Secondary lebih panjang serta keras. Sehingga dapat meningkatkan akselerasi.
Apalagi tersedia Y-Shift dengan tiga tingkatan, mulai dari Low (1), Medium (2) dan High (3). Cocok digunakan ketika ingin mendahului kendaraan di depan.
Selanjutnya saat Anda akan melewati tanjakan yang curam. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan di jalan raya.
Lalu pengguna bisa merasakan sensasi turbo pada Yamaha Nmax dan Aerox baru dengan pilihan dua mode berkendara, yakni T-Mode (Town Commuting) serta S-Mode (Sport Touring).
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
29 Desember 2024, 08:00 WIB
29 Desember 2024, 06:52 WIB
24 Desember 2024, 12:00 WIB
23 Desember 2024, 09:00 WIB
20 Desember 2024, 10:00 WIB
Terkini
31 Desember 2024, 08:00 WIB
DAMD kembali menyiapkan modifikasi retro buat Tokyo Auto Salon 2025, salah satunya yakni Honda WR-V Reverb
31 Desember 2024, 07:00 WIB
Polisi bakal sekat jalan antara Bekasi dengan Jakarta di malam tahun baru untuk hindari kepadatan lalu lintas
31 Desember 2024, 06:00 WIB
Menjelang pergantian tahun, Polda Metro Jaya tetap mengoperasikan SIM Keliling Jakarta di lima tempat berbeda
31 Desember 2024, 06:00 WIB
Terakhir beroperasi di penghujung tahun, berikut informasi jadwal dan lokasi SIM keliling Bandung hari ini
31 Desember 2024, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta terakhir di 2024 dilakukan dengan pengawasan ketat dari para petugas di lapangan
30 Desember 2024, 23:38 WIB
Era mobil listrik di China datang lebih cepat dari perkiraan dan Indonesia juga ikut terkena dampaknya
30 Desember 2024, 21:00 WIB
Mulai 5 Januari 2025, pemerintah provinsi Jakarta menerapkan tarif pajak progresif kendaraan yang baru
30 Desember 2024, 20:00 WIB
Bapenda masih menggelar pemutihan pajak kendaraan Jakarta selama satu hari lagi atau sampai Rabu (31/12)