Yamaha Luncurkan Pelumas Yamalube untuk Skutik 125 cc
28 Juni 2025, 19:00 WIB
YIMM buka kemungkinan menyematkan fitur turbo atau YECVT ke Yamaha Lexi LX 155 untuk pasar Indonesia
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) telah meluncurkan Aerox Alpha. Sejumlah penyegaran ditawarkan ke konsumen di Tanah Air.
Seperti penyematan fitur turbo, yakni YECVT (Yamaha Electric Continuous Variable Transmission) yang menggantikan sistem CVT konvensional.
Fitur tersebut pertama kali dikenalkan saat Yamaha Nmax Turbo mengaspal. Diklaim mendapat sambutan cukup positif dari pencinta otomotif.
Pabrikan berlambang garpu tala ini pun membuka kemungkinan bakal menyematkan teknologi serupa ke produk lain, misal Yamaha Lexi LX 155.
“Kita lihat demand-nya, kalau Lexi memang membutuhkan (turbo), ya bisa kita studi kan,” ucap Rifki Maulana, PR, YRA & Community Manager PT YIMM di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.
Rifki menjelaskan bahwa YECVT sangat memunkinkan diberikan ke keluarga Maxi Yamaha paling terjangkau ini. Mengingat Lexi LX 155 memiliki basis mesin yang hampir serupa.
Sehingga bukan perkara sulit buat mereka untuk melakukan hal tersebut. Manufaktur asal Jepang itu hanya masih melihat setinggi apa permintaan dari pasar.
“Karena resource dan mesinnya sudah ada, tinggal (permintaan dari) market saja. Platform sama dengan Nmax serta Aerox, tetapi bukan total karena frame berbeda,” lanjut Rifki.
Memang jika dilihat, beberapa waktu lalu Nmax jadi motor pertama yang menerapkan Y-Connect pada awal 2020. Kemudian menyebar ke model Maxi lain, seperti Aerox, Xmax sampai Lexi.
Jadi bukan tidak mungkin Yamaha Lexi LX 155 di masa mendatang mengadopsi YECVT seperti kedua saudaranya yang sudah diniagakan lebih dulu.
Sebagai informasi, YECVT menggantikan sistem CVT konvensional. Cara kerjanya dengan mengandalkan motor listrik untuk menggerakan Pulley depan.
Kemudian memanfaatkan sejumlah komponen kelistrikan. Meliputi Control Unit, Actuator serta sejumlah sensor lain.
Patut diketahui, YECVT terdiri dari Sheave Assy, Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan Gear Reduction Driven.
Yamaha pun merancang Pulley yang lebih besar 10 mm, V-belt 0,8 mm sert Spring Secondary lebih panjang serta keras. Sehingga dapat meningkatkan akselerasi.
Apalagi tersedia Y-Shift dengan tiga tingkatan, mulai dari Low (1), Medium (2) dan High (3). Cocok digunakan ketika ingin mendahului kendaraan di depan.
Selanjutnya saat Anda akan melewati tanjakan yang curam. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan di jalan raya.
Lalu pengguna bisa merasakan sensasi turbo pada Yamaha Nmax dan Aerox baru dengan pilihan dua mode berkendara, yakni T-Mode (Town Commuting) serta S-Mode (Sport Touring).
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
28 Juni 2025, 19:00 WIB
22 Juni 2025, 21:16 WIB
22 Juni 2025, 07:51 WIB
21 Juni 2025, 18:50 WIB
19 Juni 2025, 07:00 WIB
Terkini
02 Juli 2025, 23:30 WIB
Ada 11 daerah yang melakukan pemutihan pajak kendaraan bermotor di Juli 2025, salah satunya adalah Jakarta
02 Juli 2025, 23:12 WIB
Alex Marquez dari tim Gresini Racing mengalami cedera patah tulang pada bagian metakarpal dan blm tau
02 Juli 2025, 22:30 WIB
Honda tunda pembangunan pabrik mobil hidrogen baru di Jepang karena akibat banyaknya perubahan pasar
02 Juli 2025, 22:00 WIB
Untuk memodifikasi audio mobil listrik harus menggunakan amplifier khusus yang mempunyai sistem koneksi A2B
02 Juli 2025, 21:00 WIB
Car Free Night rencananya bakal dilakukan uji coba pada 5 Juli 2025 di jalan Sudirman hingga MH Thamrin
02 Juli 2025, 19:00 WIB
Berkat penampilan apiknya musim ini Marc Marquez diprediksi semakin dekat jadi juara dunia MotoGP 2025
02 Juli 2025, 18:00 WIB
Satu desain mobil yang diduga merupakan BYD Sealion 05 EV terdaftar di Indonesia, calon pesaing Neta X
02 Juli 2025, 17:00 WIB
Tidak hanya insentif, kemudahan akses infrastruktur juga jadi daya tarik agar orang beralih ke motor listrik