Motor Listrik Yamaha Bertolak Belakang Dengan Selera Pasar RI
27 Maret 2025, 11:10 WIB
Menanti Yamaha E01 meluncur di Indonesia dengan beragam studi yang masih dilakukan khususnya pada teknologi baterai
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Penantian Yamaha E01 diluncurkan di Indonesia tampaknya masih akan lama karena studi masih dilakukan. Saat ini fokus mereka adalah memastikan jenis baterai guna disematkan pada model-model di masa depan.
Selama ini sepeda motor memang memiliki dua opsi baterai yaitu swap (tukar) dan charging. Kedua pilihan itu dinilai memiliki kekurangan serta keunggulannya masing-masing sehingga harus dicari mana yang lebih cocok.
“Dulu kita pernah kenalkan Yamaha e-Vino dan tidak bisa langsung jual karena kami mempertimbangkan kalau daya habis di jalan lantas mau swap dimana? Maka dari itu kami melakukan tes ride di tempat tertutup,” ungkap Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Kondisi tersebut pun membuat pihaknya mencoba mengenalkan Yamaha E01 dengan keunggulan bisa diisi dayanya dimana pun. Berkat ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam mengoperasikan kendaraan.
“Kami ingin mendapat feedback lebih banyak dibanding kemarin melalui Yamaha E01. Baterainya menggunakan sistem charging yang bisa dicas dimana pun,” tambahnya.
Yamaha E01 pertama kali dikenalkan di Indonesia pada Oktober 2022 dan masyarakat dipersilahkan mencobanya secara langsung. Caranya pun mudah, cukup mendaftar di situs resmi.
Namun tingginya peminat membuat pabrikan sepeda motor tersebut menutup pendaftaran khususnya di DKI Jakarta. Pasalnya jumlah masyarakat yang ingin mencobanya sudah lebih dari 1.000 orang sementara jumlah unit masih terbatas.
Beragam keunggulan telah disematkan termasuk baterai berkapasitas 4.9 kWh dan daya 87.6 V/56.3 Ah. Dengan kapasitas ini maka sepeda motor dapat menempuh perjalanan sejauh 104 km dalam satu kali pengisian daya.
Selain mampu menempuh perjalanan cukup jauh performa kendaraan pun tidak dapat dipandang remeh. Pasalnya tenaga yang dihasilkan adalah 10 hp dan torsi 30.2 Nm dalam model power.
Menariknya lagi, meski baterai sudah habis Yamaha E01 tetap bisa melaju. Hanya saja kecepatannya dibatasi maksimal 30 km/jam.
Meski demikian kondisi tersebut sangat kecil terjadi karena bila baterai sudah tinggal 20 persen maka panel meter akan mengeluarkan notifikasi. Dengan demikian pengendara bisa lebih bijak dalam berkendara.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
27 Maret 2025, 11:10 WIB
23 Desember 2024, 09:00 WIB
01 November 2024, 20:00 WIB
27 September 2024, 10:00 WIB
24 September 2024, 08:00 WIB
Terkini
18 Agustus 2025, 17:00 WIB
Honda mengurangi target penjualan dan investasi mobil listrik imbas penurunan yang terjadi di pasar global
18 Agustus 2025, 15:00 WIB
Penjualan kendaraan listrik global Januari hingga Juli 2025 berhasil tumbuh dengan Cina sebagai tulang punggung
18 Agustus 2025, 13:08 WIB
Marc Marquez unggul jauh dari para rivalnya setelah mengemas 418 poin di klasemen sementara MotoGP 2025
18 Agustus 2025, 11:00 WIB
Mencuci helm premium ternyata tidak bisa sembarangan, terdapat beberapa perlakuan yang harus diperhatikan
18 Agustus 2025, 09:01 WIB
Wheelie Fun Bike ciptakan sepeda listrik dengan fungsi unik
18 Agustus 2025, 09:00 WIB
Harga mobil hybrid per Agustus 2025 relatif stabil, ada beberapa pendatang baru yang melantai di GIIAS 2025
18 Agustus 2025, 07:00 WIB
Penjualan Daihatsu Juli 2025 mengalami kenaikan hingga buat perusahaan jadi yang terlaris kedua di Indonesia
17 Agustus 2025, 20:00 WIB
Marc Marquez catatkan kemenangan ke-1.000 di Sirkuit Red Bull Ring, berikut hasil MotoGP Austria 2025