Harga Motor Matic 150 cc di Desember 2025, Ada Vespa Sprint
12 Desember 2025, 18:00 WIB
Kymco KRV 200 meluncur untuk pasar Eropa, jadi rival baru Honda Vario jika diperkenalkan di Indonesia
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Kymco KRV 200 meluncur untuk pasar Eropa. Pabrikan asal Taiwan ini meluncurkan KRV 200 sebagai generasi pertama yang memakai PTM (Power Transmission Module), diklaim memboyong teknologi pada motor maxi ke motor berukurang lebih kecil.
Umumnya pada skutik berukuran kecil, mesin dan transmisi CVT terintegrasi sebagai bagian dari swingarm. Namun pada KRV 200 komponen-komponen tersebut dipasang ke rangka motor.
Ada beragam keuntungan yang diberikan dengan konfigurasi PTM pada motor ini, salah satunya adalah berkurangnya bobot motor sehingga memberikan karakteristik handling lebih baik pada motor.
Kelebihan lainnya adalah distribusi bobot kendaraan merata 50:50 antara roda depan dan roda belakang, serta center of gravity yang lebih rendah.
Beralih ke dapur pacu Kymco membekali KRV 200 dengan mesin 175 cc satu silinder four valve liquid cooled. Mesin dapat menghasilkan tenaga 17 hp di 8.000 rpm, sementara torsi puncaknya adalah 15.6 Nm di 6.250 rpm.
Fitur-fitur standar yang sudah disematkan pada motor ini sudah termasuk traction control, dapat dipakai sesuai kebutuhan menggunakan handlebar di setang kiri.
Pada bagian kaki-kaki KRV 200 menggunakan pelek berukuran 13 inci, ban depan 110/70 dan ban belakang 130/70.
Pengguna Kymco KRV 200 juga dapat menikmati fitur lengkap lainnya seperti dual USB charging sockets yang ditempatkan di bagian depan dan bagasi. Menambah kesan modern motor bisa dinyalakan tanpa kunci alias keyless.
Sedangkan bagian penerangan juga sudah menggunakan LED baik lampu depan maupun belakang. Panel instrumennya digital, lebih modern dan dapat menampilkan informasi lengkap.
Cocok untuk masyarakat perkotaan khususnya yang memakai motor secara harian, KRV 200 memiliki bagasi berukuran luas yang dapat memuat satu helm full face.
Hanya saja banderolnya masih terbilang tinggi di kisaran 4.890 euro atau setara Rp78.5 jutaan. Jika masuk ke pasar Tanah Air model ini bakal bersaing dengan Honda Vario dan Yamaha Aerox.
Saat ini Kymco di Indonesia berfokus dengan pengenalan motor listriknya serta menyiapkan skema B2B (business to business) untuk perusahaan yang akan memakai motornya sebagai kendaraan operasional.
Ekosistemnya juga disediakan yakni charging station. Setiap 20 unit sepeda motor Kymco menyiapkan satu stasiun pengisian.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
12 Desember 2025, 18:00 WIB
11 Desember 2025, 12:00 WIB
03 Desember 2025, 11:19 WIB
12 November 2025, 15:02 WIB
07 November 2025, 21:00 WIB
Terkini
19 Desember 2025, 08:00 WIB
Ketatnya persaingan membuat MG menyiapkan strategi khusus agar bisa bertahan dalam industri otomotif Indonesia
19 Desember 2025, 07:00 WIB
Tarif tol Jakarta Yogyakarta tidak bisa dikatakan murah karena mencapai lebih dari Rp 590 ribu sekali jalan
19 Desember 2025, 06:00 WIB
Lima tempat SIM keliling Jakarta masih tersedia hari ini, jangan sampai terlewat karena tak ada dispensasi
19 Desember 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta tetap diterapkan jelang libur Natal dan tahun baru 2026 yang berlangsung pekan depan
19 Desember 2025, 06:00 WIB
Sebelum akhir pekan, kepolisian tetap menghadirkan SIM keliling Bandung untuk melayani para pengendara
18 Desember 2025, 21:00 WIB
Jetour punya rencana membangun pabrik mandiri di Indonesia, saat ini masih menggunakan fasilitas milik Handal
18 Desember 2025, 20:00 WIB
Regulasi desain door handle atau gagang pintu EV akan diperketat di Cina, persulit evakuasi saat kecelakaan
18 Desember 2025, 19:00 WIB
Penyelenggaraan F4 di Sirkuit Mandalika menjadi kesempatan para pembalap serta tim Indonesia buat berkembang