Kymco KRV 200 Rival Baru Honda Vario

Kymco KRV 200 meluncur untuk pasar Eropa, jadi rival baru Honda Vario jika diperkenalkan di Indonesia

Kymco KRV 200 Rival Baru Honda Vario

TRENOTO – Kymco KRV 200 meluncur untuk pasar Eropa. Pabrikan asal Taiwan ini meluncurkan KRV 200 sebagai generasi pertama yang memakai PTM (Power Transmission Module), diklaim memboyong teknologi pada motor maxi ke motor berukurang lebih kecil.

Umumnya pada skutik berukuran kecil, mesin dan transmisi CVT terintegrasi sebagai bagian dari swingarm. Namun pada KRV 200 komponen-komponen tersebut dipasang ke rangka motor.

Ada beragam keuntungan yang diberikan dengan konfigurasi PTM pada motor ini, salah satunya adalah berkurangnya bobot motor sehingga memberikan karakteristik handling lebih baik pada motor.

Kelebihan lainnya adalah distribusi bobot kendaraan merata 50:50 antara roda depan dan roda belakang, serta center of gravity yang lebih rendah.

Photo : Paultan.org

Beralih ke dapur pacu Kymco membekali KRV 200 dengan mesin 175 cc satu silinder four valve liquid cooled. Mesin dapat menghasilkan tenaga 17 hp di 8.000 rpm, sementara torsi puncaknya adalah 15.6 Nm di 6.250 rpm.

Fitur-fitur standar yang sudah disematkan pada motor ini sudah termasuk traction control, dapat dipakai sesuai kebutuhan menggunakan handlebar di setang kiri.

Pada bagian kaki-kaki KRV 200 menggunakan pelek berukuran 13 inci, ban depan 110/70 dan ban belakang 130/70.

Baca juga: Motor Listrik Kymco iONEX Jadi Prototipe Terfavorit di PEVS 2023

Pengguna Kymco KRV 200 juga dapat menikmati fitur lengkap lainnya seperti dual USB charging sockets yang ditempatkan di bagian depan dan bagasi. Menambah kesan modern motor bisa dinyalakan tanpa kunci alias keyless.

Sedangkan bagian penerangan juga sudah menggunakan LED baik lampu depan maupun belakang. Panel instrumennya digital, lebih modern dan dapat menampilkan informasi lengkap.

Cocok untuk masyarakat perkotaan khususnya yang memakai motor secara harian, KRV 200 memiliki bagasi berukuran luas yang dapat memuat satu helm full face.

Hanya saja banderolnya masih terbilang tinggi di kisaran 4.890 euro atau setara Rp78.5 jutaan. Jika masuk ke pasar Tanah Air model ini bakal bersaing dengan Honda Vario dan Yamaha Aerox.

Photo : Kymco

Saat ini Kymco di Indonesia berfokus dengan pengenalan motor listriknya serta menyiapkan skema B2B (business to business) untuk perusahaan yang akan memakai motornya sebagai kendaraan operasional.

Ekosistemnya juga disediakan yakni charging station. Setiap 20 unit sepeda motor Kymco menyiapkan satu stasiun pengisian.


Terkini

mobil
BYD

Penjualan Kendaraan Listrik Global Tumbuh, Cina Mendominasi

Penjualan kendaraan listrik global Januari hingga Juli 2025 berhasil tumbuh dengan Cina sebagai tulang punggung

otosport
Klasemen Sementara MotoGP 2025: Marquez Semakin Dekat Jadi Juara

Klasemen Sementara MotoGP 2025: Marquez Semakin Dekat Jadi Juara

Marc Marquez unggul jauh dari para rivalnya setelah mengemas 418 poin di klasemen sementara MotoGP 2025

otopedia
Catat Cara Mencuci Helm Premium Sendiri di Rumah, Tak Boleh Asal

Cara Mencuci Helm Premium Sendiri di Rumah, Tidak Boleh Asal

Mencuci helm premium ternyata tidak bisa sembarangan, terdapat beberapa perlakuan yang harus diperhatikan

motor

Unik, Sepeda Listrik Ini Bikin Wheelie Jadi Mudah

Wheelie Fun Bike ciptakan sepeda listrik dengan fungsi unik

mobil
Harga Mobil Hybrid Agustus 2025, Rocky di Bawah Rp 300 Jutaan

Harga Mobil Hybrid Agustus 2025, Rocky di Bawah Rp 300 Jutaan

Harga mobil hybrid per Agustus 2025 relatif stabil, ada beberapa pendatang baru yang melantai di GIIAS 2025

mobil
penjualan Daihatsu

Penjualan Daihatsu Juli 2025 Naik, Gran Max Jadi yang Terlaris

Penjualan Daihatsu Juli 2025 mengalami kenaikan hingga buat perusahaan jadi yang terlaris kedua di Indonesia

otosport
Hasil MotoGP Austria 2025

Hasil MotoGP Austria 2025: Marc Marquez Pertahankan Dominasinya

Marc Marquez catatkan kemenangan ke-1.000 di Sirkuit Red Bull Ring, berikut hasil MotoGP Austria 2025

mobil
Gaikindo

Gaikindo Ingin Pemerintah Beri Insentif untuk Industri Otomotif

Gaikindo berharap pemerintah beri insentif untuk industri otomotif agar tidak tersaingi oleh Malaysia