Modifikasi Yamaha Aerox Alpha Aliran Vietnam Style, Dana Pelajar
09 September 2025, 16:00 WIB
Kymco KRV 200 meluncur untuk pasar Eropa, jadi rival baru Honda Vario jika diperkenalkan di Indonesia
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Kymco KRV 200 meluncur untuk pasar Eropa. Pabrikan asal Taiwan ini meluncurkan KRV 200 sebagai generasi pertama yang memakai PTM (Power Transmission Module), diklaim memboyong teknologi pada motor maxi ke motor berukurang lebih kecil.
Umumnya pada skutik berukuran kecil, mesin dan transmisi CVT terintegrasi sebagai bagian dari swingarm. Namun pada KRV 200 komponen-komponen tersebut dipasang ke rangka motor.
Ada beragam keuntungan yang diberikan dengan konfigurasi PTM pada motor ini, salah satunya adalah berkurangnya bobot motor sehingga memberikan karakteristik handling lebih baik pada motor.
Kelebihan lainnya adalah distribusi bobot kendaraan merata 50:50 antara roda depan dan roda belakang, serta center of gravity yang lebih rendah.
Beralih ke dapur pacu Kymco membekali KRV 200 dengan mesin 175 cc satu silinder four valve liquid cooled. Mesin dapat menghasilkan tenaga 17 hp di 8.000 rpm, sementara torsi puncaknya adalah 15.6 Nm di 6.250 rpm.
Fitur-fitur standar yang sudah disematkan pada motor ini sudah termasuk traction control, dapat dipakai sesuai kebutuhan menggunakan handlebar di setang kiri.
Pada bagian kaki-kaki KRV 200 menggunakan pelek berukuran 13 inci, ban depan 110/70 dan ban belakang 130/70.
Pengguna Kymco KRV 200 juga dapat menikmati fitur lengkap lainnya seperti dual USB charging sockets yang ditempatkan di bagian depan dan bagasi. Menambah kesan modern motor bisa dinyalakan tanpa kunci alias keyless.
Sedangkan bagian penerangan juga sudah menggunakan LED baik lampu depan maupun belakang. Panel instrumennya digital, lebih modern dan dapat menampilkan informasi lengkap.
Cocok untuk masyarakat perkotaan khususnya yang memakai motor secara harian, KRV 200 memiliki bagasi berukuran luas yang dapat memuat satu helm full face.
Hanya saja banderolnya masih terbilang tinggi di kisaran 4.890 euro atau setara Rp78.5 jutaan. Jika masuk ke pasar Tanah Air model ini bakal bersaing dengan Honda Vario dan Yamaha Aerox.
Saat ini Kymco di Indonesia berfokus dengan pengenalan motor listriknya serta menyiapkan skema B2B (business to business) untuk perusahaan yang akan memakai motornya sebagai kendaraan operasional.
Ekosistemnya juga disediakan yakni charging station. Setiap 20 unit sepeda motor Kymco menyiapkan satu stasiun pengisian.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
09 September 2025, 16:00 WIB
19 Agustus 2025, 17:10 WIB
19 Agustus 2025, 09:00 WIB
09 Agustus 2025, 11:00 WIB
10 Juli 2025, 20:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 18:00 WIB
Honda Cimahi mengaku pelanggan mobil kini makin kritis sehingga pelayanan purna jual terus ditingkatkan
02 Oktober 2025, 17:00 WIB
Cairan dengan larutan urea bernama AdBlue merupakan salah satu inovasi buat kurangi emisi kendaraan diesel
02 Oktober 2025, 16:00 WIB
Bagi Fermin Aldeguer nomor 54 terasa sangat spesial, sehingga Toprak Razgatlioglu harus mencari yang lain
02 Oktober 2025, 15:00 WIB
Pengendara Yamaha Nmax yang viral menyetop sebuah bus di tikungan Ciwidey, Bandung merupakan anggota BMC
02 Oktober 2025, 14:00 WIB
Jetour X20e bakal meluncur dalam waktu dekat dan digadang jadi rival baru Wuling Air ev, segini NJKB-nya
02 Oktober 2025, 13:30 WIB
Tingginya sumber daya dan jumlah penduduk jadi daya tarik bagi pabrikan mobil listrik Cina untuk berinvestasi
02 Oktober 2025, 12:00 WIB
Bos Gresini Racing mengaku sangat terkesan dengan kemampuan Veda Ega Pratama saat beraksi di dalam lintasan
02 Oktober 2025, 11:00 WIB
GIIAS Bandung 2025 memberikan kemudahan untuk masyarakat Jawa Barat yang ingin membeli mobil atau motor baru