AISI Optimis Penjualan Motor di Indonesia Tembus 5.4 Juta

Meski krisis chip semikondutor membuat penjualan motor di Indonesia turun pada Mei 2022, AISI tetap optimis

AISI Optimis Penjualan Motor di Indonesia Tembus 5.4 Juta

TRENOTO – Penjualan motor di Indonesia pada Mei 2022 mengalami penurunan hingga 43.51 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Melihat hal ini Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) tetap optimis penjualan kendaraan roda dua bisa tembus 5.4 juta. 

"Memang bulan Mei kemarin ada dua faktor yang membuat penjualan turun, satu hari kerja lebih pendek dan ada problem chip semikondutor yang dialami semua member AISI," kata Ahmad Muhibbudin selaku Public Relations AISI.

Meski krisis chip semikondutor masih terjadi, pria yang akrab disapa Muhib tersebut menegaskan bila demand di masyarakat masih sangat tinggi sehingga AISI tak melakukan koreksi target penjualan.

Photo : 123RF

"Hasil meeting terakhir para pengurus kita melihat bahwa market masih ada potensi menuju ke 5.1 sampai 5.4 juta sehingga tidak ada koreksi target dari penetapan di awal tahun. Mudah-mudahan sisa bulan di 2022 bisa menutup lost produksi yang terjadi di pertengahan tahun," ujarnya.

Selain itu, Muhib juga menyebut bila krisis chip semikondutor diprediksi mengalami perbaikan di Juli dan Agustus 2022. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi perusahaan otomotif roda dua.

"Sebenarnya demand itu sangat tinggi hanya saja kita tidak dapat memenuhi permintaanya karena memang krisis chip semikondutor. Tapi kemarin sudah mulai angin segar, jadi kita harapkan di bulan Juli Agustus nanti sudah mulai ada perbaikian untuk chip semikonduktor," tuturnya.

Photo : 123RF

Berdasarkan data AISI, sepanjang Mei 2022 hanya 248.235 unit terjual. Angka tersebut tentunya jauh lebih rendah bila dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 439.472 unit.

Dari jumlah tersebut, Honda masih menjadi pabrikan sepeda motor terlaris di Indonesia. Sepanjang Mei 2022 mereka berhasil menguasai penjualan sebesar 155.439 unit dan mendominasi pasar Tanah Air.

Posisi kedua ditempati oleh Yamaha berkat jumlah penjualan 86.937 unit. Di peringkat ketiga ada Kawasaki dengan unit terjual 3.733 unit disusul Suzuki diperingkat keempat (1.710 unit) dan TVS diposisi kelima (416 unit).

Hasil tersebut membuat total penjualan sepeda motor Indonesia sepanjang Januari hingga Mei 2022 mencapai 1.950.293 unit. Terjadi koreksi cukup besar karena pada periode yang sama tahun lalu jumlah penjualan telah mencapai 2.021.532 unit.


Terkini

mobil
Nasib Suzuki Grand Vitara Lawas Setelah Dapat Penyegaran di GJAW

Nasib Suzuki Grand Vitara Lawas Setelah Dapat Penyegaran di GJAW 2025

SIS berniat menghabiskan stok Suzuki Grand Vitara lama yang masih tersedia di beberapa diler di Indonesia

mobil
Teknologi Daihatsu Rocky Hybrid Berpeluang Disematkan ke Xenia

Teknologi Daihatsu Rocky Hybrid Berpeluang Disematkan ke Xenia

Daihatsu Rocky Hybrid dibangun di atas platform yang sama dengan beberapa produk lain termasuk Xenia

mobil
SUV Mendominasi Capaian Ekspor Toyota di 2025

Toyota Berharap Indonesia Bisa Jadi Pasar Terbesar di ASEAN

Toyota Indonesia ungkap alasan mengapa menjadi pasar terbesar di Asia Tenggara sangat penting untuk industri

news
BBM Shell Segera Bisa Dibeli, Sudah Negosiasi dengan Pertamina

BBM Shell Segera Bisa Dibeli, Sudah Deal dengan Pertamina

Shell Indonesia dikabarkan sudah memasuki tahap akhir negosiasi dengan Pertamina untuk mendapatkan stok BBM

motor
Yamaha Beri Apresiasi Kepada Teknisi yang Berprestasi di WTGP

Yamaha Beri Apresiasi Kepada Teknisi yang Berprestasi di WTGP

Seorang teknisi Yamaha asal Medan berhasil menyabet posisi ketiga dalam ajang WTGP 2025 beberapa waktu lalu

mobil
Simak Keunggulan Dua Mobil Listrik Changan yang Debut di GJAW 2025

Changan Pastikan TKDN Mobil Listriknya Tembus 40 Persen

Mobil listrik Changan dipasarkan dengan status rakitan lokal, sudah memenuhi persyaratan TKDN 40 persen

mobil
Lamborghini

Alasan Lamborghini Pilih Cina Jadi Tempat Kelahiran Urus SE PHEV

Lamborghini Urus SE PHEV debut di Cina, disebut sebagai pasar yang potensial dan strategis buat mereka

mobil
Strategi Jetour Agar T2 Semakin Digemari Pengunjung GJAW 2025

Strategi Jetour Agar T2 Semakin Digemari Pengunjung GJAW 2025

Jetour ingin menguatkan jaringan diler serta layanan, agar para pengguna T2 di Tanah Air merasa di manjakan