Toyota Pastikan Jaga Kualitas Kendaraan yang Diterima Konsumen

Toyota pastikan menjaga kualitas kendaraan yang diterima konsumen sejak proses produksi untuk jaga kepercayaan

Toyota Pastikan Jaga Kualitas Kendaraan yang Diterima Konsumen

KatadataOTO – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menggelar Customer Month 2025. Acara ini bertujuan mempererat kerjasama serta meningkatkan kepercayaan para distributor baik dalam maupun luar negeri terhadap kualitas produk maupun layanan yang diberikan.

Acara itu merupakan ajang mempromosikan dan menegaskan komitmen Toyota Indonesia terhadap kualitas produksi kepada para distributor. Pasalnya bagi perusahaan tersebut, kualitas produk haruslah terjaga.

“Melalui forum ini kami juga berharap ada masukan untuk mewujudkan yang lebih baik lagi,”  kata Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam dalam keterangan resminya (11/06).

Toyota sendiri cukup ketat dalam menyeleksi barang. Oleh sebab itu perusahaan menerapkan standar kinerja yang ketat dalam setiap proses produksinya, meliputi Product Quality dan Service Quality.

Toyota
Photo : Istimewa

Sementara dalam hal kualitas produk, TMMIN fokus pada dua aspek utama yaitu Product Engineering Quality serta Product Manufacturing Quality. Product Engineering Quality terkait dengan kemampuan desain produk untuk memenuhi kebutuhan juga harapan konsumen seperti efisiensi bahan bakar hingga ramah lingkungan.

Sedangkan Product Manufacturing Quality memastikan bahwa setiap kendaraan sesuai desain dan spesifikasi yang telah ditetapkan. Tujuannya adalah menghilangkan cacat serta fluktuasi kualitas dalam setiap tahap produksi.

“TMMIN senantiasa mengedepankan transparansi dan tidak pernah menutupi jika ditemukan masalah pada produk. Prinsip ini menjadi dasar bagi setiap karyawan agar bertanggung jawab penuh atas kualitas pekerjaan mereka,” ujar Presiden Direktur TMMIN Nandi Julyanto.

Recall Adalah Bentuk Tanggung Jawab Perusahaan

TMMIN mengklaim berpegang pada filosofi keselamatan dengan tujuan untuk memastikan bahwa setiap produk yang sampai ke tangan konsumen berfungsi sempurna. Upaya menjaga kepercayaan tersebut bukan hanya dilakukan saat proses produksi namun juga berlanjut hingga selama produk digunakan oleh pelanggan.

Toyota Yaris Cross Hybrid
Photo : KatadataOTO

Berbagai macam program Quality Assurance dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab kepada pelanggan, diantaranya melalui program Customer Service Campaign atau Recall, untuk memastikan bahwa semua fungsi kendaraan bekerja dengan baik.

“Recall bukanlah hal negatif karena merupakan bentuk tanggung jawab Toyota terhadap pengguna. Jika ada permasalahan yang terdeteksi dan kami dapat menanggulangi kesalahan tersebut melalui penarikan produk maka itu adalah langkah bijak agar keamanan serta kenyaman pengguna terjaga,” tegas Bob Azam.


Terkini

mobil
BYD di IIMS 2025

Penjualan Mobil Baru Mei 2025 Naik 7 Persen, Masih di Bawah Harapan

Menurut data Gaikindo, penjualan mobil baru sepanjang Mei 2025 secara ritel mengalami kenaikan 7 persen

mobil
Honda Mau Jual 2.000 HR-V Terbaru per Bulan, Ada Tapinya

Honda Mau Jual 2.000 HR-V Hybrid per Bulan, Ada Tapinya

Baru meluncur dengan banderol Rp 400 jutaan, Honda HR-V teranyar ditargetkan terjual 2.000 unit per bulan

otosport
Federal Oil

Federal Oil Rilis Daftar Konsumen Pemenang Nonton Langsung MotoGP

Pemenang undian Federal Oil diumumkan, bakal nonton langsung Gresini Racing di MotoGP Jepang dan Malaysia

news
Parkir kendaraan

Siap-siap, Pemerintah DKI akan Naikkan Tarif Parkir Kendaraan

Pemerintah DKI akan naikkan tarif parkir dan terapkan sistem jalan berbayar di Ibu Kota untuk perbaiki transportasi

news
SIM Keliling Jakarta

Lokasi SIM Keliling Jakarta Hari Ini, Masih Ada Dispensasi

SIM keliling Jakarta dibuka hari ini, ada dispensasi buat Anda yang masa berlakunya habis saat Idul Adha

news
SIM Keliling Bandung Beroperasi Hari Ini 11 Juni, Simak Lokasinya

SIM Keliling Bandung Beroperasi Hari Ini 11 Juni, Simak Lokasinya

Pengendara mobil dan motor bisa memanfaatkaan keberadaan SIM keliling Bandung guna mengurus dokumen berkendara

news
Ganjil genap Jakarta

Ganjil Genap Jakarta 11 Juli 2025, Awas Denda Ratusan Ribu Rupiah

Ganjil genap Jakarta 11 Juli 2025 resmi digelar di puluhan ruas jalan dengan denda mencapai ratusan ribu rupiah

mobil
Hyundai Palisade

Ada Masalah Pengereman, Hyundai Dituntut di Amerika Serikat

Hyundai dituntut oleh pelanggan di Amerika Serikat, masalah pengereman yang berpengaruh pada keselamatan