Toyota Indonesia Gelar Pendampingan TEY di Sumatera Barat
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Meski baru meluncur, Toyota GR Yaris matic diklaim memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan varian manual
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Toyota GR Yaris Facelift baru saja unjuk gigi di ajang Tokyo Auto Salon 2024. Produk Toyota tersebut menawarkan sejumlah pembaruan.
Paling kentara adalah transmisi otomatis GR-DAT (Direct Automatic Transmission) delapan percepatan. Membuatnya dapat menghadirkan pengalaman berkendara yang berbeda.
Dilansir dari laporan Motor1, Toyota GR Yaris matic bahkan diklaim lebih cepat dari varian manual lebih dulu mengaspal.
Dalam sebuah pengujian, mobil sport Toyota diklaim mampu menempuh jarak sekitar 400 meter hanya dalam waktu 13.61 detik.
Sementara Toyota GY Yaris manual selisih sedikit, yakni 13.67 detik buat berlari dengan jarak serupa.
Tentu hasil manis tersebut tidak lepas dari berbagai ubahan yang dialami oleh kendaraan yang dirancang Toyota Gazoo Racing. Seperti pengoptimalan perangkat lunak pengatur transmisi menjadi lebih presisi dan responsif.
Lalu terdapat penggunaan kampas kompling tahan panas, rasio gigi lebih rapat serta adanya Torsen LSD (Limited Slip Differential) guna meningkatkan kinerja kontrol tenaga penggerak melalui pengoperasian akselerator.
Sementara di bagian jantung pacu dikabarkan kini menggunakan piston dengan bobot lebih ringan. Selanjutnya Toyota melakukan peningkatan tekanan injeksi.
Tak heran jika Toyota GR Yaris matic diklaim lebih cepat dari versi manual. Dengan begitu bisa memberikan pengalaman berkendara yang mengesankan.
Hal itu turut diaminkan oleh Hiroaki Ishiura selaku pembalap Jepang. Dia pun terkesan sama performa dari produk Toyota.
“(GR-DAT) merespons injakan di pedal gas secara linier dan memungkinkan Anda mempersingkat waktu putaran tanpa perlu kehilangan apapun,” ungkap Hiroaki.
Sebagai informasi, jantung mekanis Toyota GR Yaris matic mengandalkan mesin berkapasitas 1.600 cc, tiga silinder dilengkapi turbocharged.
Di atas kertas diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal 280 hp di 6.500 rpm bertambah 23 hp dari versi terdahulu. Sedangkan torsi puncak 390 Nm mmulai 3.250 rpm sampai 4.600 rpm.
Tak ketinggalan dibekali mode berkendara baru bisa disesuaikan kebutuhan berkendara pemilik yakni Sport, Normal dan Eco.
Setiap mode menawarkan pengaturan berbeda untuk electric power steering, AC (air conditioner) hingga display panel instrumen.
Buat eksterior ada tambahan warna baru yakni Precious Metal. Pilihan lain adalah Emotional Red, Precious Black maupun Super White/Platinum White Pearlescent.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
16 Mei 2025, 21:00 WIB
16 Mei 2025, 18:00 WIB
16 Mei 2025, 17:37 WIB
15 Mei 2025, 14:00 WIB
15 Mei 2025, 09:00 WIB
Terkini
17 Mei 2025, 14:58 WIB
Touring perayaan satu dekade Nmax dan JMC diinisiasi Yamaha, libatkan berbagai generasi motor Nmax dan Xmax
17 Mei 2025, 13:00 WIB
Damri siapkan 200 bus listrik baru sebagai armada TransJakarta yang jadi andalan mobilitas warga Ibu Kota
17 Mei 2025, 11:00 WIB
Kehadiran Chery Tiggo 8 CSH mencuri perhatian penggemar otomotif di Indonesia karena harganya terjangkau
17 Mei 2025, 09:00 WIB
Bakal fokus mempersiapkan kehadiran DST Concept, Mitsubishi masih belum mau luncurkan Xpander Hybrid di RI
17 Mei 2025, 07:15 WIB
Penjualan Mitsubishi tahun fiskal 2024 kembali turun, Xpander pun berhasl menjadi penyelamat perusahaan
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan
16 Mei 2025, 20:22 WIB
PT MMKSI resmi meluncurkan versi terbaru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hari ini, simak daftar harganya
16 Mei 2025, 18:00 WIB
Toyota bZ4X Touring atau bZ Woodland punya dimensi sedikit lebih panjang dan tampilannya semakin sporti