Wholesales LSUV Oktober 2025 Tumbuh 10,5 Persen, Terios Moncer
17 November 2025, 15:00 WIB
Target penjualan Daihatsu New Terios tidak lebih tinggi dari capaian sebelumnya, masih laris hingga sekarang
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Daihatsu Terios Facelift meluncur Kamis (8/6) dengan beberapa ubahan minor. Unitnya sudah mulai bisa dipesan oleh konsumen, harga mulai dari Rp200 jutaan sampai Rp300 jutaan.
Menjadi LSUV (low sport utility vehicle) andalan dari pabrikan asal Jepang ini, target penjualan Daihatsu New Terios ternyata tidak lebih tinggi dari capaian sebelumnya.
Disampaikan oleh Hendra Lastiyoso, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu, menurutnya persaingan SUV terbilang ketat sehingga ia tidak ingin menetapkan target terlalu tinggi.
“Rata-rata penjualan 2.200 unit itu model lama, tapi model baru kita targetkan 2.000 unit. Harusnya model baru bisa lebih banyak (targetnya) tapi kompetisi, pemain segmen yang baru masuk juga banyak,” ucapnya di sela peluncuran Daihatsu Terios Facelift di Ancol, Kamis (8/6).
Menurutnya sekarang permintaan untuk versi lama masih tetap banyak. Unitnya juga masih tersedia di diler dan bisa dipesan jika konsumen lebih tertarik dengan model generasi kedua.
Bicara harga ia menjelaskan kenaikannya bisa dibilang tidak terlalu signifikan. Misalnya untuk tipe tertinggi R Custom ADS per Mei 2023 dibanderol Rp288.6 jutaan, saat ini naik menjadi Rp303.2 jutaan.
Tambahannya ada di sisi keselamatan yakni New 6 Airbags. Fitur tersebut absen di varian-varian lainnya.
“Jadi dengan model kemarin saja permintaan masih cukup tinggi di atas 2.000 unit. Sekarang kompetisinya sangat tight, kita low profile minimal 2.000 unit,” tegas Hendra.
Untuk varian ADS (Astra Daihatsu Styling) ada tambahan komponen supaya dapat menambah kesan lebih sporti pada eksterior.
Hendra menjelaskan beda varian Custom ADS dan ADS adalah komponennya. Pada Custom, bodykit-nya terbilang lebih lengkap dan kental nuansa offroad.
“Kebanyakan konsumen lebih suka customized (bisa dipersonalisasi) tidak terlalu elegan, untuk mereka yang styling rasanya offroad,” ucapnya.
Sebagai perbandingan, kembarannya Toyota Rush GR Sport yang memiliki desain sporti seperti Daihatsu Terios ADS adalah Rp292.2 untuk transmisi otomatis sementara varian transmisi otomatis Rp303.6 juta, selisih Rp400 ribuan lebih tinggi dari tipe tertinggi Terios.
Toyota Rush sendiri masih laris di kalangan konsumen. Anton Jimmi Suwandi, Direktur Pemasaran PT TAM (Toyota Astra Motor) sebelumnya memaparkan bahwa penjualan Rush per Mei 2023 masih ribuan unit.
“Buat retail sales Toyota Rush di Mei 2023 ada di angka 3.300-an unit,” ucapnya kepada TrenOto belum lama ini.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
17 November 2025, 15:00 WIB
20 Oktober 2025, 10:00 WIB
19 September 2025, 10:00 WIB
20 Mei 2025, 22:23 WIB
20 April 2025, 12:00 WIB
Terkini
20 November 2025, 17:00 WIB
BYD Atto 1 mampu menorehkan kesuksesan setelah resmi diluncurkan dalam gelaran GIIAS 2025 beberapa waktu lalu
20 November 2025, 16:28 WIB
Jepang menduduki peringkat pertama sebagai negara produsen mobil berkualitas versi konsumen Indonesia
20 November 2025, 15:00 WIB
Changan siap berkiprah di Indonesia dalam jangka waktu panjang, berniat buka ribuan lapangan pekerjaan
20 November 2025, 14:00 WIB
Pemerintah Indonesia bakal berfokus pada mobil-mobil dari pabrikan Jepang untuk mandatori Etanol 10 persen
20 November 2025, 13:00 WIB
Sudah dirakit lokal, Polytron masih mengalami kendala dalam memenuhi permintaan yang kian naik di Indonesia
20 November 2025, 12:00 WIB
Alva tidak menyarankan para pengguna motor listrik untuk melakukan remap controller pada produk mereka
20 November 2025, 11:00 WIB
Kolaborasi ciamik tidak hanya menggairahkan pasar, namun kerjasama Motul dan OLXMobbi untungkan konsumen
20 November 2025, 10:05 WIB
Suzuki Grand Vitara Kuro dikabarkan bakal meluncur di GJAW 2025 dengan beberapa perubahan khususnya eksterior