Daihatsu Ungkap Jenis Mobil yang Diminati Masyarakat Daerah
20 April 2025, 12:00 WIB
Target penjualan Daihatsu New Terios tidak lebih tinggi dari capaian sebelumnya, masih laris hingga sekarang
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Daihatsu Terios Facelift meluncur Kamis (8/6) dengan beberapa ubahan minor. Unitnya sudah mulai bisa dipesan oleh konsumen, harga mulai dari Rp200 jutaan sampai Rp300 jutaan.
Menjadi LSUV (low sport utility vehicle) andalan dari pabrikan asal Jepang ini, target penjualan Daihatsu New Terios ternyata tidak lebih tinggi dari capaian sebelumnya.
Disampaikan oleh Hendra Lastiyoso, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu, menurutnya persaingan SUV terbilang ketat sehingga ia tidak ingin menetapkan target terlalu tinggi.
“Rata-rata penjualan 2.200 unit itu model lama, tapi model baru kita targetkan 2.000 unit. Harusnya model baru bisa lebih banyak (targetnya) tapi kompetisi, pemain segmen yang baru masuk juga banyak,” ucapnya di sela peluncuran Daihatsu Terios Facelift di Ancol, Kamis (8/6).
Menurutnya sekarang permintaan untuk versi lama masih tetap banyak. Unitnya juga masih tersedia di diler dan bisa dipesan jika konsumen lebih tertarik dengan model generasi kedua.
Bicara harga ia menjelaskan kenaikannya bisa dibilang tidak terlalu signifikan. Misalnya untuk tipe tertinggi R Custom ADS per Mei 2023 dibanderol Rp288.6 jutaan, saat ini naik menjadi Rp303.2 jutaan.
Tambahannya ada di sisi keselamatan yakni New 6 Airbags. Fitur tersebut absen di varian-varian lainnya.
“Jadi dengan model kemarin saja permintaan masih cukup tinggi di atas 2.000 unit. Sekarang kompetisinya sangat tight, kita low profile minimal 2.000 unit,” tegas Hendra.
Untuk varian ADS (Astra Daihatsu Styling) ada tambahan komponen supaya dapat menambah kesan lebih sporti pada eksterior.
Hendra menjelaskan beda varian Custom ADS dan ADS adalah komponennya. Pada Custom, bodykit-nya terbilang lebih lengkap dan kental nuansa offroad.
“Kebanyakan konsumen lebih suka customized (bisa dipersonalisasi) tidak terlalu elegan, untuk mereka yang styling rasanya offroad,” ucapnya.
Sebagai perbandingan, kembarannya Toyota Rush GR Sport yang memiliki desain sporti seperti Daihatsu Terios ADS adalah Rp292.2 untuk transmisi otomatis sementara varian transmisi otomatis Rp303.6 juta, selisih Rp400 ribuan lebih tinggi dari tipe tertinggi Terios.
Toyota Rush sendiri masih laris di kalangan konsumen. Anton Jimmi Suwandi, Direktur Pemasaran PT TAM (Toyota Astra Motor) sebelumnya memaparkan bahwa penjualan Rush per Mei 2023 masih ribuan unit.
“Buat retail sales Toyota Rush di Mei 2023 ada di angka 3.300-an unit,” ucapnya kepada TrenOto belum lama ini.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
20 April 2025, 12:00 WIB
09 Februari 2025, 15:00 WIB
28 November 2024, 12:00 WIB
09 November 2024, 08:00 WIB
26 Oktober 2024, 09:00 WIB
Terkini
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan
16 Mei 2025, 20:22 WIB
PT MMKSI resmi meluncurkan versi terbaru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hari ini, simak daftar harganya
16 Mei 2025, 18:00 WIB
Toyota bZ4X Touring atau bZ Woodland punya dimensi sedikit lebih panjang dan tampilannya semakin sporti
16 Mei 2025, 17:37 WIB
Berbagai merek premium termasuk Porsche menghadapi tantangan berat di era elektrifikasi, hadapi produk Cina
16 Mei 2025, 16:00 WIB
Pabrik CATL di Indonesia diharapkan bisa beroperasi mulai Maret 2026 dengan konsumendari berbagai negara
16 Mei 2025, 15:00 WIB
Penjualan BYD lampaui Toyota di Singapura dengan selisih hingga ribuan unit pada periode Januari hingga April 2025
16 Mei 2025, 14:00 WIB
Ganjil genap Puncak kembali digelar dan masyarakat diminta untuk mengatur ulang jadwal perjalanannya
16 Mei 2025, 13:00 WIB
Trackday jadi sarana aman memacu adrenalin di sirkuit balap, instruktur Ducati berikan sejumlah tips