Suzuki Fronx Bakal Dipasarkan Tiga Varian, Cek Perbedaannya
09 Mei 2025, 08:50 WIB
Suzuki optimis bisa menguasai 8,5 persen mobil nasional di 2025 dengan menghadirkan beragam pengembangan
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Suzuki optimis bisa menguasai sedikitnya 8,5 persen pasar mobil nasional di 2025. Angka tersebut mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan pencapaian di 2024.
Berdasarkan data Gaikindo, retail sales Suzuki di Indonesia pada 2024 adalah 69.392 unit. Jumlah itu cukup untuk membuat mereka menguasai 7,8 persen dari total market di Tanah Air.
Sementara dari wholesales, perusahaan asal Jepang itu mengirim 66.809 unit ke jaringan mereka. Ada pun pangsa pasarnya adalah sebanyak 7,7 persen.
Bahkan bila dibandingkan pencapaian 2023, target yang ditetapkan oleh Suzuki terbilang cukup menantang. Pasalnya ketika itu mereka hanya menguasai 8,3 persen retailsales nasional.
Sama halnya pada wholesales, pada 2023 pabrikan tersebut menguasai 8,1 persen pasar kendaraan di Tanah Air.
Agar bisa mencapai target yang sudah ditetapkan, mereka akan tetap mengandalkan Suzuki Carry sebagai tulang punggung penjualan. Hal ini karena produk tersebut sudah menjadi salah satu pilihan utama.
“Sudah pasti 50 persen berasal dari kendaraan komersial dalam hal ini Suzuki Carry. Sementara untuk mobil penumpang juga 50 persen yang terdiri dari beberapa model,” ungkap Randy R. Murdoko, Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales pada media (17/01).
Khusus untuk segmen kendaraan penumpang, dirinya mengungkap bahwa varian hybrid teklahmendapat minat yang tinggi.
“Harapannya jumlahnya akan terus bertambah seiring sesuai target zero emision dari pemerintah,” tambahnya kemudian.
Oleh sebab itu pihaknya akan meluncurkan beberapa produk baru guna menjawab kebutuhan masyarakat.
Suzuki juga siap melakukan investasi hingga Rp 5 triliun pada 2025. Dana tersebut rencananya akan difokuskan untuk belanja peralatan baru. Hal ini penting karena pabrikan bisa melakukan banyak pengembangan produk.
“Investasi Rp 5 triliun ini akan digunakan untuk berinvestasi ke belanja peralatan produksi seperti alat dan dice,” ungkap Shodiq Wicaksono, Managing Director PT Suzuki Indomobil Motor.
Dengan besarnya dana yang disiapkan tentu diharapkan Suzuki bisa lebih optimal dalam memproduksi kendaraan.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
09 Mei 2025, 08:50 WIB
07 Mei 2025, 13:12 WIB
06 Mei 2025, 23:58 WIB
05 Mei 2025, 20:00 WIB
05 Mei 2025, 16:00 WIB
Terkini
17 Mei 2025, 14:58 WIB
Touring perayaan satu dekade Nmax dan JMC diinisiasi Yamaha, libatkan berbagai generasi motor Nmax dan Xmax
17 Mei 2025, 13:00 WIB
Damri siapkan 200 bus listrik baru sebagai armada TransJakarta yang jadi andalan mobilitas warga Ibu Kota
17 Mei 2025, 11:00 WIB
Kehadiran Chery Tiggo 8 CSH mencuri perhatian penggemar otomotif di Indonesia karena harganya terjangkau
17 Mei 2025, 09:00 WIB
Bakal fokus mempersiapkan kehadiran DST Concept, Mitsubishi masih belum mau luncurkan Xpander Hybrid di RI
17 Mei 2025, 07:15 WIB
Penjualan Mitsubishi tahun fiskal 2024 kembali turun, Xpander pun berhasl menjadi penyelamat perusahaan
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan
16 Mei 2025, 20:22 WIB
PT MMKSI resmi meluncurkan versi terbaru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hari ini, simak daftar harganya
16 Mei 2025, 18:00 WIB
Toyota bZ4X Touring atau bZ Woodland punya dimensi sedikit lebih panjang dan tampilannya semakin sporti