Toyota Eco Youth Kembali Digelar, Fokus ke Dekarbonisasi
01 Mei 2024, 11:00 WIB
Generasi terbaru Toyota GR 86 akan dilengkapi teknologi hybrid, pakai mesin pengembangan dari GR Yaris
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Generasi kedua Toyota GR 86 baru meluncur sekitar tiga tahun yang lalu. Namun pabrikan asal Jepang ini disebut tengah menyiapkan versi hybrid dari mobil sport tersebut buat generasi ketiga.
Dilansir dari Carscoops, Senin (12/2) spekulasi beredar Toyota GR 86 terbaru akan diluncurkan dalam waktu dekat di 2025 menggunakan mesin turbocharged tiga silinder dipadukan teknologi hybrid.
Bukan tidak mungkin sang saudara yakni Subaru BRZ juga bakal mendapat ubahan serupa untuk generasi terbaru.
Tapi jika Toyota putuskan memakai mesin baru buat GR 86 terbaru maka kemungkinan seri sportscar kerja sama dengan Subaru selesai di generasi kedua.
Menurut beberapa sumber ada indikasi Toyota GR 86 generasi ketiga meluncur 2028 menggunakan mesin hybrid 1.4 liter turbocharged atau lebih cepat di 2025 berkonfigurasi mesin hybrid 1.6 liter turbocharged.
Dugaan lebih kuat condong ke kemungkinan kedua. Toyota GR 86 terbaru juga akan menggendong jantung pacu milik GR Yaris dan GR Corolla tapi dengan pengembangan, bisa hasilkan tenaga di atas 300 hp.
Sedangkan teknologi hybrid pada mobil itu bakal serupa Land Cruiser 250 untuk pasar Tiongkok dan Lexus GX yang belum meluncur. Berbeda dari Toyota Hybrid System lain digunakan pada model-model terdahulu.
Sisanya masih pertahankan konfigurasi dari versi terdahulu yakni pakai penggerak roda belakang alias RWD (Rear Wheel Drive) dan tersedia transmisi otomatis maupun manual.
Menurut kabar beredar di Jepang, kehadiran versi BEV (Battery Electric Vehicle) tetap ada namun sangat kecil. Mengingat Toyota sendiri memang lebih fokus mengembangkan HEV (Hybrid Electric Vehicle).
Sekadar informasi, Akio Toyoda selaku Chairman of the Executive Board Toyota pernah bilang bahwa masa depan tidak akan 100 persen mengandalkan BEV.
“Tidak peduli seberapa maju BEV menurut saya market share mereka akan stagnan di 30 persen. Sisa 70 persen di HEV (Hybrid Electric Vehicle), FCEV dan mobil hidrogen,” ujar Toyoda beberapa waktu lalu.
Saat ini Toyota GR 86 masih dijual di Indonesia tapi berstatus Spot Order. Versi transmisi otomatis dilego Rp 998,6 jutaan sementara varian AT di Rp 1,03 miliar.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
01 Mei 2024, 11:00 WIB
29 April 2024, 12:00 WIB
29 April 2024, 10:00 WIB
26 April 2024, 21:00 WIB
26 April 2024, 15:00 WIB
Terkini
01 Mei 2024, 19:00 WIB
Rakata lakukan pengembangan produk di PEVS 2024 dengan mengganti baterainya agar jarak tempuh bertambah
01 Mei 2024, 18:00 WIB
Dukung ekosistem mobil listrik, Voltron dan Living World Alam Sutera dirikan SPKLU di pusat perbelanjaan
01 Mei 2024, 17:00 WIB
Simak cara maupun syarat Test Ride motor listrik di PEVS 2024, salah satunya adalah wajib membawa SIM
01 Mei 2024, 16:00 WIB
ZPT Nimbuzz hadir di PEVS 2024 dan dijual dengan harga Rp 2 jutaan hingga menjadi sepeda motor termurah
01 Mei 2024, 16:00 WIB
Salah satu motor listrik MAB diperkenalkan sebagai prototipe dan akan berbanderol di bawah Rp 20 jutaan
01 Mei 2024, 15:39 WIB
MG Maxus 9 hadir di PEVS 2024 sebagai unit yang hanya dipamerkan saja alias belum dijual resmi di Indonesia
01 Mei 2024, 15:00 WIB
FIF dapat pinjaman sebesar 60 juta dolar untuk memperluas bisnis berkelanjutan agar kuat di masa depan
01 Mei 2024, 13:20 WIB
Sejumlah armada mulai diganti Toyota Transmover terbaru, belum jelas bagaimana nasib Mobilio di Bluebird