Mengenal Aturan Tekanan Ban di MotoGP yang Buat Vinales Merana
15 April 2025, 11:00 WIB
Goodyear Indonesia sebagai salah satu produsen ban OEM ikut terdampak dari melesunya penjualan mobil di dalam negeri.
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Penjualan mobil nasional sempat melemah terkhusus di pertengahan 2024. Beberapa pihak ikut skeptis dengan target satu juta unit yang sebelumnya ditetapkan.
Meski saat ini diklaim mulai memulih, banyak pihak terdampak dari melemahnya penjualan mobil nasional. Salah satunya produsen ban OEM (Original Equipment Manufacturer) Goodyear Indonesia.
“Kalau untuk ban OEM secara tidak langusng kami juga terdampak dari permintaan produksi itu sendiri. Ketika produksi mobil baru turun, pasti demand untuk ban yang kita suplai OEM itu juga mengikuti,” kata Afrianti Puspitarini, Head of Marketing Goodyear Indonesia di Jakarta Pusat, Kamis (12/9).
Ia menegaskan penjualan ban mobil Goodyear pararel dengan penjualan mobil baru. Namun ada juga konsumen yang membeli unit ban buat penggantian atau Replacement.
Segmen ini yang kemudian jadi salah satu fokus Goodyear untuk kembali dorong penjualan sehingga tidak terpuruk, meski penjualan mobil tengah turun.
“(Pembelian) lebih banyak yang Replacement sih sekarang. Karena memang kemarin ada beberapa pabrikan permintaannya turun kita terpengaruh,” kata Afrianti.
Lebih lanjut ia berharap penjualan mobil bisa terus pulih dan nilai tukar rupiah stabil. Karena seluruh faktor itu secara tidak langsung berpengaruh pada performa penjualan Goodyear Indonesia.
“Mudah-mudahan bisa lebih stabil, karena untuk impor bahan baku akan lebih baik pastinya,” tegas dia.
Sebagai informasi Goodyear Indonesia menjadi salah satu penyedia ban buat beberapa merek ternama di Indonesia. Seperti Daihatsu, Suzuki sampai BMW dan Mercedes-Benz.
“Porsi paling banyak mungkin Hyundai ya. Kalau di Hyundai kita hampir 100 persen (menyediakan ban) untuk penjualan lokal mereka,” ungkap Afrianti.
Goodyear Indonesia juga menyiapkan promo pembelian ban ukuran 17 inci ke atas sampai periode Desember 2024, di mana konsumen berkesempatan mendapat hadiah satu unit Mercedes-AMG A 35.
Program itu merupakan hasil kerja sama antara Goodyear Indonesia dan Mercedes-Benz, menyasar pengguna mobil premium dan SUV (Sport Utility Vehicle) maupun EV (Electric Vehicle).
Konsumen bisa melakukan pembelian periode September sampai Desember 2024. Sementara pengumuman pemenang dilakukan Januari 2025.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
15 April 2025, 11:00 WIB
15 April 2025, 09:00 WIB
22 Maret 2025, 17:00 WIB
07 Maret 2025, 20:00 WIB
06 Maret 2025, 15:00 WIB
Terkini
14 Mei 2025, 22:30 WIB
Hyundai produksi 120.000 sel baterai per hari dan bisa memenuhi kebutuhan pasar lokal dan internasional
14 Mei 2025, 22:00 WIB
Para konsumen yang memesan Aion V wajib bersabar, sebab pengiriman mobil listrik ini mengalami keterlambatan
14 Mei 2025, 21:03 WIB
Jaringan Mobil Car Care terus bertambah untuk memudahkan konsumen mendapatkan produk Mobil Lubricants
14 Mei 2025, 20:36 WIB
Kejar target ekspor 3 juta unit di 2025, Toyota ungkap perjanjian dagang bisa jadi solusi yang menguntungkan
14 Mei 2025, 19:14 WIB
Bos Ducati mengaku bakal membantu Francesco Bagnaia untuk bangkit dan menemukan performa terbaik di MotoGP
14 Mei 2025, 18:47 WIB
Merek mobil listrik Nio tertarik investasi di Indonesia, Dubes RI untuk Cina tawarkan Astra ambil peluang
14 Mei 2025, 16:00 WIB
Pindad menjalin kerja sama dengan KG Mobility Corporation untuk memproduksi mobil maupun bus listrik nasional
14 Mei 2025, 15:00 WIB
Korlantas Polri baru saja membentuk tim khusus untuk menindak para pelanggar truk ODOL yang sering terjadi