Swallow Pastikan Tak Terdampak Lesunya Pasar Motor Baru
30 September 2025, 12:00 WIB
Goodyear Indonesia sebagai salah satu produsen ban OEM ikut terdampak dari melesunya penjualan mobil di dalam negeri.
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Penjualan mobil nasional sempat melemah terkhusus di pertengahan 2024. Beberapa pihak ikut skeptis dengan target satu juta unit yang sebelumnya ditetapkan.
Meski saat ini diklaim mulai memulih, banyak pihak terdampak dari melemahnya penjualan mobil nasional. Salah satunya produsen ban OEM (Original Equipment Manufacturer) Goodyear Indonesia.
“Kalau untuk ban OEM secara tidak langusng kami juga terdampak dari permintaan produksi itu sendiri. Ketika produksi mobil baru turun, pasti demand untuk ban yang kita suplai OEM itu juga mengikuti,” kata Afrianti Puspitarini, Head of Marketing Goodyear Indonesia di Jakarta Pusat, Kamis (12/9).
Ia menegaskan penjualan ban mobil Goodyear pararel dengan penjualan mobil baru. Namun ada juga konsumen yang membeli unit ban buat penggantian atau Replacement.
Segmen ini yang kemudian jadi salah satu fokus Goodyear untuk kembali dorong penjualan sehingga tidak terpuruk, meski penjualan mobil tengah turun.
“(Pembelian) lebih banyak yang Replacement sih sekarang. Karena memang kemarin ada beberapa pabrikan permintaannya turun kita terpengaruh,” kata Afrianti.
Lebih lanjut ia berharap penjualan mobil bisa terus pulih dan nilai tukar rupiah stabil. Karena seluruh faktor itu secara tidak langsung berpengaruh pada performa penjualan Goodyear Indonesia.
“Mudah-mudahan bisa lebih stabil, karena untuk impor bahan baku akan lebih baik pastinya,” tegas dia.
Sebagai informasi Goodyear Indonesia menjadi salah satu penyedia ban buat beberapa merek ternama di Indonesia. Seperti Daihatsu, Suzuki sampai BMW dan Mercedes-Benz.
“Porsi paling banyak mungkin Hyundai ya. Kalau di Hyundai kita hampir 100 persen (menyediakan ban) untuk penjualan lokal mereka,” ungkap Afrianti.
Goodyear Indonesia juga menyiapkan promo pembelian ban ukuran 17 inci ke atas sampai periode Desember 2024, di mana konsumen berkesempatan mendapat hadiah satu unit Mercedes-AMG A 35.
Program itu merupakan hasil kerja sama antara Goodyear Indonesia dan Mercedes-Benz, menyasar pengguna mobil premium dan SUV (Sport Utility Vehicle) maupun EV (Electric Vehicle).
Konsumen bisa melakukan pembelian periode September sampai Desember 2024. Sementara pengumuman pemenang dilakukan Januari 2025.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
30 September 2025, 12:00 WIB
25 September 2025, 17:05 WIB
17 September 2025, 21:00 WIB
11 September 2025, 16:00 WIB
26 Agustus 2025, 21:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 10:00 WIB
Federal mengaku tidak merasa dampak dari lesunya pasar motor baru yang sedang terjadi dalam beberapa waktu
02 Oktober 2025, 09:00 WIB
Mayoritas merek tidak melakukan penyesuaian, berikut daftar harga mobil listrik di RI per Oktober 2025
02 Oktober 2025, 08:00 WIB
Honda hadirkan seluruh line up mobil hybrid di GIIAS 2025 termasuk Step Wgn yang baru meluncur di Indonesia
02 Oktober 2025, 07:00 WIB
Vivo dan BP batal beli BBM dari Pertamina karena adanya kandungan etanol pada base feul BBM yang ditawarkan
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Ada persyaratan dokumen yang perlu disiapkan oleh pemohon jika ingin memanfaatkan SIM keliling Jakarta
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 2 Oktober 2025 bakal diawasi ketat menggunakan kamera ETLE di berbagai lokasi utama
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Pasar Modern Batununggal menjadi salah satu lokasi SIM keliling Bandung yang beroperasi untuk melayani warga
01 Oktober 2025, 22:00 WIB
Misi besar Marc Marquez dalam mematahkan kutukan ketika berlaga di MotoGP Mandalika 2025 di akhir pekan nanti