Kolaborasi Goodyear dan Mercedes-Benz, Beli Ban Bonus Mobil
12 September 2024, 19:30 WIB
Goodyear Indonesia sebagai salah satu produsen ban OEM ikut terdampak dari melesunya penjualan mobil di dalam negeri.
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Penjualan mobil nasional sempat melemah terkhusus di pertengahan 2024. Beberapa pihak ikut skeptis dengan target satu juta unit yang sebelumnya ditetapkan.
Meski saat ini diklaim mulai memulih, banyak pihak terdampak dari melemahnya penjualan mobil nasional. Salah satunya produsen ban OEM (Original Equipment Manufacturer) Goodyear Indonesia.
“Kalau untuk ban OEM secara tidak langusng kami juga terdampak dari permintaan produksi itu sendiri. Ketika produksi mobil baru turun, pasti demand untuk ban yang kita suplai OEM itu juga mengikuti,” kata Afrianti Puspitarini, Head of Marketing Goodyear Indonesia di Jakarta Pusat, Kamis (12/9).
Ia menegaskan penjualan ban mobil Goodyear pararel dengan penjualan mobil baru. Namun ada juga konsumen yang membeli unit ban buat penggantian atau Replacement.
Segmen ini yang kemudian jadi salah satu fokus Goodyear untuk kembali dorong penjualan sehingga tidak terpuruk, meski penjualan mobil tengah turun.
“(Pembelian) lebih banyak yang Replacement sih sekarang. Karena memang kemarin ada beberapa pabrikan permintaannya turun kita terpengaruh,” kata Afrianti.
Lebih lanjut ia berharap penjualan mobil bisa terus pulih dan nilai tukar rupiah stabil. Karena seluruh faktor itu secara tidak langsung berpengaruh pada performa penjualan Goodyear Indonesia.
“Mudah-mudahan bisa lebih stabil, karena untuk impor bahan baku akan lebih baik pastinya,” tegas dia.
Sebagai informasi Goodyear Indonesia menjadi salah satu penyedia ban buat beberapa merek ternama di Indonesia. Seperti Daihatsu, Suzuki sampai BMW dan Mercedes-Benz.
“Porsi paling banyak mungkin Hyundai ya. Kalau di Hyundai kita hampir 100 persen (menyediakan ban) untuk penjualan lokal mereka,” ungkap Afrianti.
Goodyear Indonesia juga menyiapkan promo pembelian ban ukuran 17 inci ke atas sampai periode Desember 2024, di mana konsumen berkesempatan mendapat hadiah satu unit Mercedes-AMG A 35.
Program itu merupakan hasil kerja sama antara Goodyear Indonesia dan Mercedes-Benz, menyasar pengguna mobil premium dan SUV (Sport Utility Vehicle) maupun EV (Electric Vehicle).
Konsumen bisa melakukan pembelian periode September sampai Desember 2024. Sementara pengumuman pemenang dilakukan Januari 2025.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
12 September 2024, 19:30 WIB
26 Agustus 2024, 19:14 WIB
02 Agustus 2024, 09:00 WIB
27 Juli 2024, 17:00 WIB
25 Juli 2024, 14:00 WIB
Terkini
13 September 2024, 12:00 WIB
Mazda Indonesia menyatakan bahwa konsumen setia mereka rutin melakukan perawatan berkala kendaraannya
13 September 2024, 11:00 WIB
Penjualan mobil Agustus 2024 berhasil mengalami kenaikan dengan BYD menjadi primadona baru masyarakat
13 September 2024, 10:23 WIB
Hardiyanto menjelaskan kalau para oknum pengedar oli palsu sering melakukan aksinya di luar Pulau Jawa
13 September 2024, 09:00 WIB
Guna membantu mengurai kemacetan ganjil genap Puncak kembali diberlakukan, simak lokasi penerapannya
13 September 2024, 08:00 WIB
Terdapat beberapa cara bedakan oli asli dan palsu pada produk Pertamina Lubricants, seperti memindai QR Code
13 September 2024, 07:00 WIB
20 mobil terlaris Agustus 2024 masih dikuasai oleh pabrikan mobil Jepang tetapi dua model BYD sudah mengancam
13 September 2024, 06:16 WIB
Meski mau akhir pekan, Polda Metro Jaya tetap menghadirkan SIM Keliling Jakarta guna melayani masyarakat
13 September 2024, 06:16 WIB
Masih beroperasi seperti biasa jelang akhir pekan, simak jadwal dan lokasi SIM keliling Bandung hari ini