Goodyear Wrangler Duratrac RT Meluncur, Siap Penuhi Pasar Offroad
10 Oktober 2024, 18:00 WIB
Goodyear Indonesia sebagai salah satu produsen ban OEM ikut terdampak dari melesunya penjualan mobil di dalam negeri.
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Penjualan mobil nasional sempat melemah terkhusus di pertengahan 2024. Beberapa pihak ikut skeptis dengan target satu juta unit yang sebelumnya ditetapkan.
Meski saat ini diklaim mulai memulih, banyak pihak terdampak dari melemahnya penjualan mobil nasional. Salah satunya produsen ban OEM (Original Equipment Manufacturer) Goodyear Indonesia.
“Kalau untuk ban OEM secara tidak langusng kami juga terdampak dari permintaan produksi itu sendiri. Ketika produksi mobil baru turun, pasti demand untuk ban yang kita suplai OEM itu juga mengikuti,” kata Afrianti Puspitarini, Head of Marketing Goodyear Indonesia di Jakarta Pusat, Kamis (12/9).
Ia menegaskan penjualan ban mobil Goodyear pararel dengan penjualan mobil baru. Namun ada juga konsumen yang membeli unit ban buat penggantian atau Replacement.
Segmen ini yang kemudian jadi salah satu fokus Goodyear untuk kembali dorong penjualan sehingga tidak terpuruk, meski penjualan mobil tengah turun.
“(Pembelian) lebih banyak yang Replacement sih sekarang. Karena memang kemarin ada beberapa pabrikan permintaannya turun kita terpengaruh,” kata Afrianti.
Lebih lanjut ia berharap penjualan mobil bisa terus pulih dan nilai tukar rupiah stabil. Karena seluruh faktor itu secara tidak langsung berpengaruh pada performa penjualan Goodyear Indonesia.
“Mudah-mudahan bisa lebih stabil, karena untuk impor bahan baku akan lebih baik pastinya,” tegas dia.
Sebagai informasi Goodyear Indonesia menjadi salah satu penyedia ban buat beberapa merek ternama di Indonesia. Seperti Daihatsu, Suzuki sampai BMW dan Mercedes-Benz.
“Porsi paling banyak mungkin Hyundai ya. Kalau di Hyundai kita hampir 100 persen (menyediakan ban) untuk penjualan lokal mereka,” ungkap Afrianti.
Goodyear Indonesia juga menyiapkan promo pembelian ban ukuran 17 inci ke atas sampai periode Desember 2024, di mana konsumen berkesempatan mendapat hadiah satu unit Mercedes-AMG A 35.
Program itu merupakan hasil kerja sama antara Goodyear Indonesia dan Mercedes-Benz, menyasar pengguna mobil premium dan SUV (Sport Utility Vehicle) maupun EV (Electric Vehicle).
Konsumen bisa melakukan pembelian periode September sampai Desember 2024. Sementara pengumuman pemenang dilakukan Januari 2025.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
10 Oktober 2024, 18:00 WIB
25 September 2024, 09:00 WIB
23 September 2024, 21:00 WIB
14 September 2024, 09:00 WIB
13 September 2024, 20:00 WIB
Terkini
21 November 2024, 16:00 WIB
Jadi sasaran sejumlah manufaktur otomotif China, Neta mengungkapkan mengapa area Pluit terbilang potensial
21 November 2024, 15:00 WIB
Punya kapasitas baterai lebih besar dari saudaranya Kia EV9, Hyundai Ioniq 9 tawarkan daya jelajah 620 km
21 November 2024, 14:00 WIB
Menjangkau konsumen di kawasan Jakarta Utara, berikut fasilitas yang ditawarkan diler baru Neta di Pluit
21 November 2024, 13:22 WIB
New Hyundai Tucson akhirnya diluncurkan buat pasar Indonesia, mobil tersebut dijual mulai Rp 632 jutaan
21 November 2024, 12:00 WIB
Pemerintah meminta agar perbaikan tol dikebut dan harus selesai sebelum periode libur Natal dan tahun baru
21 November 2024, 11:00 WIB
Marc Marquez mengaku gembira usai menjajal Ducati Desmosedici GP25 pada sesi test pascamusim di Barcelona
21 November 2024, 09:00 WIB
Begini tampilan serta spesifikasi mesin Citroen Basalt yang bakal diperkenalkan di pameran GJAW 2024
21 November 2024, 08:00 WIB
ACC berharap penjualan mobil baru kembali bergairah pada 2025 karena tidak terlalu banyak agenda besar