Penjualan Mitsubishi Fuso Tahun Lalu Positif, Tembus 46.7 Persen

Penjualan Mitsubishi Fuso mengalami pertumbuhan positif pada produk-produk unggulannya dengan angka 46.7 persen

Penjualan Mitsubishi Fuso Tahun Lalu Positif, Tembus 46.7 Persen

TRENOTO – Mitsubishi Fuso mencatat pertumbuhan positif selama 2021 dengan meraih pangsa pasar sebesar 46.7 persen. Berbagai solusi digital yang diterapkan pada tahun lalu sukses membuat penjualan Mitsubishi Fuso meningkat pangsa pasarnya di Tanah Air.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi Fuso di Indonesia, berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar. Dikatakan selama 51 tahun berturut-turut, Mitsubishi Fuso selalu bertengger di posisi puncak pada segmen kendaraan komersial di Tanah Air.

Adapun Fighter menjadi produk MDT (Medium Duty Trucks) unggulan yang berhasil diserap pasar. Produk yang diperkenalkan pada 2018 ini terus mengalami pengembangan hingga solusi purna jualnya.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan ritel pada 2021 mencapai 34.375 unit. Dibandingkan tahun sebelumnya, angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 30.1 persen yakni 24 ribu unit.

Sementara untuk wholesales (pengiriman dari pabrik ke dealer), Mitsubishi Fuso membukukan angka total 36.518 unit pada tahun lalu. Jumlah tersebut meningkat 41.5 persen dibandingkan 2020.

Photo : KTB

“Pencapaian 2021 itu mengalami peningkatan setelah pandemi pada 2020. Karena pada 2020 pasarnya drop 48 persen dari 96 ribu menjadi 46 ribu,” ucap Duljatmono, Executive Vice President of Sales and Marketing PT KTB.

Target Penjualan 2022

Menjalani 2022, KTB menaruh harapan cukup tinggi. Target yang dicanangkan adalah meraih pangsa pasar sebesar 48 persen.

Terlebih untuk memasuki era Euro4 yang direncanakan mulai April 2022, KTB meyakini kesiapannya dengan terus menyempurnakan kualitasnya. Disebutkan bahwa terdapat 29 varian baru yang disiapkan untuk menjalaninya.

“Karena Euro4 baru bagi pelanggan, KTB siap mendukung pelanggan dengan solusi total, ketersediaan suku cadang dengan harga terjangkau, lebih banyak lokasi 2S Fleet Workshop dan menambah operasi Mobile Workshop Service,” katanya dalam kesempatan Media Gathering KTB (26/01/2022).

Lebih lanjut Ia mengatakan tahun ini GDP 2021 diprediksikan 5.9 persen. Pemerintah disebutkan masih komitmen untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

“Bicara komoditi, CPO sangat kontribusi karena harga yang stabil, nikel juga begitu. Kemudian yang utama pendukung demand pada 2022 kembali stabil dan meningkat pada sektor logistik,” jelasnya.

Namun di sisi lain, Ia menyadari masih ada potensi covid-19 yang juga berdampak pada negara lain. Sehingga hal ini tetap harus diwaspadai perkembangannya.


Terkini

mobil
Honda E:N1

Honda Kurangi Investasi Pada Mobil Listrik, Fokus ke Hybrid

Honda kurangi investasi pada mobil listrik akibat adanya perlambatan permintaan secara global dan beralih ke hybrid

mobil
Nissan Juke

Teaser Nissan Juke Mulai Beredar, Tampilannya Agresif

Gambar dari Nissan Juke generasi ketiga mulai diperlihatkan dengan desain yang lebih agresif dan tajam

mobil
Toyota

Toyota Dikabarkan Berniat Selamatkan Nissan dari Krisis Finansial

Toyota dikabarkan buka komunikasi dengan Nissan untuk mencari kemungkinan kerja sama dalam waktu dekat

mobil
Mazda Konfirmasi Bakal Rakit Lokal CX-30 di Indonesia

Mazda Beberkan Model SUV yang Akan Dirakit di Indonesia

Dalam laporan keuangan yang dipublikasikan 12 Mei 2025, Mazda konfirmasi perakitan lokasi SUV CX-30 di RI

mobil
BMW Ogah Fokus Produksi EV, Tetap Buat Mobil Bensin dan Hidrogen

BMW Ogah Fokus Produksi EV, Tetap Buat Mobil Bensin juga Hidrogen

BMW mengaku enggan fokus mengembangkan EV, mereka justru ingin tetap memproduksi mobil bensin dan hidrogen

mobil
Xpeng P7

Xpeng P7 Generasi Baru Mulai Diperkenalkan, Desainnya Agresif

Desain Xpeng P7 generasi baru mulai diperkenalkan dengan tampilan yang agresif dan sudah menggunakan platform baru

mobil
Harga Terus Naik, 2025 Waktu yang Buruk untuk Beli Mobil Baru

Harga Naik Terus, Beli Mobil Baru Sekarang Dianggap Kurang Bijak

Pasar otomotif AS ikut menghadapi tantangan penjualan mobil baru di tengah ketidakpastian aturan tarif

mobil
Mitsubishi Targetkan RI Jadi Pasar Terbesar MMC di Asia Tenggara

Mitsubishi Indonesia Targetkan Jual 80 Ribu Mobil, Tempel Filipina

Indonesia tempati posisi kedua penyumbang penjualan ritel Mitsubishi terbanyak di ASEAN sebanyak 71 ribu unit