Tanda Kehadiran Toyota Veloz Hybrid di Indonesia Makin Kuat
04 Agustus 2025, 17:00 WIB
Jumlah pengunjung GIIAS 2025 dikatakan banyak didominasi generasi Z hingga muncul istilah Rojali dan Rohana
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Ajang GIIAS 2025 telah berakhir pada Minggu (03/08). Selama penyelenggaraan, pabrikan kendaraan berupaya untuk menampilkan model terbaik mereka guna menarik perhatian pengunjung.
Salah satunya adalah GWM Indonesia yang hadir di hall 3, ICE BSD City. Mereka cukup agresif dengan menampilkan beberapa model sekaligus.
“Di GIIAS 2025 GWM mengusung pesan dan strategi global yaitu all scenarios, all powertrains, all users. Karena kami paham bahwa inovasi bukanlah pilihan ganda dengan satu jawaban yang benar,” ungkap Martina Danuningrat, Strategy & Marketing Director GWM Indonesia.
Menariknya, mereka tidak hanya menampilkan produk-produk terbaiknya tetapi juga menyematkan beberapa catatan.
Disampaikan adalah tingginya generasi Z datang ke GIIAS 2025. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 54 persen dari total ratusan pengunjung.
Angka tersebut jauh dibandingkan responden dari generasi X yang sebesar 23 persen dan milenial sebanyak 21 persen.
Perlu diingat bahwa total pengunjung di GIIAS 2025 ini mencapai 485.569 orang. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding pencapaian tahun sebelumnya yang hanya sebesar 475.084 pengunjung.
Namun banyaknya jumlah pengunjung tersebut tidak berbanding lurus dengan peningkatan penjualan. Jumlah pemesanan kendaraan selama pameran diprediksi turun.
“Kelihatannya agak turun. Kalau kita lihat, memang kondisi ekonomi memang agak berat kemudian kita juga lihat sampai dengan pertengahan tahun ini, Juni, penjualannya turun,” ungkap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo saat ditemui di Tangerang, Sabtu (02/08).
Turunnya jumlah penjualan di tengah naiknya jumlah pengunjung seakan memperkuat fenomena "rojali" (rombongan jarang beli) dan "rohana" (rombongan hanya nanya) yang ramai dibincangkan belakangan.
Kondisi tersebut dinilai menunjukkan kondisi keuangan masyarakat sedang tertekan dibanding tahun-tahun sebelumnya.
Situasi itu pun membuat Gaikindo membuka opsi untuk merevisi target penjualan di Indonesia. Dari sebelumnya 850.000 unit menjadi lebih kecil dari sebelumnya.
“Saya akan lihat dulu penjualan di akhir Juli dan Agustus. Tapi rasanya mungkin ada revisi target,” tambahnya kemudian.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
04 Agustus 2025, 17:00 WIB
04 Agustus 2025, 15:02 WIB
04 Agustus 2025, 13:27 WIB
04 Agustus 2025, 09:00 WIB
03 Agustus 2025, 18:43 WIB
Terkini
04 Agustus 2025, 18:01 WIB
Memiliki bodi besar tidak menyulitkan mobil keluarga pecahkan rekor
04 Agustus 2025, 17:00 WIB
Toyota beri bocoran kehadiran Veloz Hybrid, sebut bakal hadirkan produk HEV yang menjangkau masyarakat luas
04 Agustus 2025, 16:16 WIB
Neta dikabarkan mulai mendapatkan puluhan investor potensial buat melanjutkan bisnis di segmen mobil listrik
04 Agustus 2025, 15:02 WIB
BYD berhasil mendominasi penjualan kendaraan listrik di tujuh negara termasuk Indonesia dengan angka cukup tinggi
04 Agustus 2025, 14:00 WIB
Kontes mekanik yang digelar Auto2000 bantu meningkatkan kompetensi tenaga kerja di era elektrifikasi
04 Agustus 2025, 13:27 WIB
Daihatsu mengklaim menerima 580 SPK selama GIIAS 2025, jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan tahun lalu
04 Agustus 2025, 12:08 WIB
IMX 2025 berkolaborasi dengan Hot Wheels untuk menghadirkan beberapa program menarik selama masa pameran
04 Agustus 2025, 11:00 WIB
Geely Xingyuan dipastikan meluncur di akhir tahun dan langsung dirakit lokal oleh Handal Indonesia Motor