Pengunjung GIIAS 2025 Didominasi Gen Z, Muncul Istilah Rojali

Jumlah pengunjung GIIAS 2025 dikatakan banyak didominasi generasi Z hingga muncul istilah Rojali dan Rohana

Pengunjung GIIAS 2025 Didominasi Gen Z, Muncul Istilah Rojali

KatadataOTO – Ajang GIIAS 2025 telah berakhir pada Minggu (03/08). Selama penyelenggaraan, pabrikan kendaraan berupaya untuk menampilkan model terbaik mereka guna menarik perhatian pengunjung.

Salah satunya adalah GWM Indonesia yang hadir di hall 3, ICE BSD City. Mereka cukup agresif dengan menampilkan beberapa model sekaligus.

“Di GIIAS 2025 GWM mengusung pesan dan strategi global yaitu all scenarios, all powertrains, all users. Karena kami paham bahwa inovasi bukanlah pilihan ganda dengan satu jawaban yang benar,” ungkap Martina Danuningrat, Strategy & Marketing Director GWM Indonesia.

Menariknya, mereka tidak hanya menampilkan produk-produk terbaiknya tetapi juga menyematkan beberapa catatan.

GIIAS 2025
Photo : Istimewa

Disampaikan adalah tingginya generasi Z datang ke GIIAS 2025. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 54 persen dari total ratusan pengunjung.

Angka tersebut jauh dibandingkan responden dari generasi X yang sebesar 23 persen dan milenial sebanyak 21 persen.

Perlu diingat bahwa total pengunjung di GIIAS 2025 ini mencapai 485.569 orang. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding pencapaian tahun sebelumnya yang hanya sebesar 475.084 pengunjung.

Namun banyaknya jumlah pengunjung tersebut tidak berbanding lurus dengan peningkatan penjualan. Jumlah pemesanan kendaraan selama pameran diprediksi turun.

“Kelihatannya agak turun. Kalau kita lihat, memang kondisi ekonomi memang agak berat kemudian kita juga lihat sampai dengan pertengahan tahun ini, Juni, penjualannya turun,” ungkap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo saat ditemui di Tangerang, Sabtu (02/08).

Turunnya jumlah penjualan di tengah naiknya jumlah pengunjung seakan memperkuat fenomena "rojali" (rombongan jarang beli) dan "rohana" (rombongan hanya nanya) yang ramai dibincangkan belakangan.

Kondisi tersebut dinilai menunjukkan kondisi keuangan masyarakat sedang tertekan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

GIIAS 2025
Photo : Istimewa

Situasi itu pun membuat Gaikindo membuka opsi untuk merevisi target penjualan di Indonesia. Dari sebelumnya 850.000 unit menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

“Saya akan lihat dulu penjualan di akhir Juli dan Agustus. Tapi rasanya mungkin ada revisi target,” tambahnya kemudian.


Terkini

mobil

Mobil Keluarga Berhasil Pecahkan Rekor Nurburgring

Memiliki bodi besar tidak menyulitkan mobil keluarga pecahkan rekor

mobil
Tanda Kehadiran Toyota Veloz Hybrid di Indonesia Makin Kuat

Tanda Kehadiran Toyota Veloz Hybrid di Indonesia Makin Kuat

Toyota beri bocoran kehadiran Veloz Hybrid, sebut bakal hadirkan produk HEV yang menjangkau masyarakat luas

mobil
Neta Terima 47 Investor, Siap Produksi Mobil Listrik Lagi

Neta Terima 47 Investor, Siap Produksi Mobil Listrik Lagi

Neta dikabarkan mulai mendapatkan puluhan investor potensial buat melanjutkan bisnis di segmen mobil listrik

mobil
BYD

BYD Dominasi Pasar Kendaraan Listrik di 7 Negara

BYD berhasil mendominasi penjualan kendaraan listrik di tujuh negara termasuk Indonesia dengan angka cukup tinggi

mobil
Auto2000

Cara Auto2000 Tingkatkan Kemampuan Teknisi di Era Elektrifikasi

Kontes mekanik yang digelar Auto2000 bantu meningkatkan kompetensi tenaga kerja di era elektrifikasi

mobil
Daihatsu Raup 580 SPK di GIIAS 2025, Rocky Hybrid Jadi Primadona

Daihatsu Raup 580 SPK di GIIAS 2025, Rocky Hybrid Jadi Primadona

Daihatsu mengklaim menerima 580 SPK selama GIIAS 2025, jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan tahun lalu

mobil
IMX 2025 Digelar Oktober

Hot Wheels Siapkan Kejutan Menarik di IMX 2025

IMX 2025 berkolaborasi dengan Hot Wheels untuk menghadirkan beberapa program menarik selama masa pameran

mobil
Geely Xingyuan

Geely Xingyuan Meluncur Akhir Tahun, Langsung Dirakit Lokal

Geely Xingyuan dipastikan meluncur di akhir tahun dan langsung dirakit lokal oleh Handal Indonesia Motor