Mazda Mau Kembalikan Kejayaan Mesin Rotary Lewat SP Concept

Menjadi salah satu ciri khasnya, Mazda berminat pakai mesin rotary untuk mobil sport teranyar mereka

Mazda Mau Kembalikan Kejayaan Mesin Rotary Lewat SP Concept

KatadataOTOMazda merupakan manufaktur otomotif asal Jepang yang dikenal karena inovasinya menggunakan mesin wankel atau rotary pada beberapa lini kendaraanya.

Ada beberapa keunggulan ditawarkan, seperti ukuran kompak, pengoperasian halus dan dapat menghasilkan torsi maksimum pada rpm tinggi sehingga cocok digunakan di mobil sport.

Meskipun Mazda sudah menghentikan produksi massal mesin rotary, mereka ternyata mau kembali pakai mesin itu untuk mobil sport terbaru mereka yang baru diperkenalkan sebagai SP Concept.

SP Concept sebelumnya telah dipamerkan ke publik tahun lalu. Tetapi baru-baru ini pihak Mazda mengkonfirmasi bahwa mobil konsep itu memang dibangun untuk diproduksi di masa mendatang.

Mazda Mau Kembalikan Kejayaan Mesin Rotary Lewat SP Concept
Photo : Carscoops

“Konsep ini bukan sekadar Show Car yang kosong. Tetapi memang didesain dengan intensi untuk mengubahnya jadi model produksi dalam waktu dekat nanti,” kata Masashi Nakayama, Design Chief Mazda dikutip dari Carscoops, Kamis (14/11).

Mazda SP Concept juga digadang jadi suksesor mobil sport RX-7 dan RX-8. Namun SP Concept dirancang sedemikian rupa supaya disesuaikan selera dan kebutuhan konsumen, mulai dari posisi jok sampai dimensi kendaraan.

Belum ada informasi resmi terkait kemungkinan dapur pacu SP Concept versi produksi, namun diyakini kembali menggunakan mesin rotary dipadukan teknologi EV atau motor elektrik, bisa saja dikategorikan sebagai EREV (Extended Range Electric Vehicle).

Mengingat mesin rotary tidak efisien bahan bakar dan tinggi emisi, masuk akal jika Mazda menggunakannya hanya sebagai generator baterai dan bukan sumber tenaga utama.

Teknologi Range-Extender ini diklaim dapat dipadukan dengan berbagai opsi bahan bakar ramah lingkungan lain. Sehingga mengurangi emisi sampai 90 persen.

Mazda Mau Kembalikan Kejayaan Mesin Rotary Lewat SP Concept
Photo : Carscoops

Ini memungkinkan mesin rotary milik Mazda bisa tetap digunakan di tengah era elektrifikasi dan pengetatan regulasi emisi di sejumlah negara.

Saat ini, lini elektrifikasi Mazda dengan mesin rotary adalah Mazda MX-30 R-EV. Mobil yang masuk ke kategori PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) itu dibantu jantung pacu berkapasitas 830 cc.

Sedangkan di Indonesia, MX-30 dihadirkan oleh PT EMI (Eurokars Motor Indonesia) dalam satu pilihan spesifikasi saja yakni BEV (Battery Electric Vehicle). Harganya adalah Rp 860 juta OTR (On The Road) Jakarta.


Terkini

news
Gerbang tol

Daftar Gerbang Tol yang Ditutup Sementara Untuk Diperbaiki

Sedikitnya ada enam gerbang tol Dalam Kota yang ditutup sementara untuk mendapat perbaikan setelah dirusak massa

modifikasi
BlackAuto Battle Surabaya 2025

BlackAuto Battle 2025 Surabaya Dipadati Penggemar Modifikasi

BlackAuto Battle 2025 Surabaya berhasil menarik perhatian para penggelar modifikasi dari bebagai daerah

news
SIM Keliling Jakarta

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Jakarta 30 September, Ada 5 Tempat

Lima tempat ini menyediakan fasilitas SIM keliling Jakarta, simak informasi lengkap jadwal dan lokasinya

news
Cek Lokasi SIM Keliling Bandung di Penghujung September 2025

Cek Lokasi SIM Keliling Bandung di Penghujung September 2025

Pada akhir bulan, kepolisian di Kota kembang mengoperasikan SIM keliling Bandung di dua lokasi berbeda

news
Ganjil Genap Jakarta

Ganjil Genap Jakarta 30 September 2025, Ada Demo di Gedung DPR

Ganjil genap Jakarta 30 September 2025 bakal diwarnai dengan aksi demo di depan gedung DPR RI sejak pagi

motor
Jurus Wamenperin Agar Industri Sepeda Motor Lokal Tetap Bertahan

Jurus Wamenperin Agar Industri Sepeda Motor Lokal Tetap Bertahan

Wamenperin ingin industri sepeda motor di dalam negeri menyusun roadmap untuk selama sepuluh tahun ke depan

mobil
Jaecoo J8 SHS Ardis

Jaecoo J8 SHS Ardis Resmi Dijual dengan Harga Rp 818 juta

Jaecoo J8 SHS Ardis akhirnya resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp 818 juta, lebih murah dari perkenalan

mobil
Geely Starray EM-i Dirakit Lokal

Alasan Geely Starray EM-i Dirakit Lebih Dulu sebelum EX5

Geely Auto Indonesia mengumumkan keputusan perakitan lokal Starray EM-i lebih dulu dari EX5, ini alasannya