Alasan Lamborghini Pilih Cina Jadi Tempat Kelahiran Urus SE PHEV
25 November 2025, 14:00 WIB
Merek Cina mulai menghadirkan produk-produk di segmen luxury, Lamborghini akui persaingannya semakin sengit
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Lamborghini, merek otomotif asal Italia mengakui persaingan dengan merek Tiongkok semakin sengit khususnya di era elektrifikasi.
Saat ini berbagai merek Cina mulai masuk merambah segmen premium dan luxury. Misalnya BYD melalui Denza dan Yangwang, kemudian Xiaomi menawarkan sports car bertenaga listrik performa tinggi.
Oleh karena itu dalam upaya beradaptasi dengan era elektrifikasi, Lamborghini mulai menyematkan teknologi hybrid pada lini kendaraannya.
“Cina merupakan negara di mana elektrifikasi telah naik ke level berikutnya. Tentu ada brand tertentu menjadi referensi utama,” kata Francesco Scardaoni, Regional Director of Automobili Lamborghini Asia Pacific saat ditemui di Jakarta belum lama ini.
Tidak hanya teknologi elektrifikasi, konektivitas dan ekosistem pendukung seperti charging station dan lain sebagainya juga terbilang sangat lengkap di Cina.
Menurut Francesco, ini membuat merek Cina bisa menciptakan tren baru dan menjadi patokan bagi banyak manufaktur otomotif lain.
Namun dia mengungkapkan Lamborghini tetap berada di segmen berbeda dari mayoritas merek Tiongkok, terkhusus di kelas premium.
Ada tantangan tersendiri dalam mengajak konsumen Lamborghini buat menggunakan kendaraan elektrifikasi. Banyak pelanggan masih lebih suka mobil performa tinggi bermesin konvensional.
“Mereka lebih suka menggunakan combustion engine, memastikan tingkat emosional dari suara (mobil) dan perspektif berkendara,” kata Francesco.
Francesco mengatakan Lamborghini berupaya menghadirkan sensasi berkendara serupa versi konvensionalnya. Ini menjadi salah satu modal mereka bersaing dengan pabrikan dari Tiongkok.
“Tentu saja kita berhati-hati melihat teknologi Cina dan tren barunya. Karena mereka menarik,” tegas Francesco.
Pihak Lamborghini masih percaya diri bisa terus bersaing di tengah membanjirnya produk-produk baru dari Tiongkok yang tawarkan alternatif harga lebih rendah.
Sebagai informasi, di Indonesia Lamborghini baru meluncurkan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) perdana mereka yakni Urus SE PHEV.
Konsumen sudah bisa memesan dan melihat unitnya secara langsung di showroom Lamborghini yang bertempat di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.
Setiap calon pelanggan Lamborghini yang datang ke showroom tersebut bakal didampingi oleh sales tersertifikasi dan menikmati ruangan khusus koleksi merchandise resmi Lamborghini.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
25 November 2025, 14:00 WIB
22 November 2025, 10:00 WIB
12 November 2025, 11:00 WIB
04 November 2025, 20:23 WIB
28 Oktober 2025, 19:00 WIB
Terkini
26 November 2025, 11:00 WIB
BYD Atto 1 jadi primadona baru masyarakat Indonesia, mobil listrik ini sudah terpesan ribuan unit di Tanah Air
26 November 2025, 10:00 WIB
Motor listrik VinFast dijadwalkan masuk pasar Indonesia mulai 2026, namun modelnya masih dirahasiakan
26 November 2025, 09:00 WIB
Suzuki hadirkan sejumlah pilihan model mobil yang fungsional bagi keluarga Indonesia dan bisa diandalkan
26 November 2025, 08:00 WIB
Lepas L8 menggunakan Lex Platform yang membuat pabrikan mudah memasangkan beragam teknologi guna tekan konsumsi BBM
26 November 2025, 07:00 WIB
Toyota Veloz Hybrid dijual dengan beragam keunggulan termasuk harga yang cukup kompetitif buat pelanggan
26 November 2025, 06:00 WIB
Anda bisa mengunjung SIM keliling Bandung untuk mengurus dokumen berkendara dengan membawa berbagai syarat
26 November 2025, 06:00 WIB
Masyarakat Ibu Kota bisa dengan mudah memanfaatkan layanan SIM keliling Jakarta hari ini, simak informasinya
26 November 2025, 06:00 WIB
Puluhan jalan utama di Ibu Kota terdampak oleh aturan ganjil genap Jakarta yang berlaku dua kali sehari