Penjualan Daihatsu Oktober 2024, Naik Tipis Dibanding Bulan Lalu
14 November 2024, 16:15 WIB
Sebelumnya jadi andalan first car buyer, sekarang Daihatsu Ayla jadi pilihan mobil kedua atau pengganti
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Daihatsu Ayla sebelumnya merupakan salah satu mobil LCGC (low cost green car) yang jadi andalan masyarakat. Kebanyakan pembeli Ayla adalah first car buyer atau orang yang baru pertama kali membeli mobil.
Pertimbangan masyarakat adalah karena harga Ayla yang cenderung terjangkau mulai dari Rp130 jutaan. Ditambah ada banyak opsi cicilan ringan untuk memudahkan konsumen.
Meski dahulu kerap menjadi mobil pertama, Sri Agung Handayani selaku Direktur Marketing dan Corporate Planning PT ADM (Astra Daihatsu Motor) mengatakan saat ini sudah mulai berubah.
Pembeli Daihatsu Ayla ternyata justru dikuasai additional buyer serta replacement buyer. Tiga alasan utama konsumen membeli adalah desain eksterior, efisiensi bahan bakar serta harga terjangkau.
“Kita yang terkejut itu first car buyer dari 78 persen menjadi 48 persen. Kalau dulu Ayla didominasi 70 persen oleh first car buyer,” ucap Agung kepada media di GIIAS 2023, Rabu (16/8).
Ia mengungkapkan perubahan kategori pembeli ini terjadi sejak Daihatsu meluncurkan generasi terbaru dari Ayla, bergaya lebih sporti namun dengan harga tidak terlalu berbeda jauh dari pendahulunya.
Kemudian Agung menjelaskan berdasarkan hasil survey internal yang dilakukan di wilayah Jabodetabek, Medan dan Surabaya, jumlah pembeli anak muda di bawah 35 tahun meningkat dari 41 persen menjadi 52 persen.
“Itu didominasi (kategori) yang di luar dugaan. Pembeli additional dan replacement (mobil kedua serta mobil pengganti) jadi lebih banyak,” ungkap Agung.
Survey tersebut juga menyebutkan bahwa kebanyakan konsumen baru memilih untuk membeli Ayla karena eksterior terbarunya. Sedangkan sebelum generasi terkini meluncur, alasan orang membeli Ayla adalah karena harganya murah Rp100 jutaan.
Setelah all new Ayla meluncur banyak konsumen menyatakan bahwa mereka bukan pembeli mobil pertama, namun membeli Ayla untuk dijadikan mobil kedua ataupun sebagai pengganti mobil terdahulunya.
“Mulai awal diluncurkan sampai sekarang dikuasai additionl buyer dan replacement buyer. Terus alasan membelinya di luar dugaan kami yaitu desain eksterior, efisiensi bahan bakar dan harga murah,” tegas Agung.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
14 November 2024, 16:15 WIB
11 November 2024, 09:00 WIB
09 November 2024, 19:00 WIB
09 November 2024, 08:00 WIB
01 November 2024, 13:13 WIB
Terkini
17 November 2024, 22:00 WIB
Hyundai Ioniq 9 bakal jadi saudara Kia EV9, ada beberapa perbedaan antara versi produksi dengan konsepnya
17 November 2024, 21:25 WIB
Jorge Martin sukses menjadi juara dunia MotoGP 2024 meski tidak berhasil memenangi seri Barcelona 2024
17 November 2024, 14:00 WIB
Dinas Perhubungan siapkan rekayasa lalu lintas saat debat Pilkada Jakarta untuk hindari terjadi kepadatan
17 November 2024, 10:02 WIB
Suzuki Ertiga Hybrid bekas lansiran 2023 makin banyak pilihan dengan beragam kemudahan seperti DP Rp 10 juta
17 November 2024, 08:30 WIB
Bakal diperkenalkan dan bisa dipesan oleh konsumen, Ford siap hadirkan Ranger Raptor 3.000 cc di GJAW 2024
17 November 2024, 07:35 WIB
Francesco Bagnaia menilai Jorge Martin cukup tertekan saat Sprint Race sehingga gagal tampil maksimal
16 November 2024, 18:00 WIB
Merupakan purwarupa dengan tampilan unik, Mitsubishi e-Evolution Concept berpeluang hadir di GJAW 2024
16 November 2024, 17:00 WIB
Harley-Davidson baru saja memamerkan dua konsep motor listrik baru dari merek LiveWire buat diluncurkan 2026