Kata BMW soal Gempuran Mobil Listrik Cina: Tidak Semuanya Profit
22 September 2025, 19:49 WIB
Konsumen BMW mulai beralih ke kendaraan listrik, minat besar terlihat pada penjualan model elektrifikasi BMW
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Di era elektrifikasi produsen kendaraan mulai memperkenalkan lini kendaraan listriknya, termasuk pabrikan di segmen premium seperti BMW.
Untuk diketahui BMW sendiri baru-baru ini meluncurkan mobil listrik iX dan diklaim mendapatkan respon positif dari para konsumennya. Melihat hal tersebut, Jodie O’Tania selaku Director of Communications BMW Group Indonesia menegaskan bahwa akan ada lebih banyak lagi model elektrifikasi hadir di Tanah Air.
“Tadinya kita planning tidak sebegitu tinggi (untuk kendaraan listrik) ternyata respon dari pelanggan itu sangat baik untuk yang listrik. Jadi kita melihat ada peningkatan signifikan dari sebelum sampai sesudah kita luncurkan itu tinggi sekali,” ungkap Jodie di The Langham Jakarta, Jumat (28/7).
Turut mengikuti program pemerintah ia berharap ke depannya animo terhadap mobil listrik BMW terus tumbuh seiring berjalannya waktu. Melihat dari segmen pasar EV (electric vehicle) Jodie mengungkapkan BMW menempati peringkat pertama di segmen premium dengan pangsa pasar 54.4 persen di Indonesia.
Namun BMW justru tidak memboyong versi listrik dari X1 yang meluncur hari ini. Ia menegaskan masih mengikuti kebutuhan konsumen, namun tetap akan menghadirkan X1 listrik untuk konsumen Tanah Air.
Ada beberapa alasan konsumen BMW mulai beralih ke kendaraan listrik misalnya adanya pengecualian ganjil genap.
“Kalau sudah pengalaman mencoba mobil listrik itu berbeda sekali. Bisa langsung pulang charge lalu pakai lagi tidak perlu isi bensin, dan juga kenyamanan misalnya tidak ada suara dan akselerasi (cepat),” ucap Jodie.
Dalam transisinya memperkenalkan kendaraan listrik Jodie mengatakan pihaknya harus selalu memberikan beragam informasi terkait EV khususnya soal infrastruktur pengisian daya serta keuntungan memakai mobil listrik.
“Karena pasti sekarang orang berpikir nge-charge di mana, susah atau tidak memasang wall charging-nya di rumah, jadi memang kita penekanannya ke arah situ,” ucapnya.
Supaya mempermudah konsumen ia menjelaskan pihaknya juga menjalin kerja sama dengan PLN serta memberikan kemudahan pada konsumen ketika beralih dari mobil konvensional ke listrik.
Edukasi kepada pelanggan juga jadi salah satu hal yang terus dilakukan untuk meyakinkan masyarakat calon konsumen.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
22 September 2025, 19:49 WIB
17 September 2025, 19:00 WIB
12 September 2025, 13:28 WIB
11 September 2025, 19:54 WIB
10 September 2025, 16:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 20:02 WIB
SIS masih membuka kemungkinan Suzuki Satria terbaru bakal diluncurkan untuk para konsumen di Indonesia
02 Oktober 2025, 19:00 WIB
Francesco Bagnaia buka suara soal asap tebal yang muncul dari motornya jelang akhir balapan di Jepang
02 Oktober 2025, 18:00 WIB
Honda Cimahi mengaku pelanggan mobil kini makin kritis sehingga pelayanan purna jual terus ditingkatkan
02 Oktober 2025, 17:00 WIB
Cairan dengan larutan urea bernama AdBlue merupakan salah satu inovasi buat kurangi emisi kendaraan diesel
02 Oktober 2025, 16:00 WIB
Bagi Fermin Aldeguer nomor 54 terasa sangat spesial, sehingga Toprak Razgatlioglu harus mencari yang lain
02 Oktober 2025, 15:00 WIB
Pengendara Yamaha Nmax yang viral menyetop sebuah bus di tikungan Ciwidey, Bandung merupakan anggota BMC
02 Oktober 2025, 14:00 WIB
Jetour X20e bakal meluncur dalam waktu dekat dan digadang jadi rival baru Wuling Air ev, segini NJKB-nya
02 Oktober 2025, 13:30 WIB
Tingginya sumber daya dan jumlah penduduk jadi daya tarik bagi pabrikan mobil listrik Cina untuk berinvestasi