Daihatsu Andalkan Pameran buat Dorong Penjualan Akhir Tahun
26 September 2025, 18:00 WIB
Meskipun target 2024 turun ke 850 ribu unit, Gaikindo yakin target penjualan 1 juta bisa dicapai tahun depan
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Industri otomotif mengalami banyak tantangan tahun ini, berimbas pada melemahnya daya beli masyarakat. Alhasil, Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) menurunkan target penjualan mobil 2024 dari satu juta unit jadi 850 ribu.
Meskipun begitu, Gaikindo optimistis bahwa angka penjualan bisa tembus satu juta unit tahun depan. Karena melihat tren penjualan mobil mulai membaik memasuki Oktober 2024.
“Oktober kemarin, penjualannya dibandingkan September naik cukup lumayan di 6,6 persen. Tetapi tidak cukup kuat untuk mencapai target yang kita tentukan sebelumnya,” kata Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo di Jakarta, Kamis (7/11).
Ia mengungkapkan memang ada banyak rintangan dilalui tahun ini seperti suku bunga tinggi, ditambah ada agenda politik termasuk pemilihan presiden yang membuat banyak konsumen menunda pembelian kendaraan bermotor.
Tetapi ia yakin dengan kehadiran banyak model baru terkhusus di perhelatan GJAW 2024 (Gaikindo Jakarta Auto Week) konsumen disuguhkan banyak pilihan baru sehingga bisa mendongkrak penjualan.
Ditambah acara itu menggandeng MUF (Mandiri Utama Finance) yang menawarkan deretan program menarik guna memudahkan pengunjung apabila ingin melakukan pembelian mobil.
Untuk mencapai target satu juta unit di 2025, Nangoi mengatakan angka penjualan mobil harus bisa tembus sekitar 80 ribu-85 ribu per bulan.
“Sementara kita punya pengalaman pernah di 90 ribu sampai 100 ribu (unit penjualan) per bulan. Harusnya saya yakin melihat kriteria positif tahun depan bisa mendongkrak penjualan,” tegas Nangoi.
Lebih lanjut ia mengatakan pasar otomotif Indonesia semakin meluas tidak hanya di area Jakarta saja, tetapi mulai bergeser ke daerah lain di luar pulau Jawa dan Bali.
“Tahun depan bukan tahun politik, jadi saya harapkan bisa Smooth (penjualan mobil),” ucap Nangoi.
Jadi harapan terakhir di penghujung tahun, Gaikindo menegaskan bahwa gelaran GJAW berbeda dari GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show). Karena tidak sekadar menjadi wadah peluncuran model baru, tetapi lebih kepada mendorong penjualan mobil.
Bakal ada beragam program dan promo pembelian ditawarkan oleh merek-merek peserta. Kemudian tersedia banyak unit Test Drive agar konsumen semakin yakin ketika ingin membeli kendaraan tertentu.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
26 September 2025, 18:00 WIB
25 September 2025, 10:00 WIB
24 September 2025, 11:00 WIB
23 September 2025, 11:00 WIB
22 September 2025, 12:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 20:02 WIB
SIS masih membuka kemungkinan Suzuki Satria terbaru bakal diluncurkan untuk para konsumen di Indonesia
02 Oktober 2025, 19:00 WIB
Francesco Bagnaia buka suara soal asap tebal yang muncul dari motornya jelang akhir balapan di Jepang
02 Oktober 2025, 18:00 WIB
Honda Cimahi mengaku pelanggan mobil kini makin kritis sehingga pelayanan purna jual terus ditingkatkan
02 Oktober 2025, 17:00 WIB
Cairan dengan larutan urea bernama AdBlue merupakan salah satu inovasi buat kurangi emisi kendaraan diesel
02 Oktober 2025, 16:00 WIB
Bagi Fermin Aldeguer nomor 54 terasa sangat spesial, sehingga Toprak Razgatlioglu harus mencari yang lain
02 Oktober 2025, 15:00 WIB
Pengendara Yamaha Nmax yang viral menyetop sebuah bus di tikungan Ciwidey, Bandung merupakan anggota BMC
02 Oktober 2025, 14:00 WIB
Jetour X20e bakal meluncur dalam waktu dekat dan digadang jadi rival baru Wuling Air ev, segini NJKB-nya
02 Oktober 2025, 13:30 WIB
Tingginya sumber daya dan jumlah penduduk jadi daya tarik bagi pabrikan mobil listrik Cina untuk berinvestasi