Jumlah Transaksi di SPKLU PLN Selama Libur Lebaran Meningkat
10 April 2025, 21:00 WIB
PLN mengklaim bahwa jumlah transaksi di SPKLU selama libur Lebaran mengalami peningkatan cukup tajam
Dagangan Mitsubishi di sektor digital khususnya e-commerce untuk spare parts orisinil masih belum memenuhi harapan
Oleh Denny Basudewa
TRENOTO – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menutup 2021 dengan berbagai catatan postif. Namun penjualannya dari sektor digital khususnya e-commerce masih belum memuaskan.
Sekadar mengingatkan, Mitsubishi berhasil memasarkan lebih dari 100 ribu unit kendaran penumpang dan niaga ringan sepanjang 2021. Capaian tersebut membuatnya naik ke posisi ketiga sebagai produsen mobil terlaris di rapor Gaikindo.
Xpander masih menjadi tulang punggung Mitsubishi terutama setelah mendapat penyegaran tahun lalu. Low MPV tersebut terus memberikan tekanan pada saingan beratnya yakni Toyota Avanza.
Namun di balik kesuksesannya pada tahun lalu, penjualan MMKSI dari sektor digital masih belum jauh dari kata sukses. Diakui bahwa dagangan Mitsubishi dari e-commerce masih sangat kecil.
“Sebenarnya ini tambahan fasilitas yang bisa dinikmati konsumen selain bengkel resmi. Khusus Xpander dan Pajero Sport masih mendapatkan paket Smart jadi cenderung ke bengkel resmi,” kata Eiichiro Hamazaki, Director After Sales Division PT MMKSI melalui annual media gathering virtual (17/03).
Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa saat ini penjualan melalui e-commerce masih kecil. Konsumen mereka adalah bengkel-bengkel kecil dan konsumen yang melakukan perbaikan sendiri di rumah.
“Jangkauan saat ini memang belum memenuhi kebutuhan yang ada. Tantangannya adalah suplai dari sparepart, jadi kami harus menyiapkan ketersediaan stok untuk memenuhi kebutuhan di e-commerce,” jelasnya kemudian.
Lebih jauh tantangan lainnya adalah penyesuaian harga antara e-commerce dengan diler. Keduanya harus diperhatikan agar tetap selaras di pasaran.
“Tantangan kedua adalah setting harga, tentu e-commerce ada keuntungan dari segi harga. Kami harus tetap membuat keseimbangan antara suplai buat diler dan suplai di e-commerce, itu tantangan yang harus kami lewati,” tuturnya kemudian.
MMKSI menyatakan baru memulai langkah digitalisasi melalui platform e-commerce selama 1 bulan. Sehingga mereka masih mempelajari demografi konsumen di area tersebut.
Pada fase awal Mitsubishi Motors Genuine Part Indonesia Official Store baru memasarkan 59 produk. Adapun produknya meliputi 10 produk genuine oil dan 5 produk chemical.
“Kami meminta maaf baru menyediakan pelumas dan chemical lainnya. Setelah strategi dikumpulkan, kami akan meluaskan lagi penawaran produk lain,” ungkap Hamazaki.
Disebutkan bahwa purnajual MMKSI pada 2021 mengalami pertumbuhan. Penjualan suku cadang brand berlambang tiga berlian ini naik sebesar 29 persen.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
Terkini
10 April 2025, 21:00 WIB
PLN mengklaim bahwa jumlah transaksi di SPKLU selama libur Lebaran mengalami peningkatan cukup tajam
10 April 2025, 20:00 WIB
Francesco Bagnaia dalam kepercayaan diri tinggi untuk meraih kemenangan kembali pada MotoGP Qatar 2025
10 April 2025, 19:00 WIB
Pemerintah Korea Selatan siap dukung industri terdampak seperti pabrik otomotif dalam menghadapi tarif impor AS
10 April 2025, 18:18 WIB
Wuling beri kemudahan kepada pelanggan yang ingin melakukan pembelian dengan promo DP ringan dan bunga 0 persen
10 April 2025, 17:17 WIB
Terdapat beragam diskon motor Honda yang bisa Anda manfaatkan pada bulan ini untuk memiliki unit terbaru
10 April 2025, 16:00 WIB
Kuota impor diterapkan di sektor otomotif, menarik manufaktur agar komitmen berinvestasi di dalam negeri
10 April 2025, 15:01 WIB
Pertamina mengaku baru saja melakukan penyelidikan terkait kasus BBM tercampur air di sebuah SPBU di Klaten
10 April 2025, 14:00 WIB
Kembaran BYD Seal ini ditawarkan dalam tipe EV dan PHEV, kompatibel dengan sistem fast charging teranyar