Century Jadi Merek Termewah Toyota, Isi Segmen di Atas Lexus

Toyota kembali bereksperimen untuk perluas jangkauan pasar, pisahkan Century sebagai merek termewahnya

Century Jadi Merek Termewah Toyota, Isi Segmen di Atas Lexus

KatadataOTO – Century merupakan salah satu lini produk mobil mewah Toyota yang modelnya cukup terbatas, yaitu Sport Utility Vehicle (SUV) dan sedan.

Merek itu juga bisa dibilang belum terlalu terkenal di luar Jepang, jika dibandingkan dengan Toyota dan sub merek premium mereka Lexus.

Meskipun begitu, Toyota memutuskan untuk memisahkan Century sebagai merek sendiri yang mengisi segmen tepat di atas Lexus.

Strategi menyasar berbagai jenis konsumen melalui sub merek ini bukanlah hal baru. Belakangan kiat serupa turut dilakukan oleh berbagai manufaktur asal Tiongkok.

Century Jadi Merek Termewah Toyota, Isi Segmen di Atas Lexus
Photo : Toyota

Ada BYD yang menjual beberapa model di kelas premium menggunakan nama Fang Cheng Bao, Denza sampai Yangwang.

Kemudian Chery memiliki banyak sub merek guna menjangkau lebih banyak konsumen seperti Jaecoo, iCar dan Lepas.

“Kami ingin maju dari imitasi menjadi pengembangan dan inovasi,” kata Simon Humphries, Toyota Chief Branding Officer dikutip dari Carscoops, Senin (27/10).

Pemisahan merek ini menurut Simon juga memungkinkan portofolio Lexus jadi semakin bervariasi dan difokuskan ke segmen premium.

Century akan jadi merek yang menghadirkan karakter ultra-premium dan lebih personal buat para pelanggannya, bersaing dengan merek ternama lain seperti Bentley sampai Rolls Royce.

Misalnya Toyota Century SUV Convertible, memungkinkan model tersebut punya atap terbuka sesuai kebutuhan pengguna.

Kustomisasi inilah yang ditawarkan Century dan tidak dimiliki oleh brand Toyota lain termasuk Lexus.

“Saya pikir sudah waktunya beberapa lini kendaraan kami semakin maju di ranah inovasi,” tegas Simon.

Century akan meluncur sebagai merek flagship Toyota di ajang Japan Mobility Show 2025 jelang akhir Oktober.

Untuk debutnya di pameran tersebut, Toyota telah menyiapkan satu model konsep bertajuk One of One, From Japan to the World.

Century Jadi Merek Termewah Toyota, Isi Segmen di Atas Lexus
Photo : Toyota

Kehadiran purwarupa itu bermaksud mempertegas status Toyota sebagai salah satu kebanggaan Jepang dan kiprah panjangnya di bidang otomotif.

Toyota belum membeberkan secara rinci spesifikasi teknis mobil konsep One of One, namun produk itu diyakini lahir mengisi lini elektrifikasi premium.

Debut Century bisa dilihat secara langsung di gelaran Japan Mobility Show 2025, mulai 30 Oktober sampai 9 November 2025.


Terkini

mobil
Pabrik Changan Andalkan AI dan 5G Buat Produksi Mobil Listrik

Pabrik Changan Andalkan AI dan 5G Buat Produksi Mobil Listrik

Changan memiliki sebuah fasilitas pabrik yang di dalamnya beroperasi 1.400 ribot dan 650 ADV untuk bikin EV

mobil
BYD Seal

BYD Seal Raih 5 Bintang Keselamatan dari ASEAN NCAP

ASEAN NCAP memberi lima bintang keselamatan buat BYD Seal karena dinilai berhasil memberi perlindungan saat pengujian

news
Jadwal 2 Lokasi SIM Keliling Bandung Hari Ini, 28 Oktober 2025

Jadwal 2 Lokasi SIM Keliling Bandung Hari Ini, 28 Oktober 2025

Ada dua lokasi SIM keliling Bandung yang beroperasi hari ini untuk melayani para pengendara di Kota Kembang

news
Ganjil Genap Jakarta

Ganjil Genap Jakarta 28 Oktober 2025, Jangan Sembarangan Melintas

Ganjil genap Jakarta kembali digelar di Ibu Kota untuk mengurangi kepadatan khususnya pada jam-jam sibuk

news
SIM Keliling Jakarta

SIM Keliling Jakarta Beroperasi Normal di Hari Sumpah Pemuda

Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, SIM keliling Jakarta tetap beroperasi seperti biasa di lima lokasi

otosport
MotoGP Malaysia 2025

Federal Oil Ajak Konsumen dan Bengkel Nonton MotoGP Malaysia 2025

Program nonton langsung MotoGP menjadi upaya Federal Oil untuk mendekatkan diri dengan para konsumen

mobil
Pabrik Daihatsu

Pabrik Daihatsu di Kyoto Terus Berkembang dan Semakin Berinovasi

Berbagai inovasi dikembangkan membuat pabrik Daihatsu di Kyoto, Jepang, semakin efisien dan ramah lingkungan

mobil
Penjualan Mobil Mulai Dibalap Malaysia, Indonesia Patut Waspada

Pasar Otomotif Indonesia Berpotensi Ditinggal Investor

Pasar otomotif Indonesia bisa dianggap tidak seksi lagi oleh investor karena penjualan merosot terus