Kaleidoskop 2025: Ini Daftar Mobil Baru yang Debut di Indonesia
15 Desember 2025, 10:00 WIB
Toyota kembali bereksperimen untuk perluas jangkauan pasar, pisahkan Century sebagai merek termewahnya
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Century merupakan salah satu lini produk mobil mewah Toyota yang modelnya cukup terbatas, yaitu Sport Utility Vehicle (SUV) dan sedan.
Merek itu juga bisa dibilang belum terlalu terkenal di luar Jepang, jika dibandingkan dengan Toyota dan sub merek premium mereka Lexus.
Meskipun begitu, Toyota memutuskan untuk memisahkan Century sebagai merek sendiri yang mengisi segmen tepat di atas Lexus.
Strategi menyasar berbagai jenis konsumen melalui sub merek ini bukanlah hal baru. Belakangan kiat serupa turut dilakukan oleh berbagai manufaktur asal Tiongkok.
Ada BYD yang menjual beberapa model di kelas premium menggunakan nama Fang Cheng Bao, Denza sampai Yangwang.
Kemudian Chery memiliki banyak sub merek guna menjangkau lebih banyak konsumen seperti Jaecoo, iCar dan Lepas.
“Kami ingin maju dari imitasi menjadi pengembangan dan inovasi,” kata Simon Humphries, Toyota Chief Branding Officer dikutip dari Carscoops, Senin (27/10).
Pemisahan merek ini menurut Simon juga memungkinkan portofolio Lexus jadi semakin bervariasi dan difokuskan ke segmen premium.
Century akan jadi merek yang menghadirkan karakter ultra-premium dan lebih personal buat para pelanggannya, bersaing dengan merek ternama lain seperti Bentley sampai Rolls Royce.
Misalnya Toyota Century SUV Convertible, memungkinkan model tersebut punya atap terbuka sesuai kebutuhan pengguna.
Kustomisasi inilah yang ditawarkan Century dan tidak dimiliki oleh brand Toyota lain termasuk Lexus.
“Saya pikir sudah waktunya beberapa lini kendaraan kami semakin maju di ranah inovasi,” tegas Simon.
Century akan meluncur sebagai merek flagship Toyota di ajang Japan Mobility Show 2025 jelang akhir Oktober.
Untuk debutnya di pameran tersebut, Toyota telah menyiapkan satu model konsep bertajuk One of One, From Japan to the World.
Kehadiran purwarupa itu bermaksud mempertegas status Toyota sebagai salah satu kebanggaan Jepang dan kiprah panjangnya di bidang otomotif.
Toyota belum membeberkan secara rinci spesifikasi teknis mobil konsep One of One, namun produk itu diyakini lahir mengisi lini elektrifikasi premium.
Debut Century bisa dilihat secara langsung di gelaran Japan Mobility Show 2025, mulai 30 Oktober sampai 9 November 2025.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
15 Desember 2025, 10:00 WIB
10 Desember 2025, 13:00 WIB
10 Desember 2025, 10:00 WIB
09 Desember 2025, 17:00 WIB
08 Desember 2025, 18:00 WIB
Terkini
17 Desember 2025, 08:00 WIB
Mitsubishi Xforce memenuhi kebutuhan para pengendara yang ingin bisa menaklukkan berbagai medan jalan
17 Desember 2025, 07:00 WIB
VinFast mengaku telah menyiapkan beragam strategi khusus untuk mengembangkan pasar kendaraan di Indonesia
17 Desember 2025, 06:14 WIB
Ganjil genap Jakarta 17 Desember 2025 tetap menjadi andalan gunmengatasi kemacetan Ibu Kota yang tidak ada hentinya
17 Desember 2025, 06:00 WIB
Hari ini SIM keliling Bandung melayani masyarakat di Kota Kembang, sudah beroperasi sejak pukul 09.00 WIB
17 Desember 2025, 06:00 WIB
Jangan sampai terlewat, SIM keliling Jakarta tidak dapat melayani perpanjangan yang berstatus kedaluwarsa
16 Desember 2025, 21:03 WIB
Ajang penghargaan Forwot Car of The Year 2025 menunjuk Mitsubishi Destinator menangkan kategori utama
16 Desember 2025, 20:59 WIB
Dalam investigasinya, NGK banyak menemukan busi palsu merek NGK beredar luas di kota-kota besar Indonesia
16 Desember 2025, 20:57 WIB
Rizki Juniansyah, atlet angkat beban Tanah Air menambah pundi-pundi emas Indonesia dalam ajang SEA Games 2025