Pabrik CATL di Indonesia Mulai Beroperasi Maret 2026
16 Mei 2025, 16:00 WIB
Begini cara aman mencuci mobil listrik Neta V, sebab Anda tidak boleh asal-asalan dalam melakukannya
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – Mobil Listrik kini semakin banyak berkeliaran di jalanan Tanah Air. Perlahan namun pertumbuhannya cukup positif.
Berdasarkan data Kemenhub (Kementerian Perhubungan) jumlah mobil listrik yang telah teregistrasi mencapai 18.300 unit. Penawaran menarik seperti harga lebih terjangkau menjadi salah satu pemicu kenaikan populasi kendaraan ramah lingkungan.
Neta merupakan salah satu produsen yang ikut meramaikan keberadaan mobil setrum di Indonesia. Resmi masuk melalui ajang GIIAS 2023 dan sekarang sudah ratusan unit Neta V beredar di jalan.
Banyaknya unit mobil listrik di Tanah Air ternyata belum dibarengi dengan pengetahuan tata cara perawatan. Paling tidak dalam urusan mencuci unit guna mengembalikan performa tampilan.
Sekadar mengingatkan jika EV (Electric Vehicle) yang dipasarkan saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi terkini. Sehingga daya tahan unit terhadap air khususnya lebih teruji.
Meskipun telah memiliki sertifikat internasional namun tetap ada batasan yang tidak boleh dilanggar. Untuk diketahui jika Neta V sudah menggunakan baterai dengan standar IP67.
“Sebenarnya kalau dari aturan tidak disarankan memakai tekanan tinggi. Karena ada baterai High Voltage,” kata Januar Eka Sapta, Senior Manager After Sales Neta Auto Indonesia di Semarang (11/12).
Baterai mobil listrik sendiri berada di bawah dek sehingga akan langsung terkena air ketika dicuci. Oleh karena itu saat menyiram bagian tersebut tidak diperbolehkan dicuci dengan steam.
“Bukan tidak boleh dicuci dengan air bertekanan, kita edukasi dulu ke tukang cuci bahwasanya ada titik-titik yang tidak boleh disemprot,” jelas Januar.
Menurutnya terdapat satu bagian yang sama sekali tidak boleh disiram air bertekanan tinggi. Engine Cover milik Neta V diharamkan untuk disemprot karena memiliki beberapa lubang dan meningkatkan risiko kerusakan unit.
“Di dekat baterai kan ada bolong-bolong buat sirkulasi panas, jadi bukan semata-mata dilubangi. Bagian itu sangat tidak disarankan menggunakan High Pressure,” tutur dia.
Adapun Neta V menggendong baterai berkapasitas 40.7 kWh dan dapat menjelajah hingga 401 km dari penuh. Output kendaraan seperti tenaga 93.7 hp dan torsi 150 nm.
Neta V hadir di Indonesia dengan lima pilihan warna menarik yakni Moonlight Green, Sky Blue, White Storm, Sakura Pink dan Midnight Gray. Mobil setrum asal negeri tirai bambu ini diniagakan Rp379 juta on the road Jakarta.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
16 Mei 2025, 16:00 WIB
16 Mei 2025, 15:00 WIB
16 Mei 2025, 08:00 WIB
15 Mei 2025, 21:00 WIB
15 Mei 2025, 19:00 WIB
Terkini
17 Mei 2025, 13:00 WIB
Damri siapkan 200 bus listrik baru sebagai armada TransJakarta yang jadi andalan mobilitas warga Ibu Kota
17 Mei 2025, 11:00 WIB
Kehadiran Chery Tiggo 8 CSH mencuri perhatian penggemar otomotif di Indonesia karena harganya terjangkau
17 Mei 2025, 09:00 WIB
Bakal fokus mempersiapkan kehadiran DST Concept, Mitsubishi masih belum mau luncurkan Xpander Hybrid di RI
17 Mei 2025, 07:15 WIB
Penjualan Mitsubishi tahun fiskal 2024 kembali turun, Xpander pun berhasl menjadi penyelamat perusahaan
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan
16 Mei 2025, 20:22 WIB
PT MMKSI resmi meluncurkan versi terbaru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hari ini, simak daftar harganya
16 Mei 2025, 18:00 WIB
Toyota bZ4X Touring atau bZ Woodland punya dimensi sedikit lebih panjang dan tampilannya semakin sporti
16 Mei 2025, 17:37 WIB
Berbagai merek premium termasuk Porsche menghadapi tantangan berat di era elektrifikasi, hadapi produk Cina