Spesifikasi Neta V-II, Meluncur di PEVS 2024 Rp 200 Jutaan
30 April 2024, 18:03 WIB
Begini cara aman mencuci mobil listrik Neta V, sebab Anda tidak boleh asal-asalan dalam melakukannya
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – Mobil Listrik kini semakin banyak berkeliaran di jalanan Tanah Air. Perlahan namun pertumbuhannya cukup positif.
Berdasarkan data Kemenhub (Kementerian Perhubungan) jumlah mobil listrik yang telah teregistrasi mencapai 18.300 unit. Penawaran menarik seperti harga lebih terjangkau menjadi salah satu pemicu kenaikan populasi kendaraan ramah lingkungan.
Neta merupakan salah satu produsen yang ikut meramaikan keberadaan mobil setrum di Indonesia. Resmi masuk melalui ajang GIIAS 2023 dan sekarang sudah ratusan unit Neta V beredar di jalan.
Banyaknya unit mobil listrik di Tanah Air ternyata belum dibarengi dengan pengetahuan tata cara perawatan. Paling tidak dalam urusan mencuci unit guna mengembalikan performa tampilan.
Sekadar mengingatkan jika EV (Electric Vehicle) yang dipasarkan saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi terkini. Sehingga daya tahan unit terhadap air khususnya lebih teruji.
Meskipun telah memiliki sertifikat internasional namun tetap ada batasan yang tidak boleh dilanggar. Untuk diketahui jika Neta V sudah menggunakan baterai dengan standar IP67.
“Sebenarnya kalau dari aturan tidak disarankan memakai tekanan tinggi. Karena ada baterai High Voltage,” kata Januar Eka Sapta, Senior Manager After Sales Neta Auto Indonesia di Semarang (11/12).
Baterai mobil listrik sendiri berada di bawah dek sehingga akan langsung terkena air ketika dicuci. Oleh karena itu saat menyiram bagian tersebut tidak diperbolehkan dicuci dengan steam.
“Bukan tidak boleh dicuci dengan air bertekanan, kita edukasi dulu ke tukang cuci bahwasanya ada titik-titik yang tidak boleh disemprot,” jelas Januar.
Menurutnya terdapat satu bagian yang sama sekali tidak boleh disiram air bertekanan tinggi. Engine Cover milik Neta V diharamkan untuk disemprot karena memiliki beberapa lubang dan meningkatkan risiko kerusakan unit.
“Di dekat baterai kan ada bolong-bolong buat sirkulasi panas, jadi bukan semata-mata dilubangi. Bagian itu sangat tidak disarankan menggunakan High Pressure,” tutur dia.
Adapun Neta V menggendong baterai berkapasitas 40.7 kWh dan dapat menjelajah hingga 401 km dari penuh. Output kendaraan seperti tenaga 93.7 hp dan torsi 150 nm.
Neta V hadir di Indonesia dengan lima pilihan warna menarik yakni Moonlight Green, Sky Blue, White Storm, Sakura Pink dan Midnight Gray. Mobil setrum asal negeri tirai bambu ini diniagakan Rp379 juta on the road Jakarta.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
30 April 2024, 18:03 WIB
30 April 2024, 17:00 WIB
30 April 2024, 15:42 WIB
30 April 2024, 14:36 WIB
30 April 2024, 14:33 WIB
Terkini
30 April 2024, 19:00 WIB
Komitmen pakai kendaraan listrik 10 persen dari total armada, Bluebird gunakan BYD E6 generasi terbaru
30 April 2024, 18:03 WIB
Merupakan versi pembaruan dari Neta V dan akan dirakit lokal, berikut rangkuman spesifikasi Neta V-II
30 April 2024, 18:00 WIB
Keeway Luncurkan 4 sepeda motor listrik di Periklindo Electric Vehicle Show 2024 dengan beragam keunggulan
30 April 2024, 17:00 WIB
Pemerintah angka penjualan mobil listrik di Indonesia pada tahun ini bisa menyentuh angka 50 ribu unit
30 April 2024, 16:00 WIB
Bekerja sama dengan Motoriz, Gesits menawarkan program sewa motor listrik kepada pengunjung PEVS 2024
30 April 2024, 15:42 WIB
Wuling Cloud EV sudah dibuka keran pemesanannya dengan harga estimasi sebesar Rp 410 juta dan bisa coba
30 April 2024, 14:36 WIB
Sempat terhambat, BYD janji kirim unit ke konsumen Juni 2024 setelah resmi komitmen untuk dirikan pabrik
30 April 2024, 14:33 WIB
Chery Omoda E5 masih dibanderol Rp 488.8 juta selama ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS 2024)