Ambisi Honda Kembangkan EV Meredup, Fokus ke Mobil Hybrid
18 Agustus 2025, 17:00 WIB
Mengawali 2024 BYD akan resmikan 8 diler 3S guna melayani konsumen, target 50 fasilitas sepanjang 2024
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Layanan purna jual merupakan satu dari sekian banyak pertimbangan calon konsumen ketika akan membeli kendaraan listrik. Guna mengakomodir kebutuhan tersebut BYD akan resmikan 8 diler 3S di Februari 2024.
Untuk diketahui mereka menargetkan nanti ada total 50 fasilitas tersebar di berbagai wilayah. Buat saat ini memang masih fokus di kota-kota besar karena melihat kesiapan insfrastruktur dan minat.
Luther Panjaitan, Head of Marketing BYD Motor Indonesia mengungkapkan sekarang kesadaran terhadap manfaat kendaraan listrik masih cenderung terjadi di kota besar saja.
Sebagai awalan delapan diler yang dibuka nanti bakal dilengkapi pelayanan 3S alias sales, service dan spareparts.
“Delapan diler termasuk yang di Sunter, Depok, Bandung sampai Kalimalang. Sekarang sudah mulai beroperasi dan konsumen boleh melakukan kunjungan,” ungkap Luther di Sirkuit Sentul, Bogor beberapa waktu lalu.
Namun ia belum menjelaskan lebih rinci jika 50 diler di masa mendatang itu seluruhnya bakal lengkap dengan fasilitas 3S.
Kemudian konsumen juga bisa melakukan test drive secara langsung ketiga unit yang tersedia yaitu Dolphin, Atto 3 dan Seal. Hanya masih terbatas mencoba di area diler saja.
Apabila adopsi kendaraan listrik bisa lebih merata tidak menutup kemungkinan diler BYD akan ditempatkan di lebih banyak lokasi, termasuk di luar kota besar.
Walaupun belum meluncur secara resmi konsumen sudah mulai mendatangi diler-diler terdekat. Upaya menarik minat masyarakat juga sebelumnya dilakukan lewat pameran mall-to-mall.
Seorang tenaga penjual di BYD Sunter menjelaskan bahwa pemesanan bisa dilakukan. Booking fee mulai Rp 10 jutaan buat Dolphin atau Atto 3, sedangkan Seal di Rp 20 jutaan.
Tidak perlu khawatir karena uang pemesanan tidak bersifat mengikat. Artinya jika konsumen tidak cocok uang bisa kembali secara utuh.
“Itu kita sampaikan ke konsumen, hanya sebagai bentuk bahwa konsumen punya intensi untuk membeli kendaraan model tertentu,” tegas Luther.
Hal tersebut menurut dia juga membantu pihak BYD menilai model dan warna apa yang paling digemari konsumen.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
18 Agustus 2025, 17:00 WIB
18 Agustus 2025, 15:00 WIB
15 Agustus 2025, 16:00 WIB
14 Agustus 2025, 20:00 WIB
14 Agustus 2025, 18:00 WIB
Terkini
18 Agustus 2025, 17:00 WIB
Honda mengurangi target penjualan dan investasi mobil listrik imbas penurunan yang terjadi di pasar global
18 Agustus 2025, 15:00 WIB
Penjualan kendaraan listrik global Januari hingga Juli 2025 berhasil tumbuh dengan Cina sebagai tulang punggung
18 Agustus 2025, 13:08 WIB
Marc Marquez unggul jauh dari para rivalnya setelah mengemas 418 poin di klasemen sementara MotoGP 2025
18 Agustus 2025, 11:00 WIB
Mencuci helm premium ternyata tidak bisa sembarangan, terdapat beberapa perlakuan yang harus diperhatikan
18 Agustus 2025, 09:01 WIB
Wheelie Fun Bike ciptakan sepeda listrik dengan fungsi unik
18 Agustus 2025, 09:00 WIB
Harga mobil hybrid per Agustus 2025 relatif stabil, ada beberapa pendatang baru yang melantai di GIIAS 2025
18 Agustus 2025, 07:00 WIB
Penjualan Daihatsu Juli 2025 mengalami kenaikan hingga buat perusahaan jadi yang terlaris kedua di Indonesia
17 Agustus 2025, 20:00 WIB
Marc Marquez catatkan kemenangan ke-1.000 di Sirkuit Red Bull Ring, berikut hasil MotoGP Austria 2025