Polisi Ungkap Dugaan Penyebab Kecelakaan KM 58 Tol Cikampek
12 April 2024, 07:00 WIB
Lebih dari 11.000 Gran Max dan Luxio juga kena recall karena adanya masalah program pada ECU kendaraan
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Selain melakukan recall untuk Rocky, PT Astra Daihatsu juga melakukan recall terhadap GranMax serta Luxio. Sedikitnya ada 11.734 unit Gran Max dan Luxio juga kena recall karena adanya kesalahan dalam komponen ECU.
Recall ini berlaku untuk mobil periode produksi 9 September 2021 – 21 Januari 2022. Fenomena yang umum ditemui pada unit terdampak di atas adalah RPM tidak stabil, mesin knocking serta kinerja mesin tersendat hingga mati.
“Program ini dilakukan setelah mendapat masukan dari beberapa wilayah, kemarin ada fenomena rpm tidak stabil, mesinnya knoking dan mesin tersendat hingga mati. Dari investigasi ditemukan ada masalah pada ecu engine,” ungkap Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM.
Masalah tersebut rupanya merupakan salah satu dampak dari adanya pandemi Covid-19 pada 2020. Pada awal pandemi, pasar otomotif menurun drastis sementara permintaan terhadap gadget meningkat pesat.
Kondisi tersebut menyebabkan produsen cip lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan pasar gadget dibanding otomotif. Namun pada pertengahan 2021, kondisi berubah dan pasar otomotif di Indonesia mulai kembali meningkat.
“Pertengahan 2021 pasar mobil mulai naik sehingga ada pertukaran cip, dari tadinya dipakai untuk elektronik jadi digunakan juga di otomotif. Pelanggan di Indonesia juga membutuhkan mobil sehingga Daihatsu menggunakan multisource chip dan ternyata berdampak pada program ECU,” ungkapnya.
Sedikitnya sudah ada 18 unit yang mengalami permasalahan tersebut. Untuk itu, Daihatsu pun akhirnya memutuskan untuk merecall Gran Max dan Luxio kemudian memprogram ulang ECU kendaraan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.
Daihatsu menyarankan para pelanggan yang mobilnya masuk ke dalam program recall untuk menghubungi bengkel resmi terdekat. Pasalnya perbaikan yang dilakukan tidak membutuhkan waktu lama, yaitu hanya 15 menit.
Tak hanya itu, Daihatsu juga akan menghubungi pemilik kendaraan agar melakukan program ulang kendaraannya. Namun, pelanggan juga bisa memastikannya sendiri dengan mengunjungi situs resmi Daihatsu kemudian memasukkan nomor rangka kendaraan.
Meski waktu perbaikan tidak memakan waktu lama, pelanggan disarankan untuk tetap melakukan booking terlebih dahulu. Hal ini penting agar pelanggan tidak mengantri telalu lama di bengkel.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
12 April 2024, 07:00 WIB
15 Maret 2024, 12:00 WIB
07 Maret 2024, 17:57 WIB
22 Januari 2024, 14:30 WIB
18 Januari 2024, 07:04 WIB
Terkini
03 Mei 2024, 11:22 WIB
Terdapat 21 motor listrik dilelang di PEVS 2024, seluruh pengunjung pun berkesempatan mengikuti program ini
03 Mei 2024, 08:00 WIB
Dalam rangka melakukan standarisasi baterai, motor listrik Gesits Rp 15 jutaan segera meluncur di Indonesia
03 Mei 2024, 07:00 WIB
Polisi tegaskan pelat nomor khusus ZZ tak kebal ganjil genap kecuali mendapat pengawalan dari petugas
03 Mei 2024, 06:00 WIB
Terdapat lima lokasi SIM Keliling Jakarta yang bisa dimanfaatkan oleh warga buat mengurus dokumen berkendara
03 Mei 2024, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta hari ini tetap dilangsungkan dengan optimal guna menghindari kepadatan di akhir pekan
03 Mei 2024, 06:00 WIB
Manfaatkan layanan ini menjelang akhir pekan, SIM keliling Bandung tidak beroperasi setiap hari Minggu
03 Mei 2024, 00:45 WIB
Polres Bogor kembali menggelar ganjil genap Puncak untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi
02 Mei 2024, 23:44 WIB
Peugeot berhenti jualan mobil di Indonesia, seperti mereka umumkan dalam keterangan resmi yang mereka berikan