Kata BMW soal Gempuran Mobil Listrik Cina: Tidak Semuanya Profit
22 September 2025, 19:49 WIB
BMW Astra Cilandak sekarang mengusung konsep baru, yakni Retail.Next guna memanjakan para konsumen mereka
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – BMW Astra terus mencoba meningkatkan layanan terhadap para konsumen. Terkini mereka melakukan renovasi pada diler di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan.
Jaringan diler satu ini mengusung konsep Retail.Next. Diklaim membuat tampilannya menjadi lebih segar, modern serta mewah.
Langkah itu dilakukan sebagai komitmen BMW Astra dalam memberikan pengalaman ritel otomotif yang mengedepankan fokus kepada pelanggan.
Lalu menggabungkan inovasi digital dengan layanan personal juga dinamis. Sehingga para pemilik mobil BMW bisa dimanjakan ketika datang ke sana.
“Ketika saya mengunjungi berbagai fasilitas BMW di seluruh dunia, ada momen yang benar-benar Istimewa. Hari ini adalah satu dari momen tersebut,” ujar Jean-Philippe Parain, Senior Vice President Sales Region Asia-Pacific Eastern Europe, Middle East and Africa di Jakarta Selatan, Kamis (12/12).
Dia menjelaskan bahwa BMW Astra telah membawa visi global Retail.Next ke kehidupan nyata dengan khas maupun relevan secara lokal.
“Apa yang telah dicapai BMW Astra Cilandak bukan hanya mengesankan, ini luar biasa. Tampak jelas bahwa itu bukan sekadar showroom, namun pernyataan berani tentang masa depan ritel otomotif premium,” dia menambahkan.
Sebagai informasi, konsep tersebut pertama kali diperkenalkan di BMW India di akhir 2023. Hal ini merupakan sebuah pendekatan berfokus pada kepuasan pelanggan, fleksibilitas, sustainability serta pengalaman premium terbaik.
Untuk sisi sustainability atau aspek keberlanjutan, BMW Astra Cilandak memiliki material bangunan yang dapat mengurangi radiasi matahari sebanyak 78 persen.
Akan tetapi tetap mampu memaksimalkan cahaya masuk. Inovasi itu diklaim bisa menghemat penggunaan pendingin ruangan sampai 29 persen.
Ditambah diler BMW Astra Cilandak turut mengandalkan daya listrik dari energi terbarukan berasal dari geothermal (PLTP Kamojang).
“BMW Astra Cilandak merupakan salah satu diler tertua kami yang sudah berdiri sejak 1989. Dengan mengusung konsep Retail.Next diharapkan dapat terus memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh konsumen,” ucap Hamdhani Dzulkarnaen Salim, Director of Astra.
Perlu diketahui, fasilitas ini berdiri di atas lahan 4.391 meter persegi dengan luas bangunan 3.932 meter persegi. Adapun buat mempercantiknya diperlukan biaya sampai Rp 12 miliar.
Disebut ada sejumlah fasilitas yang disediakan, seperti showroom dengan kapasitas empat unit display, 18 stall bengkel, multifunctional handover sampai fast charging station.
Tak lupa terdapat EVE (Emotional Virtual Experience), merupakan sebuah perangkat lunak untuk memvisualisasikan mobil BMW dan Mini secara realistis.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
22 September 2025, 19:49 WIB
17 September 2025, 19:00 WIB
12 September 2025, 13:28 WIB
11 September 2025, 19:54 WIB
10 September 2025, 16:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 20:02 WIB
SIS masih membuka kemungkinan Suzuki Satria terbaru bakal diluncurkan untuk para konsumen di Indonesia
02 Oktober 2025, 19:00 WIB
Francesco Bagnaia buka suara soal asap tebal yang muncul dari motornya jelang akhir balapan di Jepang
02 Oktober 2025, 18:00 WIB
Honda Cimahi mengaku pelanggan mobil kini makin kritis sehingga pelayanan purna jual terus ditingkatkan
02 Oktober 2025, 17:00 WIB
Cairan dengan larutan urea bernama AdBlue merupakan salah satu inovasi buat kurangi emisi kendaraan diesel
02 Oktober 2025, 16:00 WIB
Bagi Fermin Aldeguer nomor 54 terasa sangat spesial, sehingga Toprak Razgatlioglu harus mencari yang lain
02 Oktober 2025, 15:00 WIB
Pengendara Yamaha Nmax yang viral menyetop sebuah bus di tikungan Ciwidey, Bandung merupakan anggota BMC
02 Oktober 2025, 14:00 WIB
Jetour X20e bakal meluncur dalam waktu dekat dan digadang jadi rival baru Wuling Air ev, segini NJKB-nya
02 Oktober 2025, 13:30 WIB
Tingginya sumber daya dan jumlah penduduk jadi daya tarik bagi pabrikan mobil listrik Cina untuk berinvestasi